Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Juni 2021

"Tanpa disadari ada beberapa penyebab jerawat yang muncul di wajah. Mulai dari stres, polusi, hingga sinar matahari. Ketahui cara tepat mengatasi jerawat dengan cara tepat. Hindari penyebab dan gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu untuk mencegah jerawat datang."

Awas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang DisadariAwas, Ini 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi masalah kulit yang bisa dihadapi oleh segala usia dan tak peduli apapun gendernya. Nah, tahukah kamu jika para ahli sepakat bahwa penyebab jerawat yang paling utama berkaitan dengan hormon? Inilah sebabnya jerawat bisa terjadi pada masa-masa “perubahan” seperti pubertas, sindrom pra menstruasi, dan kehamilan.

Namun, selain disebabkan oleh hormon ada beberapa penyebab munculnya jerawat yang jarang disadari, lho. Stres, paparan sinar matahari (radiasi UV), dan polusi bisa memengaruhi munculnya jerawat. Yuk, cek penjelasan tentang tiga penyebab jerawat yang jarang disadari berikut!

Baca juga: Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat

1. Stres sebagai Penyebab Jerawat

Kamu mungkin enggak menyadari bahwa rutinitas yang padat akibat beban pekerjaan bisa membuat pikiran menjadi stres. Nah, dampaknya juga bisa dirasakan kulit, yang ditandai dengan kemunculan jerawat di wajah.

Belum ada penelitian yang menjelaskan secara pasti hubungan antara jerawat dan stres. Namun, diperkirakan hormon stres yang meningkat dapat memicu kelenjar sebaceous memproduksi minyak berlebih, sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: Cara Tepat Mengembalikan Kelembapan Kulit Kering

2. Paparan Sinar Matahari sebagai Penyebab Jerawat

Sinar UV juga merupakan salah satu penyebab jerawat yang jarang diketahui. Efek paparan paparan sinar UV menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan mencegah sebum keluar, sehingga menyebabkan jerawat tumbuh di wajah.

Selain jerawat, sinar matahari juga dapat menyebabkan munculnya bintik kecokelatan pada wajah atau lebih dikenal dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Kulit yang meradang menghasilkan pigmen melanin cokelat sebagai respons terhadap paparan sinar UV.

Oleh karena itu, sangat penting melindungi kulit dari paparan sinar UV saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa menggunakan tabir surya yang ampuh menangkal paparan sinar UVA dan UVB. Pilih tekstur yang cair, bebas minyak, dan non-komedogenik, ya. Kamu bisa memilih tabir surya Anthelios Fluid SPF 50+ PA++++ dari La Roche Posay yang menggabungkan bahan-bahan penangkal sinar matahari dengan sun filter super ringan dan non-komedogenik.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

3. Polusi sebagai Penyebab Jerawat

Belum banyak yang menyadari bahwa salah satu penyebab jerawat muncul adalah paparan polusi pada kulit wajah. Nah, melalui lebih dari 15 tahun penelitian, La Roche Posay telah menemukan bahwa polusi atmosfer punya peranan terhadap munculnya jerawat, terutama pada orang dewasa.

Partikel debu kecil yang dikenal dengan nama PM 2.5 dapat merusak kulit hingga pori-pori yang terkecil sekalipun. Kandungan polutan yang menempel di kulit ini dapat mengubah komposisi sebum hingga menyebabkan kulit kekurangan antioksidan alami, yaitu vitamin C dan E. Maka dari itu, tak heran jika akhirnya muncul masalah jerawat, minyak berlebih, pori-pori tersumbat, komedo, tekstur kulit tidak merata, dan kulit kusam.

Nah, Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit kamu agar terbebas dari jerawat adalah dengan memilih pembersih wajah yang tepat. Kamu bisa menggunakan Effaclar Purifying Foaming Gel yang mampu membersihkan kulit dari minyak berlebih dan komedo tanpa membuat kulit jadi kering.

Baca juga: Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

la roche posay-halodoc

Ingin tahu produk perawatan harian apa yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari polusi? Yuk, cek produk lainnya dari La Roche Posay yang cocok untuk mencegah jerawat.

Kini kamu juga bisa mendapatkan berbagai produk perawatan wajah antijerawat dari La Roche Posay di Halodoc.

Dengan memanfaatkan layanan antar, kamu bisa pesan produk tanpa harus keluar rumah dan produk akan dikirimkan kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi, lindungi wajah dari jerawat dengan menggunakan La Roche Posay, ya!

Referensi:
Acta Dermato-Venereologica. Diakses pada 2021. Study of Psychological Stress, Sebum Production and Acne Vulgaris in Adolescents.
Centre Thermal de La Roche-Posay. Diakses pada 2021. 3 Surprising Causes of Acne.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan