• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Saat Hamil, Inilah Perubahan yang Terjadi pada Miss V

Saat Hamil, Inilah Perubahan yang Terjadi pada Miss V

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan oleh banyak pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan menjalani kehamilan tentu menambah kebahagiaan dari pasangan tersebut. Tidak hanya hal-hal yang menyenangkan, wanita yang menjalani kehamilan juga mengalami perubahan pada dirinya. 

Baca juga: 6 Perubahan Fisik Saat Hamil yang Bikin Wanita Jadi Tidak Pede

Selama menjalani masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Mulai dari perubahan berat badan, suasana hati, payudara hingga Miss V atau vagina. Banyak ibu yang tidak menyadari perubahan yang terjadi pada vagina ketika menjalani kehamilan. Perubahan yang terjadi umumnya akan terasa saat kehamilan berada pada trimester kedua dan ketiga.

Ibu, Ini Perubahan yang Terjadi pada Vagina saat Hamil

Pada awal masa kehamilan, perubahan suasana hati dan perubahan nafsu makan nyatanya menjadi beberapa hal yang cukup terasa. Hal ini disebabkan oleh morning sickness yang umum dialami oleh wanita hamil di trimester pertama. Namun nyatanya tidak ada perubahan emosional saja, ada perubahan fisik yang mulai terjadi pada ibu hamil. 

Perubahan payudara dan vagina sudah terjadi saat ibu menjalani trimester pertama kehamilan mereka. Kondisi ini nyatanya terjadi akibat adanya perubahan hormon yang cukup besar pada tubuh wanita. Yuk, ketahui perubahan apa saja yang terjadi pada vagina ketika wanita menjalani masa kehamilan.

1. Muncul Varises pada Vagina

Ketika menjalani kehamilan, aliran darah terjadi lebih deras menuju vagina. Hal ini yang sebabkan vena varises terlihat pada vagina ketika wanita menjalani kehamilan. Kondisi ini dikenal dengan vulvar varicosities. Dilansir dari Medical News Today, gejala yang dialami oleh wanita hamil dengan vulvar varicosities, seperti merasakan area vagina tertekan, terjadi pembengkakan pada area vagina, dan rasa nyeri setelah lama berdiri, melakukan hubungan intim, dan aktivitas fisik lainnya.

Baca juga: Tahapan Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil

2. Perubahan Warna Vagina

Dilansir dari Parents, umumnya vagina memiliki warna merah muda. Namun, wanita hamil akan mengalami perubahan warna pada vagina. Vagina ibu hamil menjadi sedikit kebiruan karena adanya peningkatan aliran darah menuju vagina. 

3. Vagina Terasa Gatal

Jika ibu tengah menjalani masa kehamilan, sebaiknya jangan panik ketika alami gatal pada area vagina. Perubahan hormon yang terjadi sebabkan perubahan pada vagina menjadi gatal ketika wanita menjalani masa kehamilan.

Dilansir New Kids Center, gatal pada vagina yang dialami oleh wanita hamil bisa disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan pada area organ intim. Perhatikan jika gatal pada vagina disertai dengan gejala lain, seperti nyeri pada vagina dan sakit ketika buang air kecil. Tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan ibu. Kini ibu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

4. Pertumbuhan Rambut Organ Intim yang Lebih Cepat

Peningkatan kadar estrogen dalam tubuh dapat mempercepat pertumbuhan rambut yang tumbuh di sekitar organ intim wanita hamil. Sebaiknya, rajin menjaga kebersihan area organ intim agar ibu dan janin terhindar dari gangguan kesehatan.

Baca juga: Banyak Perubahan Psikologis, Ini Sifat Bumil yang Mesti Diketahui Suami

Itulah beberapa perubahan yang terjadi pada area vagina ketika ibu menjalani masa kehamilan. Tidak ada salahnya untuk selalu penuhi kebutuhan air putih agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Selain itu, jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, karena nyatanya dehidrasi dapat mengakibatkan iritasi pada organ intim.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Vulvar Varicosities
Parents. Diakses pada 2020. 7 Crazy Things That Happen to Your Vagina During Pregnancy
Ava Women. Diakses pada 2020. What Happens to Your Vagina During Pregnancy