Makan Daging Terkontaminasi Bakteri, Apa Bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Makan Daging Terkontaminasi Bakteri, Apa Bahayanya?

Halodoc, Jakarta - Kebersihan makanan harus selalu dijaga karena gangguan penyakit bisa saja terjadi. Makanan yang terkontaminasi bakteri, umumnya karena tidak dimasak dengan baik, salah satunya adalah daging. Daging yang tidak dibersihkan dengan baik dan dimasak dengan matang kemungkinan masih terdapat bakteri. Mengonsumsi daging yang terkontaminasi nyatanya bisa membahayakan tubuh, bahkan mengakibatkan kematian.

Pada tahun 2011, seorang anak yang berasal dari Perancis bernama Nolan Moittie dan 15 anak lainnya jatuh sakit karena mengonsumsi daging yang terkontaminasi E.coli. Nolan mengalami infeksi pada usus dan ginjal. Namun pada akhirnya, beberapa waktu lalu, Nolan yang sudah berusia 10 tahun meninggal dunia karena infeksi bakteri E.coli.

Maka dari itu, jangan anggap sepele kebersihan dari makanan yang kamu konsumsi. Ketahui dampak dari mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri agar kamu juga bisa mencegah gangguan kesehatan terjadi di dalam tubuhmu.

Baca juga: Begini Cara Mengenali dan Menghindari Makanan yang Terkontaminasi E. Coli

Bahaya Makan Daging yang Terkontaminasi Bakteri

Bakteri terkadang masih terdapat pada daging yang dimasak dengan baik, seperti daging setengah matang. Kandungan mikroorganisme di dalamnya menyebabkan gangguan dari ringan hingga berat. Memang sifat dasar dari bakteri adalah melekat pada makanan. Maka dari itu, kamu harus selalu berhati-hati pada sesuatu yang kamu konsumsi.

Daging segar termasuk dalam makanan yang bergizi dengan kandungan air sekitar 1%. Hal ini berarti cocok untuk pertumbuhan sebagian besar mikroorganisme penyebab penyakit. Daging mentah umumnya mengandung bakteri yang merugikan. Memang sebagian hewan secara alami membawa bakteri pada usus mereka, sehingga terkontaminasi saat proses pemotongan.

Selain itu, peralatan yang digunakan untuk memotong dan mengolah daging mungkin juga penyebab terjadinya kontaminasi. Alat tersebut mungkin sudah mengandung bakteri karena tidak dibersihkan sebelum digunakan. Bakteri yang ada bisa mudah menyebar ke daging mentah.

Karena itu, kamu harus selalu memastikan daging yang dikonsumsi selalu bersih. Hal itu dilakukan agar tidak terserang beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang terkandung dari daging. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri, yaitu:

  1. Tipes

Salah satu penyakit yang dapat terjadi karena daging yang terkontaminasi bakteri adalah tipes. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Umumnya, bakteri ini berkembang pada daging ayam. Seseorang yang mengalami penyakit ini harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Penyakit ini harus segera diatasi karena dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Ini Bakteri-Bakteri Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan

  1. Gangguan Pencernaan

Penyakit lainnya yang dapat terjadi karena kontaminasi makanan oleh bakteri adalah terganggunya sistem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh bakteri E.coli yang dengan mudah mencemari daging. Bakteri ini dapat memproduksi racun dan menyebabkan saluran pencernaan kamu terganggu. Agar hal ini tidak terjadi, kamu dapat memasak daging dengan sempurna.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada makanan, dokter dari Halodoc dapat membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu melalui Apps Store atau Play Store! Kamu juga dapat membeli obat tanpa harus keluar rumah dan tiba dalam satu jam melalui aplikasi tersebut.

  1. Gangguan Sistem Saraf

Gangguan pada sistem saraf pusat juga dapat disebabkan oleh bakteri yang terkandung di dalam daging. Bakteri penyebab penyakit ini adalah Clostridium botulinum. Bakteri ini bisa juga terdapat pada daging kaleng atau awetan. Bakteri ini mampu menghasilkan racun yang menyerang sistem saraf, sehingga seseorang mengalami gangguan pada sistem pernapasan, lumpuh, hingga kehilangan nyawa. Hal ini dapat diatasi dengan memasak daging matang secara keseluruhan.

  1. Antraks

Kamu juga bisa mengalami antraks yang disebabkan oleh bakteri pada daging hewan yang terinfeksi antraks dan masuk ke tubuh ketika dikonsumsi. Gangguan akibat antraks ini menyebabkan hal yang serius ketika terjadi. Maka dari itu, kamu harus selalu memastikan daging yang kamu konsumsi matang secara merata dan selalu jaga kebersihan tangan sebelum makan.

Baca juga: Cegah Kontaminasi E. Coli pada Makanan dengan 3 Cara Ini

Berikut adalah penyakit yang terjadi jika kamu tidak mengolah daging yang akan dimakan dengan benar. Kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk dijaga. Selain itu, kamu juga harus menghindari makan sembarangan, seperti jajanan di pinggir jalan dan pedagang kaki lima yang kebersihannya kurang terjaga.

Referensi:
News Medical.Diakses pada 2019.Microbes in Raw Meat
Cfs.gov.hk .Diakses pada 2019.Bacteria in Raw Meat vs Cooked Meat