• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kopi Bisa Memperpanjang Usia, Benarkah?

Kopi Bisa Memperpanjang Usia, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kopi Bisa Memperpanjang Usia, Benarkah?

Tahukah kamu jika kopi bukan hanya memberikan rasa yang nikmat, tetapi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh? Salah satunya adalah dapat memperpanjang usia. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi paling tidak satu cangkir setiap hari.”

Halodoc, Jakarta - Kabar gembira bagi kalian yang gemar menyeruput kopi. Menurut para ahli, selain rasanya yang amat menggoda selera, ada banyak keistimewaan kopi untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan saat meminumnya secara rutin adalah memperpanjang usia, lho. Enggak percaya? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini!

Manfaat Kopi untuk Memperpanjang Usia

Efek kopi dipercaya dapat memperpanjang usia dikarenakan oleh alasan ini. Menurut penelitian yang diterbitkan The Journal of the American Medical (JAMA) - Internal Medicine menunjukkan, minum kopi dapat mengurangi risiko meninggal pada umur yang masih muda.

Bukan hanya itu, dikutip dari National Cancer Institute, terdapat hubungan yang berlawanan antara minum kopi dan kematian. Penelitian ini dilakukan pada banyak orang yang meminum kopi setidaknya satu cangkir per hari dengan metode yang berbeda-beda, seperti disaring, instan, dan tanpa kafein.

Baca juga: Selain Bisa Diminum, 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Ini Harus Kamu Ketahui

Penilaian dilakukan dengan menganalisis sekitar 500.000 orang yang menjawab kuesioner kesehatan. Beberapa orang juga dilakukan pemeriksaan sampel biologis dan pemeriksaan fisik. Kebiasaan buruk lainnya juga dinilai, seperti konsumsi kopi, kebiasaan minum alkohol, merokok, riwayat penyakit dan lainnya.

Di akhir, hasil penelitiannya menyebut jika memang adanya hubungan umur lebih panjang dengan konsumsi hampir semua tingkat dan jenis kopi. Berkurangnya risiko kematian dini tergantung dari seberapa banyak konsumsinya, kandungan kafein, dan jenis instan atau tidak dari kopi yang dikonsumsi.

Kesimpulannya adalah seseorang yang mengonsumsi kopi dibandingkan yang tidak memiliki usia yang lebih panjang. Seseorang yang setidaknya minum satu cangkir kopi per hari memiliki risiko mati muda delapan persen lebih rendah dibandingkan yang tidak. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengonsumsi kopi paling tidak satu cangkir setiap hari.

Selain memperpanjang usia, berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi setiap hari:

1. Menurunkan Risiko Penyakit kronis

Minum kopi di pagi hari atau di sela-sela bekerja, rasanya sudah menjadi kebiasaan bagi mereka pecinta kopi. Alasannya berbagai macam, mulai dari rasanya yang bikin lidah ketagihan, meningkatkan fokus, atau sekadar mengusir rasa kantuk.

Ternyata, manfaat kopi sebenarnya lebih dari itu. Menurut para ahli, kopi hitam ternyata bisa membuat awet muda dan juga katanya kopi memperpanjang umur. Lho kok bisa? Kandungan antioksidan dalam biji kopi ini bisa membantu melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. Enggak percaya?

Dikutip dari Journal of American Medical Association, kopi dapat membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, dilansir dari National Institutes of Health, rutin minum kopi hitam dua hingga tiga cangkir per hari juga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis sebesar 10 persen.

Namun, efek di atas tidak datang dengan sendirinya, alias ada catatannya. Kata ahli efek kopi yang menyehatkan bagi tubuh hanya di dapat dari kopi hitam pahit, tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsinya juga enggak boleh berlebihan agar tak merugikan kesehatan.

Jika kamu ingin mengetahui manfaat kopi untuk tubuh, kamu juga dapat bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. 

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh jika Beralih dari Kopi ke Teh

2. Mencegah Risiko Stroke dan Penyakit Saraf

Manfaat minum kopi berikutnya, yaitu mampu mencegah risiko mengalami stroke dan terserang penyakit saraf. Konsumsi kopi satu cangkir per hari dapat menurunkan 20 persen risiko terserang gejala stroke.

Tak cuma itu saja, menurut beberapa penelitian, konsumsi kopi secara teratur juga mampu untuk mengurangi risiko terserang penyakit saraf di usia tua. Contohnya, penyakit demensia dan parkinson.

Nah, sudah tahu kan efek kopi memperpanjang usia. Meski begitu, sebenarnya kopi tidak semata-mata memperpanjang usia seseorang.

Baca juga: Teh atau Kopi Mana yang Lebih Sehat?

Hanya saja, minuman yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa meminimalkan risiko terserang berbagai penyakit. Pola makan yang sehat juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah penjelasan manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan lainnya yang kamu perlukan, ya!

Referensi:
News Medical. Diakses pada 2021. Coffee and longevity – debate continues.
The New England Journal of Medicine. Diakses pada 2021. Association of Coffee Drinking with Total and Cause-Specific Mortality.