Sakit Gigi Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Sakit Gigi Bisa Jadi Tanda 4 Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi adalah penyakit yang dapat membuat perasaan tidak nyaman. Bahkan, sakit gigi yang cukup parah dapat sebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari. Sakit gigi merupakan kondisi nyeri yang terjadi pada gigi bagian dalam maupun luar.

Baca juga: Sakit Gigi Bisa Picu Infeksi Otak, Benarkah?

Cara mengatasi sakit gigi adalah mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Ada banyak penyebab sakit gigi, biasanya terjadi karena gangguan kesehatan sekitar mulut dan gigi. Sakit gigi ternyata juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada bagian tubuh kamu yang lain. Ini ulasan selengkapnya.

Penyakit yang Ditandai dengan Sakit Gigi

Umumnya, seseorang dapat mengalami kondisi sakit gigi karena adanya kerusakan pada gigi maupun gusi. Kurang menjaga kebersihan gigi atau malas menyikat gigi dapat menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini dikarenakan sisa makanan atau minuman yang menempel pada gigi dapat berubah menjadi plak karena adanya aktivitas bakteri dalam mulut dan gigi. 

Plak menjadi pemicu kerusakan gigi dan menyebabkan kamu mengalami sakit gigi. Selain adanya bakteri yang sebabkan kerusakan gigi, sakit gigi dapat menjadi tanda dari beberapa penyakit, seperti:

1. Gingivitis

Dilansir dari Verywell Health, sakit gigi dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami penyakit gingivitis. Gingivitis adalah kondisi peradangan gusi yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri yang menyebabkan gusi membengkak dan memerah. Kebersihan mulut yang buruk menjadi salah satu penyebab kamu mengalami gingivitis. Selain sakit gigi, ada gejala lain yang sebaiknya diketahui, seperti perubahan warna pada gusi, bau mulut, dan nyeri pada gusi yang menyebabkan kesulitan membuka mulut serta makan.

Baca juga: 6 Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui

2. Gigi Sensitif

Sakit gigi dapat dialami jika kamu memiliki gigi sensitif. Memiliki gigi yang sensitif akan terasa kurang nyaman ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas. Gigi yang sensitif umumnya terjadi akibat munculnya dentin ke permukaan. Ada berbagai penyebab yang membuat dentin ke permukaan, seperti gigi yang berlubang, gigi yang mengalami keretakan, dan kebiasaan menggosok gigi yang salah sehingga menyebabkan bagian yang melapisi dentin menghilang.

3. Sinusitis

Sakit gigi dapat menjadi pertanda kamu mengalami sinusitis. Dilansir dari Healthline, kondisi ini disebabkan karena posisi akar gigi bagian atas yang cukup dekat dengan sinus. Sehingga, bakteri penyebab sinusitis dapat menuju akar gigi bagian atas yang menyebabkan kamu alami sakit gigi. Perhatikan gejala lain dari penyakit sinusitis, seperti area pipi yang terasa nyeri, hidung mampet, munculnya ingus berwarna hijau, sakit kepala, demam, dan bau mulut.

4. Abses Gigi

Abses gigi merupakan terbentuknya kantung atau benjolan yang berisi nanah pada gigi. Abses gigi disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Sakit gigi yang disebabkan karena abses gigi dapat menyebar ke area leher, rahang, maupun telinga. Tidak hanya itu, abses gigi akan disertai pembengkakan gusi, bau mulut, gigi yang berubah warna, dan rasa sakit ketika mengunyah serta menelan.

Baca juga: 4 Tips Atasi Nyeri Saat Gigi Bungsu Tumbuh

Itulah beberapa penyakit yang memiliki gejala sakit gigi. Tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika sakit gigi yang dialami tidak kunjung mereda. Penanganan yang tepat membuat kesehatan selalu terjaga dengan baik. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Segala kemudahan pelayanan kesehatan bisa kamu dapatkan melalui smartphone.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Causes of Tooth Pain and Treatments Options
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Toothaches
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Dental Abscess