25 June 2018

5 Tips Merawat Rambut Tipis

merawat rambut tipis, merawat rambut rontok, menjaga rambut tipis

Halodoc, Jakarta – Rambut adalah mahkota, terutama bagi wanita. Semua orang pastinya menginginkan memiliki rambut sehat yang tebal dan berkilau. Namun terkadang, ada beberapa wanita yang dianugerahi rambut tipis. Rambut tipis tidak hanya sulit untuk ditata, tapi juga lebih sering terlihat berminyak dan kusam. Sama dengan perawatan wajah, merawat rambut pun membutuhkan perawatan yang cukup rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Banyak faktor yang membuat rambut menjadi tipis, salah satunya adalah faktor keturunan. Memiliki rambut tipis tentu harus dirawat dengan baik agar menjadi semakin baik dan tidak rontok. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut tipis kamu.

  • Lebih Sering Mencuci Rambut

Jika kamu memiliki rambut yang tipis, sebaiknya kamu rajin untuk keramas. Tidak hanya karena rambut kamu akan lebih sering terlihat berminyak, tapi rambut tipis akan lebih sering mengalami penumpukan kotoran pada kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan rambut yang lain. Saat keramas, tidak ada salahnya kamu lakukan pijatan kepala ringan agar melancarkan aliran darah ke folikel dan mempercepat pertumbuhan rambut baru.

  • Kurangi Stres dan Beban Pikiran

Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Psychosomatic Medicine mengungkapkan bahwa stres dan beban pikiran yang terlalu berat akan meningkatkan konsumsi makanan manis dan berlemak. Sehingga, nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh rambut untuk membantu pertumbuhan rambut baru tidak tercukupi dan memperlambat pertumbuhan rambut. Vitamin dan mineral seperti vitamin E, zat besi, zinc, dan magnesium adalah beberapa kandungan yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan rambut baru.

  • Pilih Gaya Rambut yang Tepat

Menurut Angelo David, seorang penata rambut di New York, jika kamu memiliki rambut yang tipis, pilihlah gaya rambut yang sederhana dan bervolume untuk menutupi rambut tipis kamu. Selain itu, pemilik rambut tipis sebaiknya tidak memiliki rambut panjang, sebab akar rambut akan terasa berat menahan batang rambut. Sehingga, akan mudah rontok dan semakin terlihat tipis.

  • Konsumsi Makanan yang Sehat

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kebutuhan nutrisi untuk kesehatan rambut kamu tercukupi. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi nyatanya tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh kamu, tetapi juga baik untuk kesehatan rambut kamu. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayuran seperti brokoli, bayam dan asparagus juga akan membantu untuk memulihkan kesehatan rambut kamu. Karena, makanan tersebut banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan rambut. Daging merah, daging ayam, dan ikan juga sangat membantu untuk merawat rambut tipis kamu karena kaya akan kandungan zat besi yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

  • Ubah Belahan Rambut Kamu

Jika kamu menggunakan satu model belahan rambut dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya sesekali kamu ubah belahan rambut kamu agar dapat menambah volume rambut dan menyamarkan rambut tipis kamu.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

Jangan minder memiliki rambut yang tipis. Tidak ada salahnya memiliki rambut tipis, asal kamu mengerti perawatan yang tepat untuk merawat rambut kamu. Jika kamu memiliki keluhan seputar masalah kesehatan rambut dan kulit kepala, sebaiknya kamu tanya pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!