5 Tanda Kalau Kamu Butuh Me Time

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Tanda Kalau Kamu Butuh Me Time

Halodoc, Jakarta – Rutinitas harian bisa dengan mudah membuat seseorang merasa jenuh dan mual. Itulah sebabnya terkadang me time berkualitas dibutuhkan, agar pikiran bisa lebih relaks dan terhindar dari stres berkepanjangan. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk me time? Ternyata, ada beberapa tanda yang diberikan tubuh bahwa sudah saatnya kamu me time, lho.

Tanda-tanda tersebut mungkin tidak kamu sadari sebagai sinyal dari tubuh. Padahal, semakin cepat kamu menyadarinya, semakin terasa manfaatnya bagi tubuh. Jadi, jika kamu mengalami berbagai tanda-tanda berikut, usahakan untuk segera meluangkan waktu bagi diri sendiri, ya.

1. Semua Hal Terasa Membosankan

Jika biasanya kamu merasa bersemangat ketika bekerja atau melakukan rutinitas lainnya, lalu tiba-tiba semua hal itu terasa membosankan, bisa jadi itu tanda kamu butuh me time. Hal ini juga ditandai dengan kamu mulai mengulur waktu untuk mengerjakan sesuatu dan kesulitan mendapatkan ide.

Baca juga: Trik Manfaatkan Weekend untuk Me Time Bersama Si Kecil

Daripada kreativitasmu lama-lama terkikis, lebih baik pertimbangkan untuk melakukan me time segera. Cobalah untuk mengambil cuti beberapa hari untuk berlibur sendirian. Hal ini dapat membantu kamu merasa relaks dan berenergi kembali.

 2. Sering Bicara Sekenanya Tanpa Berpikir Ulang

Pernah menyakiti pasangan atau orang terdekat tanpa sengaja karena berbicara sekenanya? Bisa jadi itu juga tanda bahwa kamu sedang stres dan butuh me time berkualitas. Orang yang sedang merasa tertekan memang kerap tak memikirkan ulang apa yang dibicarakan, sehingga terlontarlah perkataan kasar yang dapat melukai hati orang lain.

Jika kamu mengalaminya, sebaiknya cobalah untuk menjauhkan diri dari lingkunganmu untuk sementara waktu. Gunakan waktu menyendirimu untuk merefleksi ulang tentang perasaan diri sendiri dan orang lain. Jika butuh curhat atau konsultasi tentang stres yang dialami, kamu bisa ngobrol dengan psikolog di aplikasi Halodoc, lewat fitur Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

3. Selalu Merasa Lelah

Meski merasa sudah cukup tidur, rutinitas harian yang itu-itu saja kadang dapat membuat kamu tidak bersemangat dan selalu merasa lelah. Rasa lelah ini dapat terasa karena kamu merasa pekerjaanmu seolah tidak berkurang, secepat dan sekeras apa kamu menyelesaikannya.

Hal ini wajar, kok.Jika kamu mengalaminya, tidak perlu merasa frustrasi. Cukup sempatkan waktu untuk rehat sejenak dari semua aktivitas harianmu dan lakukan kegiatan yang kamu sukai agar bisa relaks dan semangat lagi dalam menjalani hari.

4. Mudah Cemas

Cemas pada hal-hal kecil yang seharusnya tidak perlu dikhawatirkan merupakan salah satu tanda bahwa kamu butuh me time, lho. Jika kamu memaksakan diri untuk mengerjakan berbagai aktivitas dalam kondisi mudah cemas dan stres, bisa-bisa apa yang kamu kerjakan hanya berujung pada kekacauan.

Baca juga: Merasa Susah Bahagia? Coba Lakukan Ini

Cobalah untuk pergi berlibur ke tempat yang disukai atau melakukan hal yang disukai, walaupun hanya sekadar nonton Drama Korea di rumah seharian. Namun, jika rasa cemas yang kamu rasakan tak kunjung membaik dan sering terjadi, kamu perlu buat janji dengan psikolog di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc untuk melakukan pemeriksaan, karena bisa jadi itu tanda gangguan kecemasan. 

5. Selalu Ingin Bersembunyi dari Orang Lain

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi selalu menginginkan kedamaian dengan mencoba bersembunyi dari orang lain merupakan sinyal dari tubuh bahwa kamu butuh me time, lho. Meski tidak ada salahnya, kamu perlu memahami hal ini dan segera memberi diri waktu untuk relaksasi.

Referensi:
Psychcentral. Diakses pada 2019. 7 Signs you need a little me time.
Psychology Today. Diakses pada 2019. 6 reasons you should spend more time alone.