Kimchi Bisa Mencegah Kebotakan, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kimchi dapat mencegah kebotakan, manfaat kimchi, kimchi bisa mencegah kebotakan

Halodoc, Jakarta - Penggemar drama Korea pasti tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Ya, kimchi namanya. Makanan khas negeri Ginseng Korea ini akan sangat lezat jika dimakan bersamaan dengan nasi hangat. Kimchi merupakan salah satu jenis asinan sayur yang diberi bumbu pedas. Sayuran ini terbuat dari sawi putih dan lobak yang difermentasi.

Baca juga: Tak Hanya untuk Diet, Kimchi Juga Baik untuk Kesehatan

Setelah digarami dan dicuci, sayuran akan dicampur dengan bumbu dari udang, bawang putih, kecap ikan, jahe, serta bubuk cabai. Namun, apakah benar jika kimchi mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan? Kimchi juga diklaim mampu mencegah kebotakan. Apakah hal tersebut benar adanya?

Kimchi Bisa Mencegah Kebotakan, Benarkah?

Kimchi, hidangan asal Korea, ternyata dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah kebotakan. Bahkan di negeri asalnya, minuman rasa kimchi dijual bebas di pasaran yang diklaim dapat membantu menebalkan rambut karena beragam kandungan di dalamnya. Hidangan khas Korea satu ini sebenarnya sudah populer di mata penggemar makanan sehat, karena dikenal memiliki kualitas probiotik yang baik.

Tidak sampai di situ, kimchi juga diklaim memiliki beberapa manfaat baik lainnya bagi kesehatan. Jika kamu menyukai makanan satu ini, berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu ambil.

Baca juga: Cocok untuk Camilan, Ini 5 Makanan Sehat Asal Meksiko

  • Melancarkan Metabolisme

Rasanya yang lezat sebanding dengan manfaat baik yang dapat kamu peroleh. Kimchi akan memengaruhi kesehatan gen pengatur metabolisme tubuh. Jika makanan yang satu ini rutin dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya enak, makanan yang satu ini akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi kimchi, tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Pasalnya, kimchi mengandung bakteri baik hasil fermentasi sayuran.

  • Menambah Selera Makan

Kamu memiliki selera makan yang semakin hari semakin menurun? Jika iya, kamu wajib mencoba kimchi. Konsumsi kimchi secara teratur dapat menambah selera makanmu.  

  • Menjaga Berat Badan

Ingin memiliki badan seperti artis-artis korea? Kamu bisa mencoba makanan yang satu ini. Kimchi diklaim ampuh dalam menjaga tubuh agar tetap langsing. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan serat tinggi dalam kimchi.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang diet dan nutrisi, silahkan langsung bertanya pada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat berdiskusi seputar masalah kesehatan yang tengah kamu alami. Segera download aplikasinya, ya!

Baca juga: 5 Makanan Alami yang Diyakini Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat

Ikuti Langkah Ini, supaya Proses Fermentasi Kimchi Berhasil

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sawi putih dan lobak yang difermentasi dengan air garam, kemudian diberi bubuk cabai dan bumbu lainnya hingga ke sela-sela lembar daun. Tidak sampai situ saja, proses fermentasinya akan membutuhkan waktu selama 2x24 jam, supaya bumbu menyerap dengan sempurna. Berikut beberapa langkah proses fermentasi kimchi yang dapat kamu praktikkan di rumah.

  • Jangan masukkan kimchi ke dalam kulkas, sebelum proses fermentasi selesai dilakukan.

  • Jangan membuka tutup toples ketika proses fermentasi berlangsung.

  • Setelah proses fermentasi selesai, diamkan selama beberapa jam. Jangan langsung dimasukkan ke dalam kulkas agar kimchi tidak membusuk dan dapat bertahan lama.

  • Kimchi akan berwarna agak merah jika kamu menggunakan bubuk cabai lokal. Sedangkan, jika kamu menggunakan bubuk cabai Korea, warnanya akan lebih merah.

Berbagai macam manfaat bagi kesehatan dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi kimchi. Jadi, apakah kamu berminat untuk mencobanya?

Referensi:
Nzherald.co.nz (Diakses pada 2019). New Study Finds Kimchi Could “Reverse Baldness”.
Organic Facts (Diakses pada 2019). 10 Surprising Benefits of Kimchi.