Menambah Nafsu Makan, Cari Tahu 6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat Kencur

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa kencur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan? Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang tumbuh di daerah dataran rendah. Biasanya, digunakan sebagai bumbu masakan dan untuk obat tradisional yang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Selain itu, kencur juga digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya. Tanaman ini memiliki daging umbi yang lunak dan berwarna putih, tidak berserat, dan memiliki warna kulit coklat.

Selain itu, rimpang pada kencur memiliki aroma yang khas dan biasa ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kencur termasuk dalam tanaman obat-obatan, karena memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang ada dalam kencur, antara lain zat besi, mineral, asam metal kanil, borneol, asam cinnamic, paraeumarin, gom dan lain sebagainya. Karena kandungan nutrisi itulah, khasiat kencur sangat diperlukan untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini adalah manfaat-manfaat kencur untuk kesehatan:

 

  • Penghilang Stres

 

Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar, Bangladesh, menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang, akar, dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

 

  • Bahan Utama Jamu

 

Di Indonesia, kencur merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu, serta jamu tradisional maupun modern buatan pabrik. Minuman jamu ini sering disebut dengan beras kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, serta gula merah. Khasiat kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, dan juga sakit kepala.

 

  • Menambah Nafsu Makan

 

Khasiat kencur yang sering diperbincangkan selanjutnya adalah dapat menambah nafsu makan. Kencur sebagai penambah nafsu makan biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia, sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Fungsinya untuk menambah nafsu makan dan biasanya ditujukan untuk anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa kencur bisa menjadi penambah stamina tubuh.

 

  • Mengobati Diare

 

Manfaat kencur selanjutnya adalah dapat mengatasi diare. Khasiat kencur sebagai obat diare didapatkan dari kandungan zat antibakteri dan sitotoksik dalam kencur yang jumlahnya bisa dikatakan tidak sedikit. Selain mengatasi diare, kencur juga dipercaya dapat mengurangi gejala sakit perut lainnya.

 

  • Obat Batuk

 

Ramuan tradisional kencur yang dicampurkan dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak. Mengonsumsi ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

 

  • Manfaat Kencur Lainnya

 

Selain dagingnya, daun dan akar kencur juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari daun kencur di antaranya adalah untuk mengatasi demam, bengkak, dan rematik (karena bersifat anti-radang).

Sedangkan pada bagian akarnya, kencur memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi dan ketombe. Tidak hanya itu, akar kencur juga bisa digunakan untuk membantu mengobati cedera otot dan pembengkakan. Caranya, tumbuk akar kencur dengan segenggam beras sampai halus.

Itulah manfaat-manfaat kencur untuk kesehatan. Untuk kamu yang ingin berdiskusi dengan dokter ahli terkait masalah kesehatan, kamu bisa download aplikasi Halodoc. Di sana kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter melalui Chat, Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat dengan layanan Apotek Antar. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: