• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Metode Penanganan Medis untuk Penyakit Ginjal Kronis

Metode Penanganan Medis untuk Penyakit Ginjal Kronis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Metode Penanganan Medis untuk Penyakit Ginjal Kronis

“Penyakit ginjal kronis adalah kondisi saat kerusakan yang terjadi pada ginjal bisa semakin parah dari waktu ke waktu. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengendalikan penyebabnya. Namun sebetulnya, penyakit ginjal kronis seringnya tidak bisa diobati secara tuntas. Pengobatan hanya dilakukan untuk meringankan gejala.”

Halodoc, Jakarta – Istilah penyakit ginjal kronis menandakan bahwa kerusakan permanen yang kini terjadi pada ginjal dapat memburuk dari waktu ke waktu. Jika kerusakannya sangat parah, ginjal bahkan bisa berhenti bekerja. Alhasil, pasien akan mengalami apa yang disebut dengan gagal ginjal, atau penyakit ginjal stadium akhir. Jika ginjal gagal berfungsi dengan semestinya, maka pasien akan memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal untuk tetap hidup.

Pengobatan untuk penyakit ginjal kronis biasanya akan berfokus pada upaya memperlambat perkembangan kerusakan ginjal. Biasanya dengan mengendalikan penyebabnya. Namun, mengendalikan penyebabnya mungkin tidak mencegah kerusakan ginjal berkembang. 

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

Tindakan Pengobatan untuk Penyakit Ginjal Kronis

Pengobatan biasanya akan tergantung pada penyebabnya, dan beberapa jenis penyakit ginjal dapat diobati. Namun, seringkali penyakit ginjal kronis tidak dapat disembuhkan. Perawatan biasanya terdiri dari tindakan untuk membantu mengendalikan tanda dan gejala, mengurangi komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. 

Namun, jika ginjal menjadi rusak parah, pengidapnya mungkin memerlukan pengobatan untuk penyakit ginjal stadium akhir.

Mengobati Penyebabnya

Dokter akan bekerja untuk memperlambat atau mengendalikan penyebab penyakit ginjal. Pilihan pengobatan bervariasi tergantung pada penyebabnya. Namun, kerusakan ginjal dapat terus memburuk bahkan ketika kondisi yang mendasarinya, seperti diabetes mellitus atau tekanan darah tinggi telah dikendalikan.

Baca juga: Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Mengobati Komplikasi

Komplikasi penyakit ginjal dapat dikendalikan untuk membuat pengidapnya merasa lebih nyaman. Perawatan mungkin termasuk:

  1. Obat Darah Tinggi

Orang dengan penyakit ginjal dapat memperburuk tekanan darah tinggi. Dokter mungkin merekomendasikan obat untuk menurunkan tekanan darah, umumnya penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) atau penghambat reseptor angiotensin II, dan untuk menjaga fungsi ginjal.

Obat tekanan darah tinggi pada awalnya dapat menurunkan fungsi ginjal dan mengubah kadar elektrolit, jadi pengidapnya mungkin perlu sering melakukan tes darah untuk memantau kondisi. Dokter mungkin juga merekomendasikan pil air (diuretik) dan diet rendah garam.

  1. Obat untuk Meredakan Pembengkakan

Orang dengan penyakit ginjal kronis sering menahan cairan. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan di kaki serta tekanan darah tinggi. Obat yang disebut diuretik dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

  1. Obat untuk Mengatasi Anemia

Suplemen hormon eritropoietin, terkadang dengan tambahan zat besi, membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah. Ini mungkin menghilangkan kelelahan dan kelemahan yang terkait dengan anemia.

  1. Obat untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Dokter mungkin merekomendasikan obat yang disebut statin untuk menurunkan kolesterol. Orang dengan penyakit ginjal kronis seringkali memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Obat untuk Melindungi Tulang

Suplemen kalsium dan vitamin D dapat membantu mencegah tulang lemah dan menurunkan risiko patah tulang. Pengidapnya mungkin juga minum obat yang dikenal sebagai pengikat fosfat untuk menurunkan jumlah fosfat dalam darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan oleh endapan kalsium (kalsifikasi).

  1. Diet Rendah Protein

Ini dilakukan untuk meminimalkan produk limbah dalam darah. Saat tubuh memproses protein dari makanan, ia menciptakan produk limbah yang harus disaring oleh ginjal dari darah. Untuk mengurangi jumlah pekerjaan yang harus dilakukan ginjal, dokter mungkin merekomendasikan makan lebih sedikit protein. Ahli diet dapat menyarankan cara untuk menurunkan asupan protein sambil tetap makan-makanan yang sehat.

Baca juga: 3 Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Infeksi Ginjal

Jika kamu atau orang terdekatmu mengidap penyakit ginjal dan perlu menebus resep obat dokter, maka kamu bisa melakukannya pakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa unggah resep obat kamu dan pesanan kamu bisa tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Kidney Disease.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Symptoms, Causes, and Treatment of Chronic Kidney Disease.
The American Kidney Fund. Diakses pada 2021. Chronic Kidney Disease (CKD) Symptoms, Treatment, Causes & Prevention.