20 June 2018

Ini 7 Ciri Benjolan Lipoma

gejala lipoma, benjolan lipoma

Halodoc, Jakarta - Lipoma adalah benjolan yang terbentuk dari tumpukan lemak, dan terjadi secara bertahap di antara kulit dan lapisan otot. Meski begitu, benjolan ini tidak berbahaya karena merupakan tumor jinak dan tidak bersifat kanker. Benjolan ini biasanya timbul di area leher, punggung, bahu, lengan, paha, dan bagian tubuh lain seperti paru-paru, usus, dan payudara.

Penyebab  Lipoma

Sampai saat ini, penyebab lipoma belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga jika penyaki ini disebabkan oleh beberapa faktor risiko. Antara lain:

  • Faktor genetik (keturunan).
  • Faktor usia, khususnya pada orang yang berusia 40-60 tahun.
  • Kondisi khusus tertentu. Misalnya, orang dengan sindrom Cowden, sindrom Gardner, atau adiposis dolorosa.

Tanda dan Gejala Lipoma

Berikut adalah tanda dan gejala lipoma yang perlu diwaspadai:

  1. Munculnya benjolan berdiameter 1-3 sentimeter. Benjolan ini bisa muncul lebih dari satu, namun tidak menyebabkan peradangan pada kulit. Itu kenapa warna benjolan cenderung sama dengan warna kulit di sekitarnya.
  2. Lipoma umumnya tidak terasa sakit saat ditekan, namun bisa bergerak atau bergeser jika disentuh karena bentuknya yang lunak seperti karet.
  3. Semakin tumbuh besar, lipoma akan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri. Kabar baiknya, lipoma cenderung tumbuh dengan sangat lambat (tumor jinak) dan jarang berkembang menjadi ganas (kanker).

Penanganan Lipoma

Meski tidak berbahaya, lipoma yang tumbuh semakin besar dapat menimbulkan nyeri, hingga menghambat pergerakan dan mengganggu estetika. Untuk mengatasinya, dokter akan menyarankan agar benjolan ini diangkat melalui prosedur pembedahan. Caranya dengan menyayat kulit di atasnya dan mengeluarkan jaringan lemak dalam lipoma. Lipoma juga dapat diangkat dengan metode liposuction, meski metode ini lebih mudah kambuh karena tidak mengangkat jaringan tumor seluruhnya.

Jika terdapat benjolan pada tubuh, sebaiknya segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Ini dilakukan agar kamu dapat mengetahui penyebab munculnya benjolan, sehingga benjolan bisa ditangani segera. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara dengan dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!