27 April 2018

Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Halodoc, Jakarta – Banyak pria dan wanita yang menghabiskan waktu mereka untuk mengatasi masalah rambut. Padahal, beberapa masalah kesehatan rambut bisa diatasi dengan asupan vitamin yang cukup ke dalam tubuh. Nah, jika kamu tidak mendapatkan asupan vitamin yang cukup untuk tubuh kamu, tidak hanya penyakit yang mengintai kesehatan tubuh kamu saja, tetapi kekurangan vitamin juga akan memengaruhi kesehatan rambut kamu.

Dampak Kekurangan Vitamin C pada Kesehatan Rambut

Vitamin C bukan hanya antioksidan bagi tubuh, tetapi vitamin C juga sangat memengaruhi kesehatan rambut. Selain sariawan, jika kamu tidak cukup mengonsumsi vitamin C kulit kepala kamu juga bisa mengalami hal yang serupa dengan sariawan, yaitu pendarahan di sekitar folikel rambut. Menurut National Institutes of Health, mengonsumsi vitamin C kurang dari 10 miligram sehari nyatanya bisa membuat daya tahan tubuh kita kurang optimal dan menyebabkan masalah kesehatan rambut, khususnya pada kulit kepala.

Rendahnya asupan vitamin C ternyata bisa menjadi penyebab akar rambut menjadi rapuh dan memengaruhi pertumbuhan rambut. Nah, jika kamu menginginkan akar rambut yang kuat, sebaiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin C. Karena, vitamin C bisa membantu menguatkan akar rambut dan membuat rambut kamu lebih tebal.  Selain itu, kekurangan vitamin C nyatanya bisa membuat rambut terlihat kusam dan kering.

Vitamin C juga merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting untuk mencegah kerusakan pada folikel rambut. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C juga ternyata bisa mencegah para pria mengalami kerontokan yang menyebabkan kebotakan dini.

Vitamin D dapat Mengurangi Kerontokan pada Rambut

Saat ini, stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pekerjaan dan kemacetan. Namun, ternyata stres berlebih bisa membuat rambut kamu rontok. Apalagi, jika kamu kekurangan asupan vitamin D. Bisa saja kerontokan rambut kamu semakin parah. Jalani hidup dengan bahagia, jauhkan stres, dan konsumsi suplemen yang mengandung biotin dan vitamin D untuk mencegah kerontokan semakin parah. Vitamin D juga memiliki manfaat untuk memperlambat penuaan yang terjadi pada rambut kamu.

Tidak Hanya untuk Kesehatan Kulit, Vitamin E Sehat Untuk Rambut

Vitamin E sangat baik untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Namun, tahukah kamu bahwa vitamin E juga memiliki kelebihan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Beberapa di antaranya adalah vitamin E mampu mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel yang rusak. Sebab, folikel juga menentukan pertumbuhan dari rambut. Selain itu, jika kebutuhan vitamin E kamu tercukupi, kamu bisa memiliki rambut yang lembut dan berkilau.

Vitamin A Membuat Rambut Kamu Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk mata, vitamin A juga memiliki peranan penting untuk kesehatan rambut. Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kelembapan kulit kepala, mencegah rambut kering, dan merangsang pertumbuhan rambut sehat. Tidak hanya itu, vitamin A membantu memperkuat rambut dan mengembalikan ketebalan rambut.

(Baca juga: Lakukan 5 Trik Berikut untuk Rambut Berkilau. Yakin Engga Mau Cetar?)

Nah, jika kamu mengalami masalah pada kesehatan rambut, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Selain itu, di sini kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui Voice Call atau Video Call dengan fitur Contact Doctor.