Mulai Merangkak, Ini Perkembangan Bayi 7 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Mulai Merangkak, Ini Perkembangan Bayi 7 Bulan

Halodoc, Jakarta - Perkembangan bayi tentunya menjadi perhatian orangtua setiap harinya. Hal tersebut menjadi momen bahagia pada orangtua untuk melihat tumbuh-kembang anaknya. Selain itu, bayi mempunyai indikator tertentu pada tiap bulan kehidupannya apabila anak ibu sehat.

Salah satu momen ketika bayi dapat diajak bercanda ketika perkembangan bayi mencapai 7 bulan. Anak ibu mungkin sudah mempunyai mainan favorit dan merangkak dari satu titik ke titik lain. Berikut ini pembahasan mengenai perkembangan bayi usia 7 bulan!

Baca juga: 4 Tahap Perkembangan Motorik Anak Usia 0-12 Bulan

Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Umum Terjadi

Ketika bayi kamu memasuki usia 7 bulan, ia menjadi lebih mandiri dan dapat mengembangkan keunikannya sendiri. Selain itu, anak ibu sudah mampu merangkak dengan lancar, sehingga perlu perhatian ekstra ketika sedang aktif. Momen ini juga membuatnya untuk lebih mengembangkan mobilitas, kreativitas, dan rasa ingin tahunya.

Perkembangan bayi 7 bulan pada laki-laki dan perempuan mungkin saja berbeda. Berat rata-rata pada bayi laki-laki dengan usia tersebut mencapai 8 kg dan kisarannya adalah 7-10 kg. Lalu, pada bayi perempuan, rata-rata beratnya adalah 7 kg dengan kisaran berat, yaitu 6-9,5 kg.

Berikut adalah hal yang terjadi pada perkembangan bayi dengan usia 7 bulan, yaitu:

  1. Merangkak

Ketika telah mencapai usia ini, bayi ibu sering berguling dari terlentang menjadi tengkurap. Selain itu, ia mungkin juga telah dapat melakukan posisi duduk dari terlentang dan berdiri jika berpegangan pada suatu benda atau seseorang. Momen ini sangat tepat untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

Baca juga: Inilah Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 bulan

  1. Tumbuh Gigi

Di saat memasuki usia 7 bulan, bayi semakin sering mengeluarkan air liur dari mulutnya. Hal ini membuat ibu harus selalu mempersiapkan sapu tangan untuk membersihkan liur tersebut. Walau begitu, hal ini dapat menjadi tanda apabila bayi ibu akan tumbuh gigi. Ketika terjadi, mungkin saja si Kecil akan lebih rewel dari biasanya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait tumbuh kembang bayi dan gejala yang tidak biasa yang timbul, dokter dari Halodoc dapat membantu untuk memberi saran profesional. Kamu hanya perlu untuk download aplikasi Halodoc agar kemudahan dalam mendapat saran dari ahlinya lebih mudah.

  1. Otak yang Semakin Berkembang

Pada usia 7 bulan, anak ibu dapat menghafal wajah orang-orang yang berada di sekitarnya. Maka dari itu, bayi tersebut mungkin saja menangis ketika bertemu dengan orang yang tidak pernah ditemuinya sebelumnya. Momen ini juga dapat membuatnya bercermin untuk melihat dirinya sendiri.

Baca juga: Tahap Pertumbuhan Anak Sesuai Usia 1- 3 tahun

  1. Berbicara dan Ekspresi Wajah

Bayi juga telah belajar untuk berbicara dan menimbulkan ekspresi wajah ketika telah mencapai usia ini. Kamu mungkin lebih banyak mendengar suara tawa dan jeritan sebagai bentuk ekspresi tersebut. Ia juga telah dapat melambaikan tangan dan gerakan mudah lainnya.

Selain itu, bayi juga telah dapat mengeluarkan suara-suara tertentu yang familiar didengar. Ia juga dapat mengulangi suara yang diucapkan dan memintanya untuk mengulanginya. Ekspresi penolakan dari orangtua juga telah dimengerti dan intonasi yang berbeda dari normal dapat membuatnya menangis.

Mengikuti perkembangan bayi untuk melihat pertumbuhannya memang selalu mengesankan. Hal ini dapat menjadi acuan tertentu untuk mengetahui apabila bayi ibu tumbuh dengan normal. Selain itu, jangan lupakan untuk mendapatkan vaksin untuk mencegah penyakit menyerang tubuhnya.

Referensi:
Very Well Family.Diakses pada 2019.Your 7-Month-Old Baby’s Development
Web Md.Diakses pada 2019.Baby Development: Your 7-Month-Old