Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Pinggang yang Ampuh Redakan Nyeri

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 April 2024

“Sakit pinggang adalah masalah umum yang mungkin saja pernah dialami oleh semua orang dewasa usia 30-40 tahunan. Beberapa rekomendasi obat sakit pinggang yang ampuh yaitu Voltaren Emulgel, Salonpas Koyo, hingga Painkila Cream yang bisa didapatkan di Toko Kesehatan Halodoc.”

Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Pinggang yang Ampuh Redakan NyeriIni 7 Rekomendasi Obat Sakit Pinggang yang Ampuh Redakan Nyeri

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Sakit di area pinggang adalah gangguan yang ditandai dengan nyeri di punggung bagian bawah. Penyebabnya sendiri, yaitu cedera, penyakit, atau masalah pada otot atau tendon.

Nyeri dapat berkisar dari ringan hingga berat. Dalam beberapa kasus, nyeri dapat membuat pengidapnya kesulitan atau tidak bisa berjalan, tidur, bekerja, atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Lantas, obat apa yang cocok untuk sakit pinggang? Kamu bisa melihat beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Rekomendasi Obat Sakit Pinggang

Apa obat sakit pinggang yang ada di apotik? Jika mengalami keluhan sakit di bagian punggung bawah, gunakan beberapa rekomendasi obat di bawah ini:

1. Voltaren Emulgel 10 g

Rekomendasi obat sakit pinggang pertama yang bisa kamu dapatkan di apotik adalah Voltaren Emulgel 10 g.

Dengan kandungan zat aktif Diclofenac, obat ini membantu meredakan peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi pada berbagai bagian tubuh termasuk pada pinggang.

Obat ini merupakan obat topikal yang dapat kamu oles pada bagian tubuh yang sakit sebanyak 3-4 x sehari. Jangan gunakan obat ini pada bagian kulit yang terluka, mata, ataupun selaput lendir.

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc

2. Salonpas Koyo 10 Patch

Selain menggunakan obat oles, opsi obat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan plester Salonpas Koyo 10 Patch.

Obat berbentuk plester ini berfungsi sebagai pereda rasa nyeri otot, kelelahan leher, sakit punggung, sakit kepala, sakit gigi, memar, tegang, dan nyeri sendi.

Untuk menggunakan plester ini, pastikan kamu telah membersihkan dan mengeringkan bagian yang sakit. Kemudian, kamu dapat melepaskan kertas dan menempelkan Salonpas Koyo pada bagian tersebut.

Setelah 8 jam, kamu dapat melepas plester atau menggantinya dengan plester baru. Penggunaan plester ini tidak boleh melebihi 3-4 x sehari.

Rentang harga: Rp6.300 – Rp10.500 per sachet

Dapatkan Salonpas Koyo 10 Patch di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Counterpain Cream 15 g

Berikutnyak amu juga dapat menggunakan obat sakit pinggang Counterpain Cream 15 g.

Obat berbentuk krim ini bermanfaat sebagai pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit pada otot, nyeri sendi, keseleo, dan nyeri akibat encok. Kamu dapat langsung menggunakan obat ini dengan cara mengoleskannya pada bagian yang sakit 1-3 kali sehari.

Apabila radang sendi tidak hilang dalam 10 hari atau kulit memerah, segera hentikan pemakaian. Selain itu, obat ini hanya untuk pemakaian luar dan tidak boleh digunakan pada kulit terbuka, mata, ataupun membran mukosa. 

Rentang harga: Rp33.800 per tube.

Dapatkan Counterpain Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Sido Muncul Tolak Linu Herbal 5 Sachet

Untuk mengatasi nyeri pinggang, kamu juga dapat mempertimbangkan opsi obat herbal seperti Sido Muncul Tolak Linu Herbal 5 Sachet.

Dengan kandungan bahan-bahan herbal alami, obat ini dapat membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi.

Sido Muncul Tolak Linu dapat diminum langsung dari sachet-nya atau dicampur dengan 50 ml air. Pastikan kamu sudah mengocok kemasan terlebih dahulu sebelum diminum.

Dosis penggunaan obat ini adalah sebanyak 1-2 sachet sebelum tidur dan 1-2 sachet sehabis melakukan aktivitas atau olahraga. 

Rentang harga: Rp14.900 – Rp20.900 per pack.

Dapatkan Sido Muncul Tolak Linu Herbal 5 Sachet di Toko Kesehatan Halodoc

5. Lafalos Cream 20 g

Opsi obat sakit pinggang lainnya yang dapat kamu dapatkan di apotik adalah Lafalos Cream 20 g. Obat berbentuk krim ini bermanfaat untuk meredakan nyeri otot, nyeri punggung, nyeri sendi dan nyeri terkilir.

Kamu dapat langsung mengoleskan krim ini pada area yang terasa nyeri sebanyak 3-4 kali sehari. Pastikan obat ini tidak mengenai mata, membran mukosa dan luka terbuka

Apabila digunakan secara luas pada kulit, obat ini berpotensi menimbulkan iritasi lokal terutama untuk kulit sensitif. 

Rentang harga:  Rp14.200 – Rp23.200 per tube.

Dapatkan Lafalos Cream 20 g di Toko Kesehatan Halodoc

6. Neo Rheumacyl 20 Tablet

Neo Rheumacyl merupakan obat sakit pinggang dengan kandungan paracetamol dan ibuprofen. Obat ini dapat mengatasi sakit pinggang dengan meredakan nyeri otot, nyeri sendi, dan pegal linu. 

Paracetamol bekerja sebagai analgesik dan antipiretik. Analgesik dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan antipiretik, yang dapat bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus.

Sedangkan ibuprofen memiliki efek antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik. Kandungan ini bekerja dengan cara menghambat prostaglandin, yaitu hormon yang memicu munculnya rasa sakit.

Dosis penggunaan bagi orang dewasa adalah 1 tablet, 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp5.500 – Rp10.700 per strip.

Dapatkan Neo Rheumacyl 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Painkila Cream 30 gram

Painkila Cream adalah salep yang dapat mengatasi nyeri di area punggung, pinggang, leher, dan bahu. Khasiat ini berasal dari methyl salicylate, menthol, dan eugenol di dalamnya.

Obat ini dapat digunakan sesering mungkin pada bagian tubuh yang sakit.

Rentang harga: Rp19.000 – Rp30.400 per tube.

Dapatkan Painkila Cream 30 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain beberapa pilihan obat sakit pinggang di atas, kamu bisa mengatasi nyerinya dengan beberapa kandungan ini: Ini 7 Pilihan Obat Sakit Pinggang yang Aman untuk Dikonsumsi

Sakit pinggang jadi salah satu masalah umum yang biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia tua.

Yuk, dapatkan dengan mudah dan praktis obat pereda nyeri lainnya di Toko Kesehatan Halodoc!

chat denga dokter
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Back pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Lower Back Pain.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Lower Back Pain: What Could It Be?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan