Kunyit Bisa Bantu Mengurangi Nafsu Makan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
manfaat kunyit, cara mengurangi nafsu makan

Halodoc, Jakarta - Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk mengurangi nafsu makan. Seseorang yang tengah menjalani program diet dapat mencoba bahan alami yang satu ini. Caranya dengan mencampurkannya dengan lemon dan kayu manis. 

Dalam hal ini, kamu dapat merebus kunyit dengan air hingga tercampur. Kemudian campurkan dengan jus lemon dan kayu manis. Tambahkan madu untuk menambah rasa manis pada minuman. Ekstrak bahan alami ini dapat kamu konsumsi setiap hari selama dua minggu. Kemudian hentikan selama dua minggu. Setelah itu kamu dapat mengulanginya kembali.

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Selain Kunyit Adakah Bahan Alami Guna Mengurangi Nafsu Makan?

Tak hanya kunyit, bahan alami berikut diklaim dapat mengurangi nafsu makan. Dengan mengonsumsi bahan-bahan alami berikut, berat badanmu otomatis akan menurun. Berikut bahan-bahan alami yang dapat membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan:

  • Kacang Almond

Kacang almond kaya akan antioksidan, vitamin E, serta magnesium di dalamnya. Kandungan tersebut akan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi segenggam kacang almond sebagai camilan setiap hari.

  • Kopi

Mengonsumsi kopi ternyata dapat membantu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. Hal ini dapat terjadi karena biji kopi mengandung antioksidan. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi kopi pahit yang tidak ditambah dengan gula atau krim.

  • Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah sejenis kunyit yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Jahe akan berperan sebagai stimulan pada tubuh yang bekerja dalam meningkatkan energi tubuh. Dengan begitu, perut tidak akan mudah merasa lapar.

  • Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan serat dan lemak sehat. Jika dikonsumsi secara rutin, alpukat dapat membantu mengurangi nafsu makan. Hal tersebut dapat terjadi karena lemak sehat akan mengirim sinyal menuju otak untuk memberitahu jika perut sudah merasa kenyang.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

  • Apel

Apel mengandung tinggi serat dan pektin yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Buah yang satu ini juga dapat membantu menstabilkan gula darah dan menambah energi pada tubuh.

  • Kuning Telur

Mengonsumsi kuning telur dapat membantu perut merasa kenyang lebih lama. Pasalnya, telur mengandung protein yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat perut merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi nafsu makan. Jangan khawatir terhadap kalori di dalamnya, karena satu buah telur hanya memiliki 78 kalori saja! 

  • Air Putih

Minum air putih tak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga dapat menekan nafsu makan yang berlebihan. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi dua gelas air putih sebelum makan agar lebih cepat merasa kenyang.

  • Tahu

Tahu merupakan makanan yang kaya akan protein. Dengan kandungan isoflavon yang disebut dengan genistein, tahu dapat membantu mengurangi nafsu makan. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi tahu dengan cara dikukus atau direbus.

  • Ikan Salmon

Salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan produksi hormon leptin dalam sistem pencernaan. Dengan adanya hormon leptin, nafsu makan akan berkurang.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Program Diet DASH
Sebelum mengonsumsi sejumlah bahan alami tersebut, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi:
Shape.com. Diakses pada 2019. Top 25 Natural Appetite Suppressants.
Times of India. Diakses pada 2019. Weight Loss: Here's how Turmeric can help you lose weight!