18 October 2018

Rambut Tipis? Begini Cara Tepat Saat Pilih Sampo

rambut tipis begini cara tepat saat pilih sampo

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang terutama wanita, tentunya ingin punya rambut yang tebal dan berkilau seperti model di iklan sampo. Namun sayangnya, enggak semua orang dianugerahi rambut seindah itu. Sebagian orang justru memiliki rambut yang tipis, entah karena sering rontok atau memang karena faktor keturunan. Rambut yang tipis memang mudah lepek, sehingga sering membuat penampilan kurang maksimal. Namun dengan memilih sampo yang tepat, kamu bisa kok merawat rambut tipismu sehingga menjadi lebih tebal dan indah. Berikut cara memilih sampo untuk kamu yang punya rambut tipis.

Penyebab Rambut Tipis

Kebanyakan kasus rambut tipis disebabkan oleh faktor genetik alias keturunan. Bila orangtuamu memiliki rambut yang tipis, maka kemungkinan besar kamu juga memiliki rambut yang tipis. Namun, bila tidak ada yang berambut tipis di keluargamu, maka bisa jadi penyebab rambut tipis kamu adalah karena pengaruh dari makanan dan gaya hidup tidak sehat selama ini. Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zinc, vitamin B, dan biotin bisa membuat rambutmu mudah rontok dan menipis. Hal ini karena keempat nutrisi tersebut sangat berperan dalam memperkuat struktur batang rambut dan membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Selain kurang mengonsumsi makanan yang bergizi, sering mengonsumsi makan berlemak dan berkadar gula tinggi juga ikut membuat rambut cepat rusak.

Faktor penyebab rambut tipis lainnya adalah kurang menjaga kebersihan kepala. Jarang mencuci rambut akan menyebabkan rambut menjadi berketombe dan berminyak, sehingga bisa mengganggu pertumbuhan rambut baru. Karena itu, pastikan kamu rajin membersihkan rambut dan pilihlah sampo yang tepat yang bisa mengatasi permasalahan pada rambutmu.

Cara Memilih Sampo untuk Rambut Tipis

Sampo yang baik untuk rambut tipis bisa dilihat dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jadi, pilihlah sampo yang mengandung beberapa bahan berikut yang bermanfaat bagi rambut tipis:

1. Ginseng

Ginseng sudah dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok. Sebuah studi pada tahun 2012 oleh Korea University College of Medicine, menemukan bahwa ginseng merah bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk masalah kebotakan. Penemuan tersebut juga turut didukung oleh studi dari University of Maryland Medical Center, yang menyatakan bahwa antioksidan dalam ginseng mampu menjaga kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah agar aliran darah tetap berjalan dengan lancar. Nah, sirkulasi darah yang mengalir lancar sampai ke kulit kepala dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat.

2. Rumput Laut, Protein Kedelai, dan Shea Butter

Selanjutnya, cara memilih sampo untuk rambut tipis adalah pilihlah yang mengandung perpaduan bahan rumput laut, kedelai, dan shea butter. Sebuah penelitian dari Korea mengungkapkan bahwa kombinasi ketiga kandungan tersebut sangat bagus untuk membantu menguatkan rambut supaya tidak gampang patah dan rontok.

Rumput laut bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit kepala yang sehat, sehingga dapat memberikan jalan bagi pembentukan folikel rambut baru. Kandungan aktif dalam rumput laut juga bisa mencegah kebotakan. Sedangkan protein kedelai dan shea butter, bermanfaat untuk memperkuat akar dan helai rambut.

3. Vitamin E

Vitamin E tidak hanya baik untuk kulit saja, tapi juga bermanfaat untuk merawat rambut tipis. Kandungan antioksidan dalam vitamin E berguna untuk melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala, sehingga membantu memperbaiki rambut yang rusak dan menguatkan batang rambut. Ingat, kulit kepala yang sehat dapat mendukung pertumbuhan rambut baru yang lebat dan sehat juga.

4. Biotin (Vitamin B5)

Biotin dan asam pantotenat (vitamin B5) sudah lama dipercaya dapat menguatkan dan menebalkan rambut serta mengurangi rambut rontok. Di dalam tubuh, biotin akan bekerja sama dengan enzim yang diproduksi dalam kelenjar adrenal untuk memproduksi asam amino yang kemudian menghasilkan protein. Rambut terbuat dari protein khusus yang bernama keratin. Itulah sebabnya, biotin dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Kandungan biotin dalam sampo juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki rambut rusak akibat terlalu sering keramas dan terpapar panas, baik dari sinar matahari maupun dari alat penata rambut seperti hair dryer atau alat catok.

5. Argan Oil

Masyarakat Timur Tengah sudah sejak lama menggunakan minyak argan untuk merawat kecantikan kulit. Namun selain untuk kulit, minyak argan juga berkhasiat untuk menjaga rambut tetap kuat dan tebal serta mencegah rambut bercabang dan berketombe.

Intinya, gunakanlah sampo yang bisa menguatkan dan menambah volume rambut kamu, sehingga rambut tipismu terlihat lebih tebal dan indah. Kalau kamu punya masalah dengan rambut dan bingung bagaimana cara mengatasinya, bicarakan saja dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli berbagai macam produk kesehatan dan suplemen yang kamu butuhkan di Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: