Lemak Bertambah Setelah Lebaran, Atasi dengan 6 Olahraga Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Lebaran Sehat, lebaran 2019, gemuk akibat lebaran

Halodoc, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri, yang sebentar lagi dirayakan umat islam, kental dengan nuansa liburan dan kumpul bersama keluarga. Dalam perayaan ini, banyak juga hidangan lezat yang disiapkan. Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, hingga rendang. Tidak lupa juga minuman-minuman manis yang juga menyegarkan akan dihidangkan. Jadi, enggak heran kalau selama libur lebaran lemak-lemak di tubuh selalu bertambah.

Olahraga Untuk Jaga Berat Badan Setelah Lebaran

Dengan bertambahnya lemak dalam tubuh, kadar kolesterol pun sudah pasti ikut meningkat. Nah, setelah lebaran saatnya kamu mengontrol ukuran badan kamu dengan olahraga berikut:

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

  • Joging

Joging merupakan olahraga yang mudah dan murah. Joging bisa kamu lakukan dengan berjalan cepat di jalanan komplek atau lapangan dekat tempat kamu tinggal. Olahraga ini juga dapat membakar 550-900 kalori dalam tubuh kamu. Atur jarak tertentu yang bisa kamu tempuh. Jangan memaksakan diri. Jika kamu sudah terbiasa, kamu akan ketagihan dengan olahraga satu ini.

  • Berenang

Berenang dapat membakar 500-800 kalori dalam tubuh kamu. Berenang juga merupakan salah satu olahraga terbaik guna membentuk sendi dan bentuk tubuhmu. Dengan berenang, kamu enggak perlu merasa takut keringat dan bau badan, karena olahraga ini akan tetap membuat suhu tubuh kamu sejuk dan dingin.

  • Sepak Bola

Jika dirasa setelah lebaran berat badan kamu naik drastis, kamu bisa mencoba iseng-iseng melakukan olahraga yang satu ini dengan teman-teman atau keluargamu. Sepak bola sendiri dapat membakar 600-900 kalori dalam tubuhmu. Dengan melakukan olahraga ini, tubuh menjadi banyak bergerak dan otomatis kalori dalam tubuh juga ikut terbakar.

Baca juga: Libur Lebaran Ditambah, Berat Badan Jangan Ditambah

  • Naik Turun Tangga

Kalau kamu termasuk orang yang malas keluar rumah untuk pergi ke gym, kamu bisa mencobanya di rumah dengan naik turun tangga. Gerakan ini dapat membakar 650-900 kalori dalam tubuh. Kamu hanya perlu menaiki dan menuruni tangga. Gerakan ini juga dapat membentuk tubuh bagian bawah kamu dengan cepat. Kamu bisa memadukan latihan ini dengan melompat dengan dua kaki sekaligus ke satu anak tangga atau dua anak tangga.  

  • Lompat Tali

Meski terlihat sederhana, lompat tali sangat efektif, karena membuat seluruh tubuhmu bergerak. Dengan begitu kamu bisa membakar 700-1.100 kalori dalam tubuh kamu. Dengan olahraga ini, kamu dituntut untuk bisa berkoordinasi antara mata dan tangan. Kamu bisa menggunakan banyak gerakan variasi untuk lompat tali.  

  • Lari

Berbeda dengan joging dan jalan kaki, lari akan menuntut kecepatan kakimu. Dengan lari, kalori yang akan dibakar pun akan semakin besar. Olahraga ini dapat membakar 900-1.500 kalori. Lari pun sangat efektif guna membentuk bagian tubuhmu, mulai dari betis, paha depan hingga perut.

Semua olahraga itu baik untuk tubuh kamu. Kamu cukup mencoba dan memilih mana yang paling cocok. Jika kamu terlalu malas untuk melakukannya, kamu perlu berkomitmen dengan dirimu sendiri, serta membuat jadwal teratur. Dengan menjadwalkan dan melakukannya, kalori dalam tubuh akan terbakar dengan efektif dan efisien.

Baca juga: Olahraga Lagi Setelah Lebaran? Begini Cara Memulainya

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas, namun lemak dalam tubuh kamu enggak juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!