23 February 2018

Lima Manfaat Besar Asam Amino yang Perlu Diketahui

Lima Manfaat Besar Asam Amino yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Dari banyaknya zat-zat yang dibutuhkan tubuh, asam amino termasuk yang enggak boleh dilupakan. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalani program pembentukan otot. Manfaat asam amino bisa membuat program kebugaran kamu berjalan suskses. Sebab selain rutin berlatih, mengonsumsi makanan kaya akan asam amino juga termasuk hal wajib yang harus dilakukan.

Sebenarnya, manfaat asam amino enggak hanya istimewa bagi otot saja. Namun, asam ini juga baik untuk fungsi otak, hormon pertumbuhan, hingga pertumbuhan sel dan jaringan. Nah, meski banyak suplemen asam amino yang di pasaran, sebenarnya kamu cukup kok mendapatkannya dari sumber pangan lokal.

Menurut ahli, sumber asam amino lokal bisa kamu temui pada olahan kecipir, olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu, dan sari kedelai kacang, serta kapri. Jika kamu lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen asam amino, enggak masalah kok. Namun, asupannya jangan sampai terlalu tinggi. Sebab menurut beberapa riset, kelebihan asam amino bisa saja menimbulkan risiko gangguan pencernaan.

Penasaran dengan manfaat asam amino bagi tubuh kamu? Yuk, cari tahu selengkapnya:


1. Mencegah Kerontokan

Kerontokan rambut enggak hanya bisa dicegah oleh produk kecantikan saja kok. Salah satu manfaat asam amino juga membantu mencegah rambut rontok sekaligus menjaga kesehatan kulit dan kuku.

Menurut penelitian mengenai Clinical and Experimental Dermatology, kerontokan rambut erat kaitannya dengan kekurangan zat besi dan asupan lisin yang tidak ortimal. Nah, lisin sendiri merupakan salah satu dari banyaknya jenis asam amino.

2. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat asam amino juga dijamin akan membuat otot kamu “tersenyum”.  Kok bisa? Sebab otot kamu terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Nah, semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang untuk lemak dalam tubuh.

3. Baik untuk Jantung

Menurut studi yang dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, asam amino baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab beberapa asam amino dianggap sebagai nutrisi penting untuk menjaga fungsi kardiovaskular. Kata para ahli, kekurangan beberapa jenis asam amino dikaitkan dengan disfungi jantug.

4. Menjaga Keseimbangan Hormon dan Enzim

Kamu harus waspada kalau kekurangan asam amino, sebab bisa jadi hormon dan enzim dalam tubuhmu jadi kacau, terutama hormon keseimbangan. Manfaat asam amino berfungsi untuk melepaskan insulin sehingga menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Nah, kalau hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak dan energi, serta memperkuat tulang dan kolagen.

5. Meningkatkan Stamina dan Daya Ingat

Makanan kaya akan asam amino juga bisa menghindarkan kamu dari kekelahan. Di samping itu, manfaat asam amino juga bisa meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati.  Alhasil, kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan kian meningkat. Enggak hanya itu, ia juga bisa menghindari depresi dan meningkatkan daya ingat.

Ada Ragam Jenisnya

Asam amino sendiri terdiri dari beberapa jenis. Misalnya, asam amino kondisional, nonesensial, dan esensial. Namun, tubuh kamu enggak bisa memproduksi jenis asam amino esensial. Alternatifnya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam ini. Nah, berikut jenis asam amino esensial dan sumbernya:

  1. Leusin

Makanan seperti rumput laut, tuna, kedelai, putih telur, dan ayam mengandung zat ini. Menurut ahli, leusin berperan penting dalam membentuk sepertiga jaringan otot rangka dalam tubuh kamu.

  1. Valin

Valin bisa kamu temukan pada telur, rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.

  1. Isoleusin

Yang satu ini bis kamu temukan pada putih telur. Selain itu, makanan seperti domba, kalkun, kedelai, kepiting, ayam, juga menjadi sumber isoleusin yang enggak kalah bagusnya. Seperti leusin, isoleusin juga berperan dalam membentuk jaringan otot rangka tubuh kamu.

  1. Triptofan

Zat yang satu ini bisa membuat tubuh rileks seketika. Kalau kamu merasa sedih, stres, atau tertekan, cobalah konsumsi makanan yang kaya triptofan. Sebab triptofan bisa meningkatkan hormon serotonin di dalam otak. Hormon iniah yang akan memperbaiki mood kamu. Kamu bisa mendapatkan triptofan dari kedelai, rumput laut, kalkun, putih telur, dada ayam, dan bayam.

Nah, itulah beberapa jenis dan manfaat asam amino. So, jangan biarkan tubuh kekurangan zat penting ini ya! Kamu juga enggak usah ragu untuk membicarakan manfaat asam amino pada dokter melalui aplikasi  Halodoc. Hubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.