Kompres Es untuk Obat Sakit Gigi, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kompres Es untuk Obat Sakit Gigi, Amankah?

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menggambarkan sakit gigi sebagai gangguan yang paling menyakitkan ketika terjadi. Perasaan nyeri yang timbul dapat memengaruhi kepala, bahkan hingga seluruh tubuh. Akibatnya, aktivitas yang sudah direncanakan hari tersebut dapat hancur karena rasa sakit yang sangat mengganggu.

Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi rasa sakit gigi tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengompresnya dengan es. Tindakan tersebut dilakukan dengan harapan dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi. Namun, apakah tindakan tersebut aman untuk dilakukan? Supaya tidak keliru, cari tahu yuk melalui penjelasan berikut!

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

Keamanan Penggunaan Kompres Es untuk Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi adalah gangguan yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian yang berguna menghancurkan makanan tersebut. Hal ini umumnya disebabkan oleh sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi, sehingga bakteri dapat timbul. Bakteri tersebut dapat membentuk plak lengket dan merusak lapisan gigi, sehingga terbentuk rongga pada gigi.

Seseorang yang mengalami sakit gigi akan merasakan nyeri, terutama ketika mengonsumsi sesuatu yang manis, sangat dingin, atau sangat panas. Gangguan ini harus segera mendapat pengobatan agar rasa nyeri yang timbul dapat diatasi. Beberapa pengobatan yang dilakukan di rumah dapat kamu lakukan, seperti menggunakan kompres es.

Penerapan kompres es sudah teruji memiliki efek cepat dalam meredakan rasa sakit dan peradangan yang terjadi di dalam mulut. Hal ini dilakukan terutama jika sudah menimbulkan pembengkakan pada wajah dan perasaan nyeri sudah tidak tertahankan. Jika gangguan tersebut disertai dengan demam dan gusi bengkak, infeksi yang lebih parah mungkin menjadi penyebabnya.

Namun, apakah melakukan kompres es adalah metode yang aman? Es batu berguna untuk meredakan rasa tidak nyaman dan perasaan sakit dengan mematikan saraf pada gigi. Walau begitu, jangan oleskan es batu langsung ke daerah yang terserang karena dapat membuat gangguan bertambah parah. Lebih baik membungkus es batu dengan kain tipis sebelum menempelkannya langsung pada daerah yang bengkak.

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Metode Lainnya untuk Mengobati Sakit Gigi Selain Kompres Es

Kompres es memang metode yang umum dilakukan dan sangat ampuh untuk mengatasi gangguan yang timbul akibat sakit gigi. Namun, jika kamu kesulitan mendapatkan es batu, terdapat alternatif lainnya yang dapat dilakukan agar gangguan tersebut dapat diatasi segera. Berikut beberapa metode yang dapat diterapkan:

  1. Berkumur Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi selain dengan kompres es adalah berkumur air garam. Dengan membilas mulut menggunakan air yang telah dicampur garam dapat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di rongga gigi. Metode ini juga dapat mengurangi pembengkakan, meningkatkan penyembuhan, hingga meredakan sakit tenggorokan.

Cara membuat air asin adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan mengaduknya. Setelah itu, kumur air garam tersebut di mulut selama 30 detik. Proses ini dapat dilakukan sebanyak yang kamu inginkan agar gangguan yang terjadi dapat menjadi lebih baik.

  1. Bawang Putih

Faktanya, memang bawang putih sudah banyak digunakan sebagai pengobatan dari banyak penyakit, termasuk juga sakit gigi. Kandungan dari bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri yang kuat. Satu siung bawang putih tersebut dapat kamu hancurkan dan dicampur dengan sedikit garam, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait keamanan menerapkan kompres es untuk atasi sakit gigi, tanyakan saja pada dokter dari Halodoc. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
Heroes Dental. Diakses pada 2020. 5 Home Remedies for Your Toothache
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to treat a toothache at home