• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sakit Pinggang Belum Tentu Tanda Penyakit Ginjal

Sakit Pinggang Belum Tentu Tanda Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Sakit Pinggang Belum Tentu Tanda Penyakit Ginjal

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sedang mengalami sakit pinggang dan masalahnya semakin sering terjadi? Ada banyak gangguan yang dapat menyebabkan perasaan sakit pada pinggang dan salah satunya adalah penyakit ginjal. Tentu masalah ini perlu segera mendapatkan diagnosis agar penanganan dini dapat dilakukan guna mencegah komplikasi.

Namun, benarkah jika sakit pinggang yang terjadi sudah dipastikan disebabkan oleh gangguan pada ginjal? Jawabannya ada di bawah ini!

Beberapa Tanda Penyakit Ginjal Selain Sakit Pinggang

Ginjal adalah salah satu organ penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan terletak di dekat tulang belakang. Saat seseorang mengidap penyakit ginjal, salah satu gejala yang umum dirasakan adalah sakit pinggang. Beberapa masalah yang dapat menimbulkan gejala adalah infeksi saluran kencing yang akhirnya menyebar ke ginjal dan menimbulkan infeksi hingga batu ginjal.

Baca juga: Ginjal Juga Bisa Kena Kista, Ini Faktanya

Namun, benarkah seseorang yang mengalami sakit pinggang adalah tanda bahwa kamu terserang penyakit ginjal? Ternyata, belum tentu demikian. 

Sakit pinggang tidak selalu berarti kamu terserang gangguan ginjal. Masih banyak penyakit lain yang juga dapat menimbulkan gejala yang sama. Pada kasus penyakit ginjal, saat seseorang mengidap batu ginjal, kondisi medis ini dapat ditandai dengan sakit pada pinggang. Gangguan pada pinggang sebagai tanda penyakit ginjal biasanya tidak mereda, meski kamu mengubah posisi tubuh.

Selain batu ginjal, kebanyakan penyakit ginjal lain yang muncul bukan dengan gejala sakit pinggang, melainkan nyeri pada bagian otot tulang belakang. Sakit pinggang yang mengarah pada kondisi batu ginjal muncul pada bagian kanan dan kiri, tepat pada posisi ginjal. Maka dari itu, jika kamu mengalami sakit pinggang yang menyebar ke area di sekitarnya, ada baiknya melakukan pemeriksaan.

Kamu dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi Halodoc untuk pemeriksaan kesehatan pada ginjal. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat memesan pemeriksaan fisik di rumah sakit yang diinginkan dan jam sesuai dengan waktu luang. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Lalu, apa saja tanda penyakit ginjal saat menyerang?

Dengan mengenali tanda awal dari penyakit ginjal bisa memperbesar kesempatan kamu untuk sembuh dari masalah ini. Sayangnya, tidak jarang gejala yang muncul justru disalahartikan dengan penyakit lain, sehingga membuat masalah ginjal jadi terlambat ditangani dan berkembang menjadi lebih serius. 

Inilah mengapa, penting untuk mengetahui apa saja tanda awal penyakit ginjal. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa kamu kenali:

1. Frekuensi Buang Air Kecil Lebih Sering

Tanda penyakit ginjal pertama yang harus kamu ketahui adalah frekuensi buang air kecil menjadi lebih meningkat, terutama pada malam hari. Kondisi ini terjadi saat ginjal tidak mampu lagi menyaring dengan optimal, sehingga kamu akan lebih sering buang air kecil. Jika intensitas buang air kecil kamu meningkat, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Benarkah Penyakit Ginjal Polikistik Bisa Diturunkan?

2. Urine Mengeluarkan Darah atau Busa

Jika kamu menemukan busa atau darah pada urine yang dikeluarkan, hal ini mungkin saja menjadi tanda terjadinya penyakit ginjal. Busa yang muncul di dalam urine mengindikasikan bahwa tubuh sedang kelebihan protein. Bukan hanya itu, perhatikan pula warna urine ketika kamu berkemih. Jika urine mengandung darah, masalah ini mungkin saja menjadi gejala penyakit ginjal. 

3. Sering Terjadi Pembengkakan pada Area Sekitar Mata

Saat ginjal yang tak lagi mampu melakukan tugasnya dengan baik, protein albumin bisa saja bocor ke jaringan lainnya. Pembengkakan pada area sekitar mata bisa menjadi tanda terjadinya kebocoran protein. Masalah ini bisa muncul karena area tubuh yang berperan sebagai tempat penyimpanan protein mengalami kendor, salah satunya pada area mata. 

4. Pembengkakan pada Kaki dan Betis

Penyakit ginjal juga bisa memengaruhi alat gerak, dalam hal ini adalah kaki. Kondisi ini bisa kamu amati pada bagian betis dan kaki, yaitu terjadinya pembengkakan pada area tersebut. Hal ini disebabkan karena terjadi penumpukan sodium.

Baca juga: Hati-Hati, Anak-Anak Juga Bisa Kena Gagal Ginjal Akut

Itulah penjelasan jika sakit pinggang yang terjadi tidak selalu disebabkan oleh penyakit ginjal. Namun, jika masalahnya menyebar ke area di sekitarnya dan tidak kunjung membaik, kemungkinan besar memang benar ada masalah pada organ tersebut. Pastikan kamu melakukan pemeriksaan rutin pada tubuh untuk memastikan semua organ pada tubuh bekerja dengan normal.



Referensi: 
National Kidney Foundation. Diakses pada 2021. Signs You May Have Kidney Disease.
Better Health Channel. Diakses pada 2021. Kidney Failure.
Life Options. Diakses pada 2020. Kidney Disease Option.