21 September 2018

Kenalan dengan Manfaat Tidur Tanpa Busana

Manfaat tidur tanpa busana, manfaat tidur tidak pakai baju

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa kualitas tidur dapat memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan? Tidur merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Jika kamu kurang tidur, berbagai masalah kesehatan bisa menghinggapi tubuh. Bahkan, kamu bisa mengalami depresi berat jika kamu mengalami kekurangan jam tidur yang parah.

Namun, apakah kamu tahu jika tidur tanpa busana mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan? Mungkin bagi masyarakat Indonesia, tidur tanpa busana masih menjadi satu hal yang tidak banyak dilakukan. Namun di Amerika Serikat, sekitar 8 persen penduduknya melakukan kebiasaan tidur tanpa busana. Lalu, apa saja manfaat tidur tanpa busana?

1. Menyehatkan Organ-Organ Reproduksi

Miss V sebagai salah satu organ reproduksi merupakan bagian tubuh yang secara alami memiliki suhu hangat dan juga lembap. Hal tersebut menjadikan Miss V sebagai tempat yang sangat cocok untuk berkembangbiaknya jamur dan bakteri. Dengan tidur tanpa memakai busana, kamu memberi kesempatan pada organ reproduksi untuk bernapas, sehingga dapat mencegah tumbuhnya bakteri maupun jamur.

2. Mencegah Terjadinya Penyakit Kulit

Sadarkah kamu bahwa ada beberapa bagian tubuh yang selalu dalam kondisi lembap? Bagian tubuh yang lembap merupakan tempat yang sangat disukai oleh jamur maupun bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak. Dengan tidur tanpa busana, berarti kamu memberikan kesempatan pada seluruh bagian tubuh agar terekspos udara. Alhasil, kelembapan pada bagian-bagian tubuh seperti Miss V, ketiak, kaki, dan bagian lainnya akan berkurang. Hal tersebut tentunya juga akan sangat berpengaruh signifikan pada pencegahan pertumbuhan serta perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab berbagai penyakit kulit. Maka dari itu hal ini menjadi manfaat tidur tidak pakai baju yang sangat penting.

3. Mencegah Penuaan Dini

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami penuaan dini, kamu bisa mempraktekkan kebiasaan yang satu ini, yakni dengan tidur tanpa memakai satu helai benang pun. Dengan dilepaskannya suhu panas dari tubuh, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak. Sedangkan saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin serta hormon pertumbuhan lainnya. Sehingga, pada orang yang tidur lebih nyenyak, lebih banyak pula hormon pertumbuhan serta hormon melatonin yang diproduksi. Hal tersebut juga bisa membantu dalam pencegahan terjadinya proses penuaan.

4. Mencegah Terjadinya Kelebihan Lemak pada Perut

Kamu ingin mempunyai tubuh yang ideal? Kamu harus mencoba cara yang satu ini. Manfaat tidur tidak pakai baju juga dapat dijadikan solusi alternatif bagi mereka yang tidak ingin mempunyai perut buncit penuh lemak.

Suhu tubuh akan menurun secara alami ketika kamu tidur tanpa mengenakan pakaian. Selain itu, tidur tanpa mengenakan pakaian juga dapat membantu menurunkan kadar kortisol. Waktu tidur yang sangat baik adalah pukul 20.00 sampai 02.00 dini hari, dan pada saat tersebutlah terjadi penurunan kortisol pada level minimumnya. Kemudian, setelah lewat pukul 02.00 dini hari, kelenjar yang memproduksi kortisol akan mulai aktif memproduksi kortisol untuk menjadikan tubuh siap beraktivitas seharian. Inilah yang menjadikan seseorang yang tidur tanpa busana akan merasa jauh lebih bugar pada keesokan harinya.

Jika seseorang kurang tidur, terjadi kelebihan kortisol yang juga meningkatkan nafsu makan, sehingga membuat orang tersebut mengkonsumsi makanan lebih banyak. Dengan begitu, kondisi tersebut juga meningkatkan kemungkinan seseorang mengonsumsi lemak yang tinggi.

Nah, itu dia beberapa manfaat tidur tanpa busana. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika kamu ingin berdiskusi dengan dokter ahli terkait dengan manfaat tidur tanpa busana bagi kesehatan, kamu bisa ngobrol langsung di Halodoc. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan apotek antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store dan Google Play!

 

Baca juga: