• Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cabut Gigi
  • Beranda
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Cabut Gigi

Cabut Gigi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
cabut-gigi-halodoccabut-gigi-halodoc

Pengertian Cabut Gigi

Cabut gigi, atau pencabutan gigi adalah prosedur untuk mengangkat gigi, bisa hanya satu gigi atau bahkan lebih. Prosedur ini dilakukan oleh ahli bedah gigi menggunakan alat dan perlengkapan medis yang lengkap.

Tindakan ini membutuhkan anestesi lokal/umum/sedasi. Seperti operasi kecil lainnya, evaluasi medis yang cermat diperlukan sebelum pencabutan gigi dilakukan. Prosedur ini juga memperhatikan cara meminimalisir rasa nyeri untuk keamanan seseorang yang dicabut giginya.

Tujuan Cabut Gigi

Dokter gigi berusaha untuk melindungi gigi alami bila memungkinkan. Namun, jika gigi sudah tidak dapat direstorasi dan alami kerusakan parah, pencabutan diperlukan. Beberapa tujuan dilakukannya cabut gigi, yaitu:

  • Kerusakan gigi yang parah, termasuk gigi berlubang.
  • Gigi patah.
  • Impaksi gigi
  • Gigi berjejal.
  • Penyakit gusi yang parah.
  • Alami luksasi gigi atau cedera gigi lainnya.

Manfaat Cabut Gigi

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari cabut gigi, yaitu:

1. Penyelarasan Gigi

Cabut gigi dapat berguna untuk membuat gigi selaras dengan benar. Ukuran gigi yang tidak sesuai atau adanya jumlah gigi yang berlebih dapat diatasi dengan cara ini. Dokter gigi akan menentukan tindakan yang tepat agar gigi lebih rapih.

2. Mencegah Infeksi

Seseorang yang mengalami kerusakan pada gigi berisiko alami pertumbuhan bakteri di mulut sehingga rentan alami infeksi. Masalah ini dapat diperbaiki dengan terapi saluran akar dan konsumsi antibiotik. Jika sudah tidak memungkinkan, cabut gigi perlu dilakukan.

Kapan Harus Melakukan Cabut Gigi?

Tindakan ini umumnya dilakukan saat dokter gigi memutuskan untuk melakukannya. Pencabutan pada gigi dapat membantu dalam menentukan penyebab dan membuat rencana perawatan agar masalah yang terjadi dapat diatasi.

Setelah gigi dicabut, segera hubungi dokter jika mengalami demam dengan suhu 38 derajat celcius atau lebih. Selain itu, beberapa masalah lainnya yang perlu menghubungi dokter, yaitu adanya drainase di sekitar lokasi cabutan atau alami nyeri parah meski sudah minum obat.

Prosedur Cabut Gigi

Sebelum melakukan tindakan ini, ahli beda akan melakukan rontgen gigi. Pencitraan ini dapat membantu dokter dalam mengevaluasi kelengkungan dan sudut akar gigi.

Setelah itu, anestesi lokal dilakukan guna membuat area tersebut mati rasa, ekstraksi atau pencabutan dilakukan setelahnya. Gigi yang dicabut bisa satu atau bahkan lebih.

Jika gigi tersembunyi di bawah jaringan gusi atau tulang, pemotongan pada gusi atau area tulang yang menghalangi perlu dilakukan.

Rasa sakit seharusnya tidak dirasakan karena adanya pemberian anestesi, tetapi tekanan pada gigi bisa terasa. Seseorang yang dicabut giginya dapat mendengar suara gesekan dan retakan pada tulang atau gigi. Bahkan, pengalaman ini bisa menjadi pengalaman yang menakutkan.

Jika merasakan sakit, pastikan untuk segera memberitahu dokter guna memberikan lebih banyak obat bius.

Setelah pencabutan, jahitan atau prosedur tambahan untuk mengontrol perdarahan mungkin diperlukan. Dokter akan menempatkan lapisan kasa tebal di atas area gigi yang dicabut, serta harus digigit agar darah terserap dan dapat membeku.

Tempat Melakukan Cabut Gigi

Tindakan ini bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik gigi. Usahakan untuk mencari tempat yang sudah bersertifikasi dan juga berpengalaman. Tentu hal ini dapat menurunkan rasa khawatir terkait berbagai dampak buruk yang bisa terjadi saat atau setelah tindakan operasi dilakukan.

Jika ingin melakukan pencabutan gigi, pemesanan pada rumah sakit atau klinik gigi yang bekerja sama dengan Halodoc bisa dilakukan melalui fitur janji medis. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan tindakan medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Tooth Extraction.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about tooth extraction.
Web MD. Diakses pada 2022. Pulling a Tooth (Tooth Extraction).
Healthline. Diakses pada 2022. What to Expect During a Tooth Extraction.