Muda dan Kritis, Saatnya Jaga Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Muda dan Kritis, Saatnya Jaga Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Masa muda adalah masa yang menyenangkan. Sejak usia yang masih belia, anak-anak muda akan mulai berusaha merancang masa depannya. Mereka masih akan mencoba segala sesuatu hal yang baru dan kritis terhadap banyak hal. Namun sayangnya anak muda juga rentan mengalami masalah gangguan mental akibat tekanan sosial atau lain sebagainya. Karena menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting, yuk simak beberapa langkah yang bisa dilakukan anak muda untuk merawat kesehatan mentalnya berikut!

Baca juga: Alasan Anak Muda Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental

  • Bicarakan yang Kamu Rasakan

Membicarakan perasaan nyatanya dapat membantu kondisi kesehatan mental kamu tetap baik, terutama saat kamu menghadapi masa-masa yang sulit.  Penting juga untuk mengetahui bahwa membicarakan perasaan bukanlah tanda kamu lemah. Ini merupakan cara kamu untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan diri kamu sendiri.  Berbicara dapat menjadi cara untuk meluapkan emosi yang dirasakan dan hanya didengarkan saja ini bisa membantu kamu merasa didukung dan tidak sendirian. Ini bisa bekerja dua arah, saat kamu berusaha menjadi terbuka, maka ini mungkin mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Kamu juga bisa chat dengan psikolog di Halodoc apabila membutuhkan tenaga profesional untuk bantu atasi masalah kesehatan mentalmu. Hanya dengan genggaman, kamu bisa bicara dengan psikolog kapan saja dan di mana saja.

  • Tetap Aktif

Para ahli yakin bahwa olahraga melepaskan zat kimia di otak yang membuat kamu merasa lebih baik. Olahraga teratur juga meningkatkan kepercayaan diri kamu dan membantu kamu berkonsentrasi, tidur, dan merasa lebih baik. Olahraga menjaga otak dan organ vital tetap sehat. Namun, berolahraga tidak hanya berarti berolahraga atau pergi ke gym. Kamu bisa berjalan-jalan di taman, berkebun, atau mengerjakan pekerjaan rumah untuk tetap aktif. Para ahli menyarankan agar kamu berolahraga sekitar 30 menit setidaknya lima hari seminggu.

Baca juga: Inilah Peran Psikolog untuk Kesehatan Mental

  • Makan dengan Baik

Ada hubungan kuat antara apa yang kita makan dan bagaimana perasaan kita. Misalnya adalah kafein dan gula yang memiliki efek kepada suasana hati kamu secara langsung. Tetapi, makanan juga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental kamu. Otak membutuhkan campuran nutrisi untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ-organ lain di tubuh kamu. Menerapkan pola makan sehat baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Diet seimbang yang sehat ini meliputi:

  • Konsumsi banyak jenis buah dan sayuran;

  • Sereal gandum atau roti;

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian;

  • Susu dan produk olahannya;

  • Ikan;

  • Air mineral.

Makanlah setidaknya tiga kali sehari dan minum banyak air. Cobalah untuk membatasi berapa banyak minuman berkafein tinggi dan hindari terlalu banyak alkohol.

  • Istirahat

Beristirahat meski sebentar juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Ini bisa berupa jeda lima menit untuk membersihkan kamar, istirahat makan siang setengah jam di tempat kerja, atau akhir pekan menjelajahi tempat baru. Beberapa menit saja sudah cukup untuk mengurangi stres yang kamu alami dan pastikan untuk memberikan diri sendiri "me-time". Kamu juga bisa coba yoga atau meditasi, dengarkan tubuh kamu. Jika kamu benar-benar lelah, beri diri kamu waktu untuk tidur. Tanpa tidur yang baik, kesehatan mental kita akan terganggu dan konsentrasi kita menurun. 

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental 

  • Terima Siapa Dirimu

Beberapa dari kita pandai membuat orang tertawa, ada juga yang pandai matematika, atau ada juga yang pandai memasak makanan yang fantastis. Beberapa dari kita menjalani hidup yang berbeda, dan jauh lebih sehat untuk menerima bahwa kamu adalah orang yang unik dan tidak perlu berharap untuk bisa hidup seperti orang lain.

Selain itu, merasa senang dengan diri sendiri meningkatkan kepercayaan diri kamu. Hargai diri yang baik juga membantu kamu lebih kuat menghadapi masa masa sulit. Banggalah terhadap siapa dirimu. Kenali dan terima apa yang tidak dikuasai, tetapi fokuslah pada apa yang dapat dilakukan dengan baik.

Referensi:
Mental Health Foundation UK. Diakses pada 2019. Looking After Your Mental Health.
Headspace. Diakses pada 2019. Tips to Keep Good Mental Health.