• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

“Setelah membersihkan wajah, selalu gunakan pelembap yang tepat segera untuk merehidrasi kulit. Secara rutin membersihkan wajah dapat mencegah munculnya jerawat. Kulit menjadi lebih bersih, bebas minyak, dan pori-pori wajah pun tidak tersumbat oleh kotoran dan debu yang menempel usai beraktivitas.”

Halodoc, Jakarta – Untuk kamu yang memiliki wajah berjerawat, perawatan wajah dengan produk yang tepat adalah hal yang cukup penting. Perawatan wajah ini dimaksudkan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menampung bakteri. Membersihkan wajah juga perlu dilakukan pagi maupun malam hari, untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersih.

Ingat, dengan membersihkan dan merawat wajah dengan benar akan memungkinkan kulit untuk melakukan regenerasi secara alami dan meminimalkan risiko pembentukan jerawat baru. Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki masalah jerawat, berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan!

Baca juga: Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

  1. Mencuci Wajah di Pagi Hari

Saat tidur, sebum dan sel-sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit. Mereka sangat berpotensi untuk menyumbat pori-pori, sehingga menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pembentukan jerawat. Itulah mengapa langkah pertama dalam perawatan jerawat adalah mencuci wajah dengan lembut di pagi hari.

Pembersih wajah dengan kandungan asam salisilat sangat tepat untuk kulit rentan berjerawat. Kamu bisa menggunakan Effaclar Micro Peeling Purifying Gel dari La Roche Posay yang mengandung Salicylic acid untuk membersihkan pori tersumbat, LHA micro exfoliating yang lembut dan tidak mengiritasi kulit serta zinc yang membersihkan dan mengurangi sebum berlebih.

  1. Mencuci Wajah sebelum Tidur

Tak hanya di pagi hari saja, mencuci wajah sebelum tidur juga sama pentingnya, lho. Kalau kamu enggak membersihkan wajah dari minyak berlebih, riasan, dan kotoran lainnya, maka pori-pori wajah bisa tersumbat. Pori-pori yang tersumbat ini mendorong pertumbuhan jerawat.

Nah, tentu saja hal ini akan menghambat regenerasi sel-sel kulit baru. Akibatnya, tanda-tanda penuaan kulit pun akan lebih cepat muncul. Jadi, pilihkan produk perawatan wajah yang sesuai untuk membantu proses regenerasi dan membuat wajah menjadi lebih bersih serta sehat.

Baca juga: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

  1. Cara Membersihkan Wajah yang Tepat

Rutin membersihkan wajah di pagi dan malam hari akan mengurangi risiko munculnya jerawat. Membersihkan wajah di pagi hari dapat menghilangkan sebum dan sel-sel kulit mati, sedangkan pada malam hari untuk menghilangkan kotoran karena penggunaan makeup dan polusi.

Untuk membersihkan wajah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan micellar water. Gunakan kapas untuk menghapus kotoran di wajah, setelah itu gunakan sabun pencuci wajah yang diformulasikan khusus kulit berminyak. Saat mencuSetelah membersihkan wajah, selalu gunakan pelembap yang tepat segera untuk merehidrasi kulit.ci wajah, jangan lupa menyapukan lembut ke kulit wajah pada zona-T, sekitar hidung, dan dagu selama sekitar 20-30 detik. Kemudian bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk wajah dengan lembut.

Setelah membersihkan wajah, selalu gunakan pelembap yang tepat segera untuk merehidrasi kulit. Jika kamu menggunakan krim untuk mengatasi gejala yang berhubungan dengan jerawat, oleskan krim tersebut setelah mencuci wajah dan pelembap, sehingga dapat bekerja dengan proses regenerasi alami kulit dan memberikan manfaat maksimal.

Baca juga: Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

Cara Memilih Pelembap yang Tepat untuk Kulit Rentan Berjerawat

Pemilik wajah berjerawat dengan kulit berminyak harus memilih pelembap berbasis air untuk menghindari kondisi yang semakin parah. Namun, jika jenis kulit kamu normal atau kombinasi, pelembap berbahan dasar minyak boleh-boleh saja.

Jika kamu memiliki kulit yang rentan jerawat, carilah pelembap dengan konsentrasi asam salisilat dan LHA yang sesuai. Sifat pengelupasan yang lembut dari bahan aktif ini akan membantu menjaga kulit tetap bersih.

Kamu juga bisa memilih retinol yang merupakan bahan aktif lain yang cocok untuk mengatasi jerawat. Retinol akan bekerja secara keratolitik, yakni mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan pori-pori. Dengan begini, pergantian sel akan mengalami peningkatan, yang membantu memerangi gejala jerawat.

Baca juga: Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

la-roche-halodoc

Rangkaian Produk Pembersih Wajah untuk Kulit Berjerawat yang Disarankan

La Roche-Posay Laboratories telah mengembangkan serangkaian produk khusus yang dirancang untuk membantu meringankan dan mencegah timbulnya jerawat.

Hapus make-up, kotoran, dan polutan dengan kapas bersih yang direndam dalam EFFACLAR Micellar Water. Pembersih lembut ini diperkaya dengan antioksidan La Roche-Posay Thermal Spring Water yang akan mengangkat kotoran dan sebum dari permukaan kulit tanpa mengganggu keseimbangan halusnya.

Di telapak tangan, oleskan sedikit Effaclar H Derma-Soothing Hydrating Cleansing Cream dengan air hingga berbusa. Pijat busa ke wajah dengan memberikan perhatian khusus pada area yang bermasalah. Produk ini dapat menghilangkan minyak berlebih dan pastinya akan membuat pori-pori jadi sangat bersih. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk wajah bersih.

Segera setelah kamu mengeringkan wajah, oleskan EFFACLAR Duo (+). Produk luar biasa ini mengandung beberapa bahan aktif untuk memberikan hidrasi lengkap, mengurangi sekresi sebum, membantu mengontrol proliferasi bakteri, mengurangi kemerahan, tanda, dan ketidaksempurnaan, serta merangsang regenerasi kulit.

Baca juga: Pentingnya Tidur yang Berkualitas untuk Kesehatan Kulit

Semua produk dari La Roche Posay ini bisa kamu dapatkan di Halodoc. Apalagi dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu lagi keluar rumah untuk membelinya dan produk akan dikirimkan langsung ke tempatmu kurang dari satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Untuk kamu yang memiliki masalah terkait jerawat, segera gunakan rangkaian produk dari La Roche Posay.

halodoc-beli-obat
Referensi:
Centre Thermal de La Roche-Posay. Diakses pada 2021. How to Prevent Acne and Get Rid of Acne with a Regular Cleansing Regime.
Healthline. Diakses pada 2021. How Does Retinol Work? Facts, Side Effects, and More.
Healthline. Diakses pada 2021. Salicylic Acid for Acne: Benefits, Dosages, and Side Effects.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Cleansing Tips for Acne Prone Skin.