• Home
  • /
  • Kenalan dengan Manfaat Tidur Tanpa Busana

Kenalan dengan Manfaat Tidur Tanpa Busana

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenalan dengan Manfaat Tidur Tanpa Busana

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa kualitas tidur dapat memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan? Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting. Jika kamu kurang tidur, bisa terjadi berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Parahnya, kamu bisa mengalami depresi ketika alami kekurangan jam tidur yang parah.

Nah, tidur tanpa busana adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Mungkin bagi masyarakat Indonesia, tidur tanpa busana masih menjadi satu hal yang tidak banyak dilakukan. Supaya kamu tertarik untuk mencobanya, berikut ini manfaat tidur tanpa busana yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pernahkah kamu tidak bisa tidur akibat suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin? Ternyata suhu ruangan juga bisa memengaruhi kualitas tidur kita lho. Tidur di lingkungan yang lebih sejuk dinilai dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Menurut National Sleep Foundation, suhu kamar tidur yang ideal untuk tidur adalah 15,6–19,4 derajat Celcius. Nah, tidur tanpa busana mampu menjaga suhu internal tubuh tetap rendah.

2. Membantu Tertidur Lebih Cepat

Tidur tanpa busana juga dapat membantu seseorang tertidur lebih cepat. Menurut National Sleep Foundation, suhu tubuh adalah bagian penting dari ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan orang tidur dan bangun. Suhu tubuh cenderung berubah sepanjang hari, secara bertahap menurun sepanjang sore dan malam hari. Itu alasan mengapa orang mulai merasa mengantuk di malam hari.

Tidur tanpa busana dapat membantu kulit menjadi lebih cepat dingin yang otomatis membantu menurunkan suhu tubuh dan memungkinkan seseorang untuk tidur lebih cepat.

Nah, apabila kamu mengalami masalah tidur yang tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut serta mendapatkan perawatan yang tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kini kamu dapat membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc.

3. Menyehatkan Organ-Organ Reproduksi

Vagina sebagai salah satu organ reproduksi merupakan bagian tubuh yang secara alami memiliki suhu hangat dan juga lembap. Hal tersebut menjadikan vagina sebagai tempat yang cocok untuk berkembangbiaknya jamur dan bakteri. Dengan tidur tanpa memakai busana, kamu memberi kesempatan pada organ reproduksi untuk bernapas, sehingga mencegah tumbuhnya bakteri maupun jamur.

4. Mencegah Terjadinya Penyakit Kulit

Sadarkah kamu bahwa ada beberapa bagian tubuh yang selalu dalam kondisi lembap? Bagian tubuh yang lembap merupakan tempat yang sangat disukai oleh jamur maupun bakteri untuk tumbuh dan berkembangbiak.

Dengan tidur tanpa busana, berarti kamu memberikan kesempatan pada seluruh bagian tubuh agar terekspos udara. Kelembapan pada bagian-bagian tubuh seperti vagina, ketiak, kaki, dan bagian lainnya akan berkurang.

Hal tersebut akan berpengaruh signifikan pada pencegahan pertumbuhan serta perkembangbiakan jamur dan bakteri penyebab berbagai penyakit kulit. Maka dari itu, hal ini menjadi manfaat tidur tidak pakai baju yang sangat penting.

Baca Juga : Pentingnya Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia

5. Mencegah Penuaan Dini

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami penuaan dini, kamu bisa mempraktekkan kebiasaan yang satu ini, yakni dengan tidur tanpa memakai satu helai benang pun. Dengan dilepaskannya suhu panas dari tubuh, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak. Sedangkan saat tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin serta hormon pertumbuhan lainnya.

Jadi, orang yang tidur lebih nyenyak otomatis menghasilkan hormon pertumbuhan serta hormon melatonin yang diproduksi lebih banyak. Hal tersebut bisa membantu dalam pencegahan terjadinya proses penuaan.

6. Mempererat Hubungan dengan Pasangan

Melansir dari Medical News Today, skin to skin dengan pasangan mampu mendorong tubuh untuk melepaskan hormon yang disebut oksitosin. Oksitosin dapat berperan dalam mendorong interaksi sosial kepada pasangan. Peningkatan kadar oksitosin juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan umum seseorang. Tidur tanpa busana meningkatkan kontak kulit ke kulit dengan pasangan, sehingga membantu meningkatkan hubungan yang hangat dan positif.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Tahukah kamu, studi dari Oxford Academic mengungkapkan, pria yang mengenakan celana boxer memiliki jumlah sperma lebih tinggi daripada pria yang mengenakan pakaian dalam yang ketat. Sebab pakaian dalam yang longgar, seperti boxer dapat membantu menjaga testis tetap dingin.

Peningkatan suhu dalam skrotum mempengaruhi fungsi testis secara negatif. Tidur tanpa busana juga dapat membantu menjaga testis tetap dingin di malam hari yang otomatis membantu meningkatkan jumlah sperma.

8. Mencegah Penambahan Berat Badan

Saat kamu tidur tanpa busana, otomatis suhu tubuh akan lebih dingin di malam hari. Ketika suhu tubuh dingin di malam hari, maka hal ini dapat meningkatkan kemampuan pembakaran kalori tubuh secara alami.

Baca Juga: 3 Tanda Alami Gangguan Tidur Selain Sulit Tidur Malam

Itulah beberapa manfaat tidur tanpa busana yang kamu ketahui. Pastikan tempat tidur serta seprai yang digunakan bersih dan rutin diganti setiap minggu. Tujuannya agar terhindar dari iritasi kulit atau infeksi jamur maupun bakteri yang mungkin terjadi.

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are the benefits of sleeping naked?.
Healthline. Diakses pada 2019. Top 10 Benefits of Sleeping Naked.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2019. The Ideal Temperature for Sleep.
Oxford Academic. Diakses pada 2019. Type of underwear worn and markers of testicular function among men attending a fertility center.