30 May 2018

Program Diet untuk Mengurangi Kolesterol

Program Diet untuk Mengurangi Kolesterol

Halodoc, Jakarta — Pernah dengar diet TLC? Diet TLC adalah program diet sehat yang disusun oleh National Institutes of Health’s National Cholesterol Education Program di Amerika Serikat. TLC adalah kepanjangan dari Therapeutic Lifestyle Changes. Menurut para ahli yang menyusun program diet sehat ini, diet TLC dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuhmu sebanyak 6-8 persen dalam enam minggu.

Kunci dalam menjalani program TLC ini adalah memangkas habis konsumsi lemak jahat seperti yang ada dalam daging berlemak, produk olahan susu, dan goreng-gorengan. Lemak jahat ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, lho! Nah, program ini, kalau ditambah dengan konsumsi serat yang cukup, bisa membantu kamu mengontrol kadar kolesterolmu.

Kalau kamu hanya ingin menurunkan kadar kolesterol, maka target kalori maksimalmu adalah 2.500 sehari untuk pria dan 1.800 sehari untuk perempuan. Namun, kalau kamu juga mau menguruskan badan, targetmu adalah 1.600 untuk pria dan 1.200 untuk wanita. Pastikan lemak jenuh yang kamu makan tidak lebih dari 7 persen keseluruhan jumlah kalori dalam sehari. Batasi juga makanan yang mengandung kolesterol tidak lebih dari 200 miligram (sekitar 2 ons keju).

Setiap harinya, program ini mengharuskanmu untuk meminimalisir daging. Konsumsilah daging ayam tanpa kulitnya atau ikan, serta pastikan tidak lebih dari 5 ons. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu perlu menambah asupan makanan yang kaya serat, karena serat ini bisa membantumu mencegah atau mengatasi kolesterol tinggi.

Program diet ini aman untuk diterapkan pada anak-anak dan remaja, lho! Diet ini ditujukan untuk memenuhi nutrisi tubuh yang mereka butuhkan, suaya bisa tumbuh dengan baik. Beberapa nutrisi memang sulit didapatkan dari bahan makanan alami. Selain itu, beberapa makanan alami, terutama hewani, akan lebih baik bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Nah, bagaimana caranya kamu bisa mendapatkan gizi dan nutrisi yang tidak bisa kamu dapatkan dari makanan alami ini? Tenang saja, kamu bisa konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan.

Sediakan vitamin di rumah atau di kantor dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu cuma perlu memesan dan pesananmu akan datang dalam wakt satu jam. Di sini, kamu juga bisa cek lab dan tanya jawab berbagai dokter, lho! Jangan ragu untuk tanya-tanya atau sampaikan keluhanmu! Download segera aplikasinya di Google Play atau App Store, yuk!