• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Diet Pepaya untuk Turunkan Berat Badan

Ini Manfaat Diet Pepaya untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pepaya adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Buah dengan daging berwarna oranye dan rasa yang manis ini sering menjadi pilihan untuk campuran es buah. Hal tersebut karena buah ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, walau lebih terkenal untuk melancarkan pencernaan yang bermasalah.

Namun, pepaya juga salah satu asupan yang dipercaya dapat menurunkan berat badan seseorang saat melakukan diet. Kamu juga dapat melakukan diet pepaya dengan rutin mengonsumsi buah tersebut. Hal yang perlu diketahui adalah seberapa efektifkah diet pepaya untuk turunkan berat badan? Berikut ulasan lengkap tentang hal tersebut!

Baca juga: Ketahui Manfaat Rutin Konsumsi Pepaya

Turunkan Berat Badan dengan Diet Pepaya

Pepaya adalah buah yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin, riboflavin, hingga riboflavin. Selain itu, buah ini juga terkandung lemak yang sangat sedikit. Pepaya kerap dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi berkat kandungan papain di dalamnya. Maka dari itu, jika ingin menurunkan berat badan cobalah menerapkan diet pepaya.

Buah tropis ini dapat dikonsumsi sebagai camilan yang sehat karena kalorinya yang rendah dan membuat cepat kenyang. Dalam 100 gram daging pepaya hanya terkandung 43 kalori yang terbilang sangat kecil. Banyak orang yang memanfaatkan pepaya sebagai bahan dasar dari salad, jus buah, dan makanan menyehatkan lainnya.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa manfaat dari menerapkan diet pepaya untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Kandungan Serat yang Tinggi

Manfaat dari konsumsi pepaya yang pertama untuk menjalankan diet adalah kandungan serat di dalamnya yang tinggi. Hal tersebut baik untuk pencernaan dan dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan camilan dapat ditekan. Maka dari itu, pepaya sangat disarankan dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Melawan Peradangan

Kandungan papain pada pepaya dapat bekerja sebagai antioksidan yang mampu melawan peradangan pada tubuh. Selain itu, sebuah penelitian menyebut jika peradangan yang terjadi dapat menghambat penurunan berat badan. Hal tersebut dapat terjadi jika kamu mengonsumsi pepaya secara rutin.

  1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang semua orang tahu, pepaya mampu melancarkan pencernaan sekaligus sembelit disebabkan kandungan papain dan chymopapain. Kandungan tersebut juga dapat mencegah serta menyembuhkan penyakit maag. Jika usus dan sistem pencernaan sehat, penurunan berat badan menjadi lebih mudah terjadi.

Baca juga: Waspadai Buah Juga Bisa Bikin Gemuk

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait efek yang menyehatkan saat menerapkan diet pepaya pada berat badan. Rencana yang telah kamu buat juga dapat didiskusikan oleh ahli medis tersebut. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Membantu Penyerapan Protein

Pada seseorang yang mengalami masalah berupa asam lambung yang rendah, kandungan papain pada pepaya mampu membantu pencernaan dan penyerapan protein. Seseorang yang lebih banyak mengonsumsi protein dapat lebih efektif untuk menurunkan bobot tubuh. Maka dari itu, dahulukan kandungan protein dibanding lemak.

  1. Mengatasi Infeksi

Seseorang yang mengidap penyakit autoimun dapat mengalami gangguan pada fungsi tubuh normal, sehingga terjadi kenaikan berat badan. Maka dari itu, dengan rutin mengonsumsi pepaya dapat membantu tubuh untuk lebih ampuh mengatasi penyakit dan infeksi yang menyerang.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat dari diet pepaya yang dapat tubuh kamu rasakan agar lebih efektif dalam penurunan berat badan. Jika kamu menginginkan hasil maksimal, pastikan selalu rutin mengonsumsi pepaya serta dibantu dengan makan makanan bergizi serta rajin berolahraga. Dengan begitu, hasil yang diterima akan lebih maksimal.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. Papaya For Weight Loss: 6 Papita Benefits That Make It Perfect For Quick Fat Loss.
Medium. Diakses pada 2020. Weight Loss With Papaya.