• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Retinol untuk Kecantikan Kulit, Ini Buktinya

Manfaat Retinol untuk Kecantikan Kulit, Ini Buktinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit wanita yang benar-benar memperhatikan penampilannya dengan selalu menjaga kecantikan wajah. Banyak pilihan perawatan wajah yang dapat diaplikasikan agar mendapatkan hal tersebut. Salah satu produk kecantikan yang kerap digunakan oleh banyak wanita adalah retinol. Produk ini disebut-sebut ampuh mencegah terjadinya penuaan.

Namun, diketahui juga apabila retinol dapat memberi manfaat terhadap kecantikan kulit. Retinol pada dasarnya adalah nama lain dari vitamin A, yang memang sangat aktif untuk mengatasi bermacam-macam masalah pada kulit. Ada banyak manfaat yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan retinol secara rutin. Berikut beberapa manfaatnya!

Baca juga: Samarkan Tanda Penuaan, Ini Beda Retinol dan Retinoid

Kecantikan Kulit Sebagai Manfaat dari Retinol

Retinol adalah turunan sintetik yang didapatkan dari vitamin A, sekelompok vitamin yang dapat larut dalam lemak. Kandungan ini umumnya terdapat pada wortel, telur, dan kentang manis. Sekarang ini terdapat bermacam retinol yang dapat digunakan, seperti tretinoin, tazarotene, bexarotene, dan adapalene. Produk tersebut dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Saat retinol diaplikasikan secara topikal, kandungan yang ada akan diubah menjadi asam retinoat oleh enzim yang terdapat di kulit. Asam retinoat juga dapat dioleskan, tetapi jauh lebih keras sifatnya dibandingkan krim atau serum dari retinol. Hal tersebut karena asam retinoat tidak dapat diubah secara alami dalam waktu yang lama.

Retinol dapat bekerja untuk perawatan kulit dengan cara membantu tubuh mempercepat pembaruan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga, tubuh kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal terkait kecantikan pada wajah dan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan retinol secara rutin yang dapat dirasakan:

  1. Melawan Hiperpigmentasi

Salah satu manfaat dari penggunaan retinol secara rutin pada kecantikan kulit adalah dapat melawan hiperpigmentasi. Produk ini membuat kulit lebih bersinar dan menghilangkan bintik-bintik gelap yang ada sebelumnya. Namun, kamu harus memilih antara penggunaan retinol atau vitamin C yang dapat bentrok dan manfaatnya menjadi hilang. Selain itu, cobalah untuk menggunakan produk yang kurang kuat di awalnya agar kulit dapat menyesuaikan.

Baca juga: Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat pada wajahmu juga dapat menghilang dengan penggunaan retinol secara rutin. Produk ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat pori-pori menjadi lebih kecil. Selain mengatasi jerawat, sumber vitamin A ini juga dapat meringankan bekas jerawat pada wajah.

Jika kamu mempunyai pertanyaan lainnya terkait manfaat dari penggunaan retinol pada tubuh dan dampaknya, dokter dari Halodoc dapat menjawab semua keingintahuanmu. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Mengatasi Rosacea

Rosacea adalah salah satu gangguan yang terjadi pada wajah dan kondisi ini ditandai dengan kulit yang memerah. Ternyata, penggunaan retinol secara rutin mampu mengatasi gangguan ini. Namun, sebelum mengaplikasikannya, alangkah lebih baik jika meminta saran dari ahli perawatan kulit untuk memastikan jika kulitmu cocok. Selain itu, gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan produk ini agar dapat mengurangi dampak yang mungkin terjadi.

  1. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat dari retinol yang paling banyak diketahui orang banyak adalah mencegah tanda-tanda penuaan. Produk ini telah terbukti bermanfaat untuk memperlambat dan membalikkan tanda-tanda penuaan. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membuat wajah menjadi lebih cantik dan awet muda.

Baca juga: Ini Tips Perawatan Kecantikan untuk Kulit Cerah

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari penggunaan retinol terhadap kecantikan wajah dan kulit. Dengan menerapkan produk tersebut secara rutin, diharapkan hasil yang diinginkan akan tercapai. Sehingga, pancaran sinar dari kecantikanmu akan lebih terlihat oleh orang lain, terutama pasangan.

Referensi:
Skincare by Alana. Diakses pada 2020. What Should You Be Using In Your Skin Care Routine?
Today. Diakses pada 2020. What is retinol? Here are the benefits, uses and side effects you need to know.