• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mulai Kerja setelah Libur Lebaran, Lakukan 5 Hal Ini

Mulai Kerja setelah Libur Lebaran, Lakukan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Banyak ingatan seru yang terjadi sepanjang momen Idul Fitri, salah satunya adalah menikmati masa-masa libur kerja dengan berkumpul bersama keluarga di rumah. Kini libur Lebaran telah usai, saatnya kamu kembali menjalankan aktivitas seperti biasa, salah satunya dengan bekerja. 

Baca juga: Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

Masa-masa setelah libur, biasanya akan membuat seseorang merasa sulit kembali fokus pada aktivitas yang biasanya dijalankan, sehingga produktivitas kamu dapat menurun. Namun jangan khawatir, kamu dapat menemukan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan produktivitas bekerja setelah masa berlibur, di sini!

Istirahat Cukup Hingga Jadwal Pekerjaan

Menikmati hari libur Lebaran tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi sebagian orang. Melansir Psychology Today, nyatanya seseorang yang gemar berkumpul dengan keluarga dapat memiliki dampak positif pada kesehatan, seperti mengurangi kondisi stres, memperpanjang usia, mengurangi gangguan pada otak, hingga memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Tidak hanya itu, momen libur hari Lebaran juga dapat digunakan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari yang tentunya membuat kamu merasa lelah atau stres. Namun, jangan lupa untuk kembali beraktivitas ketika libur Lebaran telah usai. Beberapa orang terkadang merasakan kondisi stres saat masa liburan telah berakhir.

Tidak jarang, kondisi ini justru membuat produktivitas semakin menurun. Jika kamu merasa sedih, muram, stres, saat libur Lebaran telah berakhir, sebaiknya segera lakukan beberapa cara ini agar produktivitas kamu kembali optimal.

1. Penuhi Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat jelang kembali untuk bekerja. Kamu dapat menghabiskan waktu satu hari untuk melakukan hal yang membuat kamu senang, mengonsumsi makanan sehat, dan juga olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan membantu suasana hati menjadi lebih baik ketika kamu merasakan bosan atau malas untuk kembali bekerja.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Sebelum Kembali Bekerja Pasca Libur Panjang

2. Buatlah Jadwal Pekerjaan

Bingung harus mengerjakan apa di kantor setelah liburan? Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari pertama kembali bekerja. Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa libur memang cukup berat, namun dengan membuat jadwal pekerjaan, kamu kembali terbiasa dengan jadwal pekerjaan yang harus dikerjakan dan produktivitas kembali normal. 

3. Dengarkan Musik Kesukaan

Melansir studi dari Atlanta Institute of Music & Media College, mendengarkan musik kesukaan menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih positif. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hari kerja kamu dengan mendengarkan musik yang menyenangkan agar produktivitas kerja kamu dapat kembali normal.

4. Perhatikan Lingkungan Kerja

Hari pertama masuk kerja, tidak ada salahnya untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal untuk berlibur. Meja kerja yang rapi memengaruhi produktivitas kerja seseorang. Jadi, pastikan meja kerja rapi dan terasa nyaman, ya!

5. Mulailah Bekerja

Rasa malas dan bosan bisa dihindari dengan memulai pekerjaan. Mulailah pekerjaan dari yang paling mudah untuk kamu kerjakan. Setelah produktivitas kembali normal, kamu bisa memulai mengerjakan pekerjaan yang lain. Melansir dari laman Life Hack, hindari melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang bersamaan karena dianggap menurunkan kualitas pekerjaan.

Baca juga: Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH

Itulah hal yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan produktivitas saat kembali bekerja setelah libur hari Lebaran. Jika kondisi stres atau sedih yang kamu rasakan setelah berlibur menjadi berlarut-larut, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan yang kamu alami. 

Referensi:
Life  Hack. Diakses pada 2020. 50 Ways to Increase Productivity and Achieve More in Time Less
Forbes. Diakses pada 2020. 10 Incredibly Easy Ways to Improve Your Productivity
Atlanta Institute of Music & Media College. Diakses pada 2020. How Does Music Affect Your Mood?
Bustle. Diakses pada 2020. 11 Ways to Successfully Get Back to Work After Your Vacation
Traveller. Diakses pada 2020. How to Beat The Post Holidays Blues
Psychology Today. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Socializing