18 October 2018

Salah Konsumsi Susu Protein Justru Bikin Perut Jadi Buncit

salah konsumsi susu protein justru bikin perut jadi buncit

Halodoc, Jakarta – Memiliki perut buncit terkadang membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Tidak hanya itu, nyatanya perut buncit juga bisa membawa beberapa dampak buruk untuk kesehatan kamu. Memiliki perut buncit bisa meningkatkan penyakit jantung hingga stroke. Selain itu, penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi juga perlu kamu waspadai jika memiliki perut buncit.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan perut buncit, di antaranya dengan mengatur pola makan sehat, berolahraga, memperbanyak minum air putih, dan mengonsumsi susu protein.

Susu Protein Membantu Membentuk Tubuh

Susu protein nyatanya dipercaya bisa membantu kamu untuk memiliki bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, susu protein dapat membantu mengecilkan perut buncit dengan cara mengurangi jumlah lemak dalam tubuh kamu, khususnya bagian perut.

Protein sendiri hanya akan membakar lemak yang ada dalam tubuh kamu, bukan otot. Bahkan, asam amino yang terkandung dalam protein dapat membuat massa otot kamu menjadi lebih kencang dan kuat.

Sebuah penelitian dari International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorder, menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi 25 persen protein dari total kebutuhan kalorinya per hari, akan mengalami penurunan 10 persen lemak perut selama 12 bulan.

Meski begitu, susu protein dapat membantu kamu menghilangkan lemak di bagian perut. Karena itu, mengonsumsi susu protein tidak boleh sembarangan. Saat kamu mengonsumsi susu protein sebaiknya harus diikuti dengan perilaku gaya hidup sehat, misalnya dengan rutin melakukan olahraga. Hal ini dikarenakan susu protein mengandung gula tambahan. Jika tidak diiringi dengan olahraga, maka dikhawatirkan kandungan gula tambahan akan meningkatkan risiko penyakit untuk tubuh kamu.

Jadi, jangan lupa untuk tetap rutin berolahraga saat kamu mengonsumsi susu protein untuk mewujudkan bentuk tubuh ideal.

Konsumsi Makanan Ini untuk Mencegah Perut Buncit

Selain mengonsumsi susu berprotein tinggi, kamu juga bisa beberapa jenis makanan dan minuman ini untuk mencegah perut menjadi buncit.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa catechin yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin maka bisa membantu tubuh untuk melepaskan sel-sel lemak yang terkandung dalam tubuh kamu. Menurut ahli nutrisi, Mehar Rajput, waktu yang ideal untuk mengonsumsi teh hijau adalah setelah sarapan dan setelah makan siang.

2. Dark Chocolate

Jenis cokelat yang dapat membantu kamu untuk mengurangi masalah perut buncit adalah dark chocolate. Kandungan kakao pada dark chocolate lebih banyak dibandingkan jenis cokelat lainnya. Kakao mengandung banyak senyawa bioaktif yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

3. Semangka

Buah semangka mengandung 91 persen air. Mengonsumsi buah semangka sebagai makanan pembuka nyatanya bisa membantu mengecilkan perut buncit kamu. Semangka merupakan salah satu buah yang baik untuk mengurangi lemak pada perut dan membuat kamu terhindar dari dehidrasi.

4. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond nyatanya dapat menekan rasa lapar yang kamu rasakan. Almond mengandung banyak magnesium yang dapat membantu kamu membentuk otot.

Susu protein dan makanan lainnya tidak akan bekerja dengan baik tanpa olahraga. Sebaiknya, lakukan olahraga secara rutin untuk membantu kamu mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan keinginan. Jika kamu memiliki masalah dalam berat badan, kamu bisa tanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: