16 January 2018

5 Trik Menjaga Kesehatan Anak Saat Perubahan Cuaca

5 Trik Menjaga Kesehatan Anak Saat Perubahan Cuaca

Halodoc, Jakarta – Pada kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, membuat beragam penyakit dengan mudah bermunculan, khususnya pada anak-anak.  Di saat perubahan cuaca, anak menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah flu.

Penyebab flu yang paling sering adalah yang disebabkan oleh virus rhinovirus. Selain itu pada saat udara dingin atau saat musim hujan, saluran pernapasan anak akan mengalami penurunan suhu, khususnya pada bagian hidung. Udara dingin memang menjadi waktu yang tepat bagi virus untuk berkembang biak dan membuat buah hati terkena berbagai penyakit.

Ketika cuaca sedang tidak menentu di musim pancaroba, bukan hanya penyakit flu saja yang bisa menyerang si kecil. Ada beberapa penyakit lain seperti demam dengue, diare dan lainnya yang bisa membahayakan kesehatannya. Meskipun begitu, penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan beberapa cara untuk menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca. Berikut kiat-kiat menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca yang bisa kamu ikuti.

Diet Sehat

Kiat menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca salah satunya dengan menerapkan makan makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Makanan tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak kamu sehingga, ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Beberapa makanan yang direkomendasikan yakni jeruk, stroberi, brokoli, tomat dan sayuran berwarna hijau yang memiliki banyak kandungan vitamin B dan C yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

Cuci Tangan

Ketika bermain, anak akan menggunakan tangannya untuk menggenggam sesuatu dan menjadi media perantara virus. Bila anak sudah selesai bermain dan ingin mengonsumsi makanan, ajaklah ia untuk segera mencuci tangan.

Menjauhkan Anak dari Sumber Virus

Ketika anak kamu sedang bermain dengan teman-temannya, terkadang ada saja teman dari anak kamu yang sedang mengidap suatu penyakit tertentu seperti flu. Bila sudah begitu, segera jauhkan anak dari orang atau anak yang mengidap penyakit flu tersebut.

Membuka Jendela Rumah Saat Pagi Hari

Dengan membuka jendela di rumah, bisa membantu kamu dan anggota keluarga menghirup udara segar dan mengurangi risiko menyebarnya virus di dalam rumah.

Membersihkan Barang yang Tidak Terpakai

Hindari kebiasaan menimbun barang yang sudah tidak terpakai. Karena bila kamu sering melakukan hal itu bisa membuat nyamuk bersarang di tempat tersebut sehingga meningkatkan risiko anak kamu terkena demam dengue yang disebabkan oleh nyamuk.

 

Itulah 5 kiat menjaga kesehatan anak saat perubahan cuaca yang bisa kamu praktikkan. Dengan menjalankan lima kiat di atas, kamu bisa meminimalisir anak dari kemungkinan terkena penyakit selama cuaca tak menentu, seperti saat ini.

Ada baiknya bila anak kamu mengalami keluhan kesehatan segeralah mendiskusikan dengan dokter anak. Salah satu cara praktis untuk berdiskusi dengan dokter adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc merupakan penghubung komunikasi antara pengguna dengan dokter baik dokter umum maupun spesialis lain di mana dan kapan saja. Kamu bisa memilih dokter yang diinginkan melalui menu Contact Doctor dan berbicara dengan dokter melalui pilihan komunikasi chat, voice, dan video call serta membeli segala keperluan medis baik obat atau vitamin pada menu Pharmacy Delivery.

Untuk memanfaatkan 2 fitur Halodoc ini kamu harus men-download aplikasi-nya di App Store atau Google Play.