12 June 2018

Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Halodoc, Jakarta - Ketika dahaga melanda, minuman segar menjadi pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan dahaga. Salah satu jenis minuman yang sering menjadi pilihan adalah minuman bersoda. Rasanya yang manis dan segar menjadikan minuman satu ini favorit kebanyakan orang. Namun, tahukah kamu kalau terlalu banyak dan sering meminum minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan ginjal? Berikut penjelasan dampak konsumsi soda berlebih.

(Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Soda bisa Picu Penyakit Ini)

Dampak Konsumsi Soda Berlebih pada Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dalam tubuh. Saringan kecil bernama nefron dalam ginjal menyaring limbah yang ada dalam darah, kemudian mengembalikan elektrolit (fosfor, natrium, dan kalium) yang ada dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berfungsi menghasilkan hormon yang memproduksi sel darah merah dan mengontrol tekanan darah. Setiap harinya, ginjal menyaring 200 liter darah dan menghasilkan 2 liter urine.

Dengan mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan, fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh akan menjadi terganggu. Jika kamu sudah memiliki gangguan ginjal sebelumnya, meminum soda juga akan semakin memperparah kondisi kesehatan ginjalmu. Pasalnya, bahan-bahan kimia dan mineral yang terdapat dalam minuman bersoda dapat memberikan tekanan ekstra pada ginjal.

Bahkan, dengan mengonsumsi 2 kaleng minuman bersoda per harinya dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Kandungan kafein, natrium, dan mineral yang terdapat dalam minuman bersoda berpotensi merusak nefron ginjal. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat dalam minuman bersoda juga bisa merusak kapiler nefron.

Minuman soda juga mengandung banyak fosfor dan kalium. Tak hanya tidak baik untuk kesehatan ginjal, fosfor dan kalium dalam minuman bersoda pun juga dapat menyebabkan aritmia jantung. Di samping itu, kandungan kalsium dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan batu ginjal. Maka dari itu, sebaiknya segera kurangi konsumsi minuman bersoda demi kesehatan tubuh.

Minuman Segar Lain Pengganti Minuman Bersoda

Mengurangi minuman bersoda tidak akan begitu saja menghindarkan kamu dari risiko gagal ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan meminum air putih. Idealnya setiap harinya kamu meminum air putih sebanyak dua liter, sekitar delapan gelas per harinya, atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu.

(Baca juga: Serba Serbi Air Putih yang Belum Populer)

Namun, bosan rasanya jika terus-terusan meminum air putih saja. Tidak ada salahnya sesekali meminum minuman segar dengan rasa manis. Lalu, minuman apa saja yang baik dan aman untuk dikonsumsi?

Salah satu minuman yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti minuman bersoda adalah jus buah-buahan. Kamu bisa memilih berbagai buah-buahan untuk kamu jadikan jus yang nikmat dan menyegarkan. Semangka atau mangga bisa menjadi pilihan yang menyegarkan. Selain rasanya yang manis, kedua buah-buahan ini segar dan mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh kamu. Kalau kamu tidak terlalu menyukai kedua buah ini, tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih buah favoritmu untuk dijadikan jus.

Minuman lainnya yang menyegarkan yang bisa kamu konsumsi adalah berbagai macam teh. Selain rasanya yang khas, teh juga memiliki aroma yang menenangkan. Kamu juga bisa memilih berbagai macam teh untuk dikonsumsi, seperti teh hijau, oolong, atau teh melati. Namun ingat untuk tidak terlalu banyak menambahkan gula. Sebagai gantinya, kamu bisa mengganti gula dengan madu. Kamu juga bisa mengkreasikan minuman teh menjadi minuman dingin yang menyegarkan.

(Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan)

Lebih mudah berkonsultasi dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menanyakan dampak minum soda berlebih dengan dokter melalui Chat, atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!