Inilah Peran Psikolog untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Inilah Peran Psikolog untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Kesehatan fisik memang penting untuk dijaga, namun jangan melupakan untuk menjaga kesehatan mental. Banyak berbagai gangguan kesehatan mental yang dialami oleh seseorang dan tidak sembarang tim medis dapat membantu kamu mengatasi masalah kesehatan mental. Salah satu yang bisa kamu temui adalah psikolog.

Baca juga: 5 Tips Tingkatkan Kesehatan Mental di 2019

Peran psikolog cukup besar untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh seseorang. Psikolog adalah seorang ahli ilmu psikologi yang memiliki fokus pada perilaku dan tindakan seseorang.

Ketahui Peran Psikolog dalam Menangani Masalah Kesehatan Mental

Seorang psikolog dapat bekerja sama dengan psikiater atau dokter untuk menangani sebuah masalah kesehatan mental. Namun, seorang psikolog memiliki peran yang cukup mendalam untuk melakukan pencegahan, mendiagnosis, dan mengetahui penyebab seseorang mengalami gangguan pada kesehatan mental.

Tidak hanya itu, seorang psikolog juga memiliki peran lain untuk mencari solusi mengenai permasalah atau penyebab seseorang mengalami masalah kesehatan mental. Ada beberapa kondisi yang dapat diatasi oleh seorang psikolog, seperti gangguan kecemasan, adanya perasaan depresi atau gangguan pada perubahan suasana hati. 

Kecanduan jenis obat tertentu, gangguan kepribadian, fobia, gangguan hubungan dengan keluarga atau orang terdekat dan gangguan psikologis terkait kondisi traumatis bisa diatasi dengan bantuan seorang psikolog. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk langsung menemui psikolog terkait masalah kesehatan mental yang dialami.

Ada beberapa tindakan yang dilakukan seorang psikolog dalam membantu pasien mengatasi masalah gangguan kesehatan mental, seperti:

1. Wawancara Psikologis dan Psikotes

Tindakan ini bertujuan untuk memeriksa dan menilai kemampuan intelektual pengidap gangguan kesehatan mental. 

2. Psikoterapi atau Konseling

Psikoterapi atau konseling adalah tindakan yang bisa dilakukan oleh seorang psikolog untuk menangani masalah kesehatan mental seseorang. Ada beberapa jenis psikoterapi yang dilakukan seperti terapi kognitif, interpersonal atau humanistik. Tindakan psikoterapi atau konseling dapat dilakukan secara individual maupun berkelompok.

3. Program Terapi

Psikolog juga dapat membuat program terapi yang menunjang kesehatan mental seseorang. Biasanya, program yang dibuat dapat membantu pasien untuk mengontrol dan memperbaiki masalah yang dihadapi.

4. Terapi Hipnotis

Terapi hipnotis atau hipnoterapi adalah tindakan yang dapat dilakukan seorang psikolog untuk menangani atau mengatasi masalah kesehatan mental untuk mengontrol masalah kecemasan, fobia atau masalah suasana hati.

Ketahui Jenis Psikologi yang Dapat Membantu Kamu Atasi Masalah

Ada berbagai jenis psikolog yang bisa membantu untuk mengatasi masalah sesuai dengan kebutuhan kamu. Tidak ada salahnya untuk ketahui beberapa jenis psikolog, seperti:

1. Aviation Psychologists

Psikolog jenis ini biasanya banyak membantu orang-orang yang bekerja di bidang penerbangan, seperti kru pesawat dan pilot. Psikolog jenis ini juga membantu untuk memberikan keamanan penerbangan dan membantu pelatihan untuk kru pesawat.

2. Clinical Psychologists

Psikolog jenis ini umumnya bekerja pada rumah sakit untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental pada pasien. Perlu diingat, meskipun bekerja di rumah sakit, psikolog klinis tidak memberikan pengobatan berupa resep obat.

3. Counseling Psychologists

Psikolog jenis ini memberikan bantuan pada pasien yang mengalami gangguan psikologis, masalah perilaku, kesulitan emosional dan terkait masalah depresi hingga stres. Biasanya, tindakan psikoterapi dilakukan untuk menangani masalah kesehatan mental seseorang.

Baca juga: Anak Muda Rentan Alami Gangguan Kesehatan Mental

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2019. Types of Psychologists and What They Do
Very Well Mind. Diakses pada 2019. Clinical Psychologists
Healthline. Diakses pada 2019. When to Consult a Psychologist