21 February 2019

Sedang Alami Radang Tenggorokan? Hindari 5 Makanan Ini

sedang alami radang tenggorokan hindari 5 makanan ini

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami radang tenggorokan? Siapa saja yang pernah mengalami radang tenggorokan atau faringitis pasti tahu betapa mengganggunya penyakit tersebut. Selain membuat tenggorokan terasa gatal, faringitis juga membuat pengidapnya sulit makan karena terasa nyeri saat menelan. Sebenarnya radang tenggorokan bisa sembuh dengan cepat. Tapi, untuk mempercepat proses pemulihannya, ada beberapa makanan yang perlu kamu jauhi.

Faringitis adalah kondisi ketika terjadinya peradangan atau inflamasi pada faring, yaitu salah satu organ di dalam tenggorokan yang menjadi penghubung antara rongga belakang hidung dengan bagian belakang mulut. Penyakit ini paling sering disebabkan oleh virus, namun pada beberapa kasus, faringitis bisa juga disebabkan oleh bakteri dari kelompok A, yaitu streptococcus.

Baca juga: Awasi Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan

Sebenarnya tidak perlu penanganan khusus untuk menyembuhkan faringitis, melainkan kamu bisa mengobatinya secara mandiri di rumah. Selain banyak beristirahat, kamu juga dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa memperparah kondisi faringitis berikut:

1. Buah Asam dan Jus Jeruk

Meski banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi jeruk nipis saat radang tenggorokan, namun nyatanya buah tersebut bisa membuat radang tenggorokan yang kamu alami menjadi semakin buruk. Ini karena jeruk dan buah lainnya yang bersifat asam dapat mengiritasi dinding tenggorokan kamu yang lembut.

2. Makanan yang Keras dan Garing

Makanan yang bertekstur keras dan garing, seperti kerupuk, kacang, gorengan, ataupun roti kering bisa membuat radang tenggorokan kamu semakin tidak nyaman.

3. Minuman Beralkohol

Minuman dan juga obat kumur yang mengandung alkohol bisa menimbulkan sensasi menyengat di tenggorokan yang sedang meradang. Selain itu, minum-minuman beralkohol, seperti bir dan wine juga membuat tenggorokan kamu cepat kering. Karena itu, kamu dianjurkan untuk menghindari minuman tersebut.

4. Minuman dan Makanan yang Terlalu Panas atau Dingin

Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin bisa mengiritasi dinding tenggorokan. Karena itu, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan yang baru matang, namun tunggu dulu sampai agak dingin baru dimakan. Serta hindari minum es.

Baca juga: Minum Es Sebabkan Radang Tenggorokan, Benarkah?

5. Makanan Pedas

Selain makanan asam, makanan pedas juga bisa mengiritasi dinding tenggorokan. Jadi, selama radang tenggorokan, hindarilah mengonsumsi makanan yang panas dan pedas.

Selain dengan menghindari kelima jenis makanan di atas, kamu juga bisa mengatasi faringitis dengan melakukan perawatan berikut:

  • Minum obat pereda rasa nyeri yang bisa ditemukan di apotek-apotek, misalnya paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan sakit tenggorokan.

  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

  • Mengonsumsi kaldu hangat atau minuman dingin.

  • Berkumur dengan air garam yang hangat.

  • Makan permen pelega tenggorokan (throat lozenges) yang bisa meredakan nyeri tenggorokan.

Radang tenggorokan atau faringitis biasanya bisa sembuh dalam waktu 37 hari. Tapi, waspadalah bila gejala tidak membaik dalam waktu seminggu dan disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • Terjadi demam yang mencapai lebih dari 38 derajat Celsius selama beberapa hari dan tidak kunjung mereda meskipun sudah mengonsumsi obat.

  • Sakit tenggorokan tidak kunjung sembuh meski sudah minum obat.

  • Sulit menelan hingga tidak bisa makan atau minum.

  • Sulit bernapas melalui mulut.

  • Mengeluarkan suara yang mengganggu ketika bernapas (mengi).

  • Mengeluarkan air liur secara terus-menerus.

Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila mengalami gejala tersebut, karena mungkin saja gejala tersebut merupakan pertanda dari adanya kondisi lain yang lebih parah.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Untuk membeli obat-obatan buat meredakan radang tenggorokan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.