18 May 2018

Tips untuk Membuat Rambut Lebih Tebal

Tips untuk Membuat Rambut Lebih Tebal

Halodoc, Jakarta - Rambut tebal adalah rambut idaman setiap wanita. Setidaknya itulah sugesti yang disampaikan oleh berbagai iklan produk rambut. Pada kenyataannya, rambut yang indah dan menjadi idaman setiap orang, baik pria ataupun wanita, adalah rambut yang sehat.

Rambut sehat adalah rambut yang bebas dari gatal, ketombe, rambut bercabang, dan kerontokan, terlepas dari bentuk, warna, tekstur, dan ketebalannya. Sayangnya, tak sedikit orang yang mengalami kerontokan rambut dan masalah ini jadi lebih merepotkan bagi orang yang sejak awal memiliki rambut jarang dan tipis. Pasalnya, kondisi ini bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

(Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui)

Rambut Tebal vs Rambut Lebat

Nah, sebetulnya ada cara untuk membuat rambut tebal. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui perbedaan antara rambut tebal dan rambut lebat. Sekilas, keduanya memang terdengar sama, tapi sebetulnya berbeda.

Tebal sebetulnya menggambarkan ukuran rambut per helai, bukan rambut secara keseluruhan. Sementara lebat adalah kondisi kerapatan rambut di kepala. Jika rambutmu terlihat lebat secara keseluruhan, belum tentu ukuran helai rambutmu juga tebal. Karena bisa jadi, sebetulnya helai rambutmu tipis, tapi jumlahnya banyak alias lebat.

Sayangnya, kalau rambutmu termasuk tipe di atas dan mengalami kerontokan parah, rambutmu lebih rentan terlihat tipis. Berbeda dengan orang yang memiliki rambut tebal sekaligus lebat. Jika rontok, rambutnya masih bisa terlihat lebat. Namun kamu tak perlu khawatir, karena banyak cara untuk mengatasi rontok dan membuat rambut tebal.

Tips Agar Rambut Terlihat Lebih Tebal

Ketebalan dan tekstur rambut adalah sesuatu yang khas bagi setiap orang dan ini tak bisa diubah. Meski begitu, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu rambutmu seolah terlihat lebih tebal dan mengurangi kerontokan. Kuncinya adalah dengan memberi nutrisi rambut dari luar, sekaligus dari dalam.

Nutrisi Eksternal untuk Rambut

Nutrisi eksternal terbaik yang mampu membuat rambutmu terlihat lebih tebal berasal dari bahan alami. Efeknya memang tak bisa instan seperti obat ataupun produk rambut berbahan kimia. Namun, produk alami jauh lebih baik untuk jangka panjang untuk rambutmu. Ini karena penggunaan bahan kimia keras dengan frekuensi tinggi dan jangka waktu lama justru bisa memperparah kerontokan rambutmu.

(Baca juga: Rambut Rontok? Atasi dengan Beberapa Solusi Jitu Berikut)

Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker agar rambut terlihat lebih tebal antara lain:

  • Telur. Kandungan protein yang tinggi pada telur adalah nutrisi paling esensial untuk mempertebal rambutmu. Kamu bisa kocok kuning dan putih telur, ataupun hanya menggunakan putih telurnya saja. Jika terganggu dengan bau amisnya, campur telur dengan perasan lemon.
  • Minyak zaitun juga membawa nutrisi yang sehat untuk rambut karena kandungan omega-3 di dalamnya. Kamu bisa langsung aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepalamu, pijat beberapa menit, lalu diamkan selama 15-30 menit.
  • Lidah buaya mampu mempertebal rambut. Terbukti dengan banyaknya produk perawatan rambut yang memiliki kandungan lidah buaya. Kamu bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya langsung ke kulit kepalamu.
  • Alpukat. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk menambah kelembapan alami rambut, sehingga bisa mencegah kerontokan.

Nutrisi Internal untuk Kesehatan Rambut

Selain perawatan dari luar, rambut kamu juga butuh “amunisi” dari dalam lewat makanan. Mengonsumsi makanan-makanan ini sekaligus melakukan perawatan secara rutin dapat meningkatkan kesan rambut tebal dengan lebih signifikan.

  • Ikan salmon, memiliki kandungan protein dan asam lemak tinggi yang baik untuk rambutmu.
  • Telur, selain dijadikan masker, telur sebagai makanan juga memiliki efek yang sama baiknya untuk rambut kamu.
  • Kacang almond juga kaya asam lemak, komplemen yang tepat bagi perawatan rambutmu.
  • Greek yoghurt. Berbeda dengan yoghurt biasa, Greek yoghurt memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dan memiliki protein yang lebih tinggi. Karena itu, yoghurt bisa menjadi nutrisi yang pas untuk rambut.

Imbangi dengan Perawatan yang Tepat

Selain nutrisi eksternal dan internal, kamu juga perlu lebih memperhatikan cara perawatan rambut. Karena bisa jadi, nutrisi rambutmu sudah cukup, tapi rambutmu masih rontok karena salah perawatan. Stres dan keramas setiap hari adalah dua faktor yang memengaruhi kesehatan rambutmu.

(Baca juga: Mau Punya Rambut Tebal? Coba 5 Tips Ini)

Kalau kamu masih penasaran dengan tips rambut tebal dan perawatan lainnya, kamu bisa menanyakannya langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Selain tanya dokter, kamu juga bisa melakukan cek lab dan membeli obat tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!