30 October 2018

Kenali Tanda Tumor Pembuluh Darah yang Tiba-Tiba Tumbuh Ini

Kenali Tanda Tumor Pembuluh Darah yang Tiba-Tiba Tumbuh Ini

Halodoc, Jakarta – Hemangioma atau hemangioma infantil adalah pertumbuhan pembuluh darah yang tidak bersifat kanker. Penyakit ini dikenal juga dengan tumor pembuluh darah dan umum terjadi pada anak-anak. Pertumbuhannya biasa terjadi pada jangka waktu tertentu dan mereda tanpa perawatan.

Umumnya, hemangioma ini tidak menyebabkan masalah pada kebanyakan bayi ataupun anak-anak. Namun, beberapa hemangioma dapat mengeluarkan darah atau bisul. Situasi Ini mungkin menyakitkan yang tergantung pada ukuran dan lokasinya. Pada beberapa keadaan, pertumbuhan hemangioma dapat memengaruhi organ internal, seperti hati, bagian lain dari sistem gastrointestinal, otak, ataupun organ-organ sistem pernapasan.

Lokasi Pertumbuhan Hemangioma

Kulit

Hemangioma pada kulit berkembang ketika ada proliferasi abnormal pembuluh darah di satu area tubuh. Belum ada penelitian lebih lanjut kenapa pembuluh darah berkelompok bersama seperti ini. Namun, besar kemungkinan ini disebabkan oleh protein tertentu yang diproduksi di plasenta selama kehamilan.

Hemangioma kulit dapat terbentuk di lapisan atas kulit atau pada lapisan lemak di bawahnya yang disebut lapisan subkutan. Pada awalnya, hemangioma mungkin tampak seperti tanda lahir merah pada kulit. Kemudian perlahan-lahan itu akan mulai menonjol ke atas kulit.

Hati

Hemangioma hati terbentuk di permukaan hati. Hemangioma ini dianggap sensitif terhadap estrogen. Selama menopause, banyak wanita yang diresepkan estrogen pengganti untuk meminimalkan gejala yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen alami. Estrogen berlebih ini dapat memacu pertumbuhan hemangioma hati. Demikian pula dengan kehamilan dan terkadang pil kontrasepsi oral dapat meningkatkan ukuran hemangioma.

Tanda dan Gejala Hemangioma

Hemangioma biasanya tidak menyebabkan gejala selama atau setelah pembentukannya. Namun, mereka dapat menyebabkan beberapa gejala jika tumbuh besar, baik di daerah sensitif ataupun jika ada beberapa hemangioma.

Hemangioma pada kulit biasanya muncul sebagai goresan atau benjolan kecil berwarna merah. Hemangioma kulit kadang-kadang disebut hemangioma stroberi karena penampilannya yang merah gelap. Tipe ini kebanyakan terjadi di leher atau wajah.

Sementara hemangioma di dalam tubuh biasanya tidak diketahui sampai tumbuh besar atau muncul beberapa hemangioma. Beberapa gejala yang menunjukkan kamu mungkin memiliki hemangioma internal, yaitu:

  1. Mual

  2. Muntah

  3. Rasa tidak nyaman di perut

  4. kehilangan selera makan

  5. Penurunan berat badan tanpa alasan

  6. Sensasi kenyang di perut

Diagnosa dan Pengobatan Hemangioma

Tidak ada tes khusus yang digunakan untuk mendiagnosis hemangioma kulit. Dokter dapat membuat diagnosis visual selama pemeriksaan fisik. Untuk hemangioma pada organ internal biasanya terlihat selama tes pencitraan, seperti ultrasound, MRI, atau CT scan.

Untuk pengobatan sendiri, hemangioma tunggal dan kecil biasanya tidak memerlukan pengobatan. Hal itu mungkin akan hilang dengan sendirinya. Namun, beberapa kasus memerlukan perawatan seperti hemangioma kulit yang mengembangkan lesi atau luka.

Konsumsi obat biasanya digunakan kortikosteroid yang dapat disuntikkan ke hemangioma untuk mengurangi pertumbuhan serta menghentikan peradangan. Beta-blocker: Beta-blocker topikal, seperti timolol gel dapat digunakan beberapa kali per hari selama 6—12 bulan untuk hemangioma ukuran kecil.

Perawatan Laser juga dapat digunakan untuk menghilangkan hemangioma. Dalam beberapa kasus, seorang ahli bedah dapat menggunakan perawatan laser untuk mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan. Jika ukuran hemangioma besar atau di berada daerah sensitif seperti mata, maka ada kemungkinan dokter menyarankan untuk melakukan pengangkatan melalui pembedahan.

Kalau ingin tahu mengetahui lebih banyak mengenai tanda tumor darah yang tiba-tiba tumbuh atau hemangioma serta bagaimana penanganan yang tepat untuk pencegahannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: