18 October 2018

Perlukah Menggunakan Kondisioner Setelah Mencuci Rambut?

Kondisioner, Kecantikan, Perawatan rambut

Halodoc, Jakarta - Kecantikan alami itu dipengaruhi oleh faktor dalam, seperti pola makan. Bukan hanya dari dalam, perawatan dari luar juga sangat diperlukan. Misalnya kulit atau rambut juga membutuhkan makanan agar tetap indah dan sehat. Kamu dapat menggunakan kondisioner sebagai perawatan luar untuk rambut. Bagaimana cara menggunakan kondisioner yang tepat dan apa saja manfaatnya bagi rambut?

Tidak hanya menjadikan rambut lebih lembut, halus, bebas kusut, dan lebih mudah disisir. Kondisioner juga akan membuat rambutmu terlihat berkilau. Kamu tidak perlu mendiamkan kondisioner terlalu lama pada rambut setelah keramas, karena nutrisi yang terkandung dalam kondisioner diformulasikan untuk dapat diserap dengan cepat.

Meskipun kamu memiliki rambut yang normal atau berminyak, kamu perlu menggunakan kondisioner untuk menjaga rambutmu agar senantiasa sehat dan indah. Pilih formula yang tepat untuk jenis rambutmu. Kondisioner untuk rambut normal biasanya didesain khusus untuk menutrisi rambut agar tetap halus dan lembut tanpa membuatnya terasa lepek. Apa saja manfaat kondisioner untuk rambut?

Penambah Kilau Rambut

Kamu bisa coba menggunakan kondisioner secara rutin jika ingin memiliki rambut yang indah dan berkilau. Kandungan dari kondisioner telah diformulasikan untuk membuat rambut basah, hitam, dan berkilau. Di samping itu, kilau yang dihasilkan tampak lebih lama daripada hanya menggunakan sampo tanpa kondisioner.

Pencegah Kerusakan Rambut

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat rambut rusak, di antaranya sinar matahari, polusi, terlalu sering mencatok, dan mengikat rambut. Dibutuhkan perawatan yang baik untuk menjaganya agar tetap sehat meskipun beraktivitas di luar ruangan. Kondisioner berperan penting untuk merawat kesehatan rambut kamu dengan menyuplai protein dan nutrisi pada rambut setiap kali berurusan dengan sinar matahari, polusi, dan sebagainya.

Pengembang dan Pelindung Rambut

Beberapa kondisioner dibuat tidak hanya agar rambut tampak berkilau, tapi tetap memberikan volume agar rambut menjadi lebih mengembang. Di samping itu, beberapa kondisioner yang diproduksi saat ini menambahkan formula yang berfungsi memberikan perlindungan menyeluruh dari terpaan sinar matahari dan bahaya radikal bebas.

Pengatur Kutikula Rambut

Baik rambut maupun kuku terbuat dari unsur yang sama. Kalau diperbesar dengan menggunakan mikroskop, setiap helai rambut tersusun dari kutikula yang berbentuk seperti sisik ikan dengan susunan yang rapi. Kutikula rambut tersebut akan mencuat, sehingga tidak rapi akibat penggunaan sampo berbahan kimia. Hal ini akan mengakibatkan tekstur rambut terasa kusam dan kasar. Dengan menggunakan kondisioner, kutikula rambut akan tersusun rapi kembali. Hasilnya, rambut akan menjadi semakin lembut serta mudah diatur.

Pengganti Minyak Alami Rambut

Kandungan deterjen dalam sampo memang berfungsi membersihkan segala kotoran, tetapi minyak alami pada rambut pun ikut hilang. Kondisioner berperan menggantikan banyaknya minyak alami yang hilang akibat penggunaan sampo. Minyak alami yang digantikan oleh kondisioner memiliki kadar yang rendah dan berfungsi untuk melindungi tiap helai rambut. Tentunya, ini akan mencegah terjadinya kekeringan pada rambut setelah keramas.

Nah, itulah manfaat-manfaat kondisioner untuk kesehatan rambut. Jika kamu ingin membaca tips-tips kecantikan atau kesehatan lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Selain itu, Halodoc juga menyediakan sarana untuk berdiskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Pesananmu akan sampai dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis, kan?

Baca juga: