28 June 2017

Mau Kurangi Stres, Yoga Saja!

Mau Kurangi Stres, Yoga Saja!

Halodoc, Jakarta - Stres dapat dialami oleh semua orang tidak terkecuali pria atau wanita, semua dapat mengalaminya. Tekanan pekerjaan yang menumpuk atau macetnya jalanan Ibu kota dapat memicu stres pada seseorang.

Untuk mengurangi rasa stres pada seseorang, tahukah kamu kalau yoga pun mengatasinya dengan cara yang paling aman? Yoga merupakan olahraga yang sangat direkomendasikan para ahli kesehatan, guna menghilangkan stres. Berikut adalah 5 gerakan yang bisa kamu coba untuk mengurangi stres dengan yoga:

1.  Balasana
Mengurangi stres dengan yoga yang pertama bisa dilakukan melalui pose atau gerakan balasana. Pose balasana dipercaya bisa menenangkan pikiran dan mengisi tubuh dengan energi. Selain itu, balasana juga merupakan pose yang dapat mengatasi sakit punggung bagian bawah, nyeri pinggul, dan kaku pada bahu serta leher.

Cara melakukan pose ini dengan duduk di atas alas yoga dengan posisi berlutut, dan letakkan bokong di atas telapak kaki. Lalu, perlahan-lahan bungkukkan tubuhmu, tempelkan perut ke paha dan biarkan kening menempel pada alas yoga. Letakkan tangan diatas kepala, tahan selama 30 deting hingga 1 menit.

2.  Cobra Bhujangasana
Gerakan bhujangsana ini sangat cocok untuk memperbaiki posisi tulang belakang dan postur tubuh, selain itu bhujangsana juga mampu meregangkan otot agar peredaran darah menjadi semakin lancar. Itulah mengapa mengurangi stres dengan yoga dinilai cukup ampuh.

Cara melakukan pose ini adalah berbaring dengan kedua tangan di lantai, buka sedikit kedua kaki dan angkat tubuh tahan dengan kedua tangan didepan. Pose ini menyerupai ular cobra saat menyerang, lakukan pose ini hingga 5 kali bernapas.

3.  Forward Fold/Uttasana
Mengurangi stres dengan yoga selanjutnya bisa dengan mempraktekkan pose forward fold, di mana posisi ini terlihat agak sulit apalagi jika kamu baru mempelajari gerakan yoga. Pose ini sangat membantu mengembalikan fungsi sistem saraf dengan meningkatkan suplai darah keseluruh tubuh.

Uttasana juga dapat membantu menarik dan melemaskan tulang belakang, sehingga bisa lebih fleksibel. Selain itu, posisi ini juga bisa membentuk otot-otot perut dan organ dalam sehingga bisa menjadi pose yang sempurna juga untuk menurukan berat badan. Untuk melakukan pose ini, kamu bisa melakukannya dengan cara berdiri dengan kaki yang rapat, dan lengan dikedua sisi tubuh.

Angkat tangan ke atas kepala sambil menghirup napas dan tekut badanmu ke depan sambil membuang napas. Sentuh lantai dengan kedua tangan, jaga agar kaki tetap lurus. Tahan posisi ini selama 30 detik dengan napas normal, lalu kembali ke posisi awal.

4.  Down Dog/Adho Mukha Savasana
Mau mengurangi stres dengan yoga? Lakukan pose Adho Mukha Savasana. Pose ini sangat luar biasa dalam mengurangi stres, rasa lelah dan lemas. Pose ini sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang-tulang dan sendi sehingga terhindar dari gejala osteoporosis. Selain itu gerakan ini bisa memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan sakit pada leher dan rasa tegang pada tubuh bagian atas.

Caranya, berdiri tegak. Lalu, letakkan tangan di depan lutut, pastikan lutut dan siku lurus membentuk huruf V terbalik. Tahan sampai 30 detik, bernapaslah seperti biasa. Lalu kembali ke posisi awal.

5.  Setu Bandha Sarvangasana
Mengurangi stres dengan yoga yang terakhir, praktekan melakukan pose setu bandha sarvangasana, atau yang disebut juga sebagai posisi jembatan. Pose ini sangat tepat untuk mengatasi stres dan kecemasan. Pose jembatan ini bisa meluruskan otot punggung dan tungkai serta membentuk paha dan pinggul, sebagai bonus pose ini bisa mengontrol darah tinggi serta mengurangi sakit punggung, sakit kepala, insomnia, dan kelelahan.

Caranya, berbaring telentang di alas yoga dan tekuk lutut sehingga tumit menempel ke bokong. Kemudian kedua kaki harus dibuka selebar pinggul, lalu angkat pinggul dengan menekan lengan ke lantai. Dada harus terangkat ke arah muka, dan selama itu pastikan kepala tetap menempel ke alas yoga, tahan selama 30 detik lalu kembali ke posisi semula.

Bukan tidak mungkin mengurangi stres dengan yoga. Selain mengurangi stres, dengan yoga kamu juga bisa memperoleh bentuk tubuh yang ideal serta merasa lebih sehat.


Sebagai masukan, ada baiknya saat mengurangi stres dengan yoga didampingi oleh instruktur yoga yang berpengalaman dan lakukanlah upaya ini secara rutin. Apabila rasa stres yang muncul masih berkepanjangan hingga kamu membutuhkan bantuan dari pihak medis, kamu bisa mendiskusikan hal tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Dapatkan solusi dari segala masalah kesehatan yang kamu alami secara cepat, aman, dan nyaman bersama Halodoc. Tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Kenali Tandanya, Ini 4 Cara Mudah Atasi Stress