10 October 2018

8 Makanan Sehat untuk Hindari Kebotakan

Kebotakan, cara mencegah kebotakan, makanan untuk mencegah kebotakan

Halodoc, Jakarta - Rambut merupakan mahkota bagi para wanita. Sangat penting untuk menjaga dan memelihara rambut, agar penampilan terlihat cantik dan anggun. Begitu pun dengan pria, rambut menjadi penunjang penampilan. Akan tetapi, bagaimana jika rambut rontok dan menimbulkan kebotakan?

Kondisi tersebut tentunya akan dirasa sangat tidak nyaman, baik bagi para wanita atau pun pria. Karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan-makanan ini untuk mencegah kerontokan rambut dan mencegah timbulnya kebotakan.

Makanan Apa Saja yang dapat Mencegah Kebotakan?

Seiring gaya hidup yang kurang sehat, rambut bisa mengalami kerontokan, bahkan mengarah pada kebotakan. Selain karena perawatan yang kurang baik, terpapar matahari langsung dan polusi juga kerap menjadi alasan rambut jadi rapuh. Oleh karena itu, selain merawat rambut, seseorang dapat menyiasatinya dengan mengubah pola makan, termasuk memberikan asupan nutrisi yang baik untuk rambut agar terhindar dari kebotakan. Berikut ini jenis-jenis makanan untuk mencegah kebotakan:

 

  • Kacang Kenari

 

Kandungan asam lemak omega dalam kacang kenari dan vitamin B7 dapat membantu mencegah rambut rontok dan memperkuat folikel rambut. Selain itu, kandungan dalam kacang kenari tersebut dapat ada mendorong pertumbuhan kembali rambut.

 

 

  • Kacang Almond

 

Kacang almond mengandung banyak kandungan biotin dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut. Mengonsumsi kacang almond secara teratur dapat membuat rambut tumbuh lebih tebal, sehat, dan cepat.

 

  • Daging Merah

 

Mengkonsumsi daging merah seminggu dua kali dapat menambah feritin dan zat besi sehingga bisa jadi makanan untuk mencegah kebotakan. Ferritin merupakan protein penyimpan zat besi yang diperlukan untuk memproduksi protein sel pada rambut. Kekurangan ferritin umumnya dapat meningkatkan kerontokan rambut dan memperpendek fase pertumbuhan rambut.

 

  • Gandum

 

Kamu akan terkejut mengetahui bahwa makanan satu ini bisa menjadi senjata melawan kebotakan. Gandum kaya akan serat, seng, asam lemak omega 6, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, gandum juga mengandung sejumlah besar vitamin B yang membantu mendorong pertumbuhan rambut. Dalam gandum juga ditemukan beta glucan yang dapat memperkuat folikel rambut.

 

  • Ikan Tuna

 

Tuna kaya akan kandungan omega 3 dan baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan rambut. Omega 3 mampu menutrisi batang rambut dan membran sel pada kulit kepala, sehingga rambut menjadi sehat.

Omega 3 juga dapat menjaga elastisitas rambut dan mencegah kerapuhan rambut akibat pengeringan. Selain tuna, omega 3 juga dapat diperoleh dari ikan salmon dan kecambah.

 

  • Bayam dan Brokoli

 

Sebagai cara mencegah kebotakan, kamu juga perlu menambah asupan sayuran seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini berperan dalam pembentukan minyak alami rambut yang menjaga rambut agar tak mudah patah. Vitamin C meningkatkan kadar zat besi dalam darah, sehingga kulit kepala bisa memanfaatkannya.

 

  • Susu

 

Susu merupakan pilihan alternatif untuk seseorang yang mengalami masalah kebotakan rambut. Makanan dan minuman yang berbahan dasar susu, seperti halnya susu skim dan yoghurt yang merupakan sumber vitamin A. Selain itu, susu juga berguna untuk meningkatkan produksi sebum pada kulit kepala, sehingga dapat membantu dalam mencegah masalah kebotakan.

 

  • Wortel

 

Pada umumnya, wortel merupakan makanan yang dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Namun, selain untuk mata, wortel juga memiliki manfaat lain yaitu mengatasi kerontokan dan juga mencegah kebotakan. Pada wortel terkandung Vitamin A dan beta karoten yang membantu meningkatkan produksi sebum serta dapat memperlancar pertumbuhan rambut.

Jika kamu atau orang-orang terdekat kamu mengalami masalah kerontokan atau kebotakan rambut, kamu dapat mulai untuk mengkonsumsi makanan-makanan untuk mencegah kebotakan di atas. Jika kamu ingin berdiskusi langsung dengan dokter ahli untuk masalah kesehatan kamu, Halodoc menyediakan layanan berdiskusi langsung melalui Chat, Voice/Video Call di mana pun dan kapan pun. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: