Sering Diabaikan Ini 6 Ciri Kanker Serviks di Stadium Awal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
ciri kanker serviks, cegah kanker serviks

Halodoc, Jakarta - Kanker serviks merupakan momok menyeramkan bagi semua wanita. Pasalnya, kanker serviks menjadi salah satu kanker penyebab kematian terbesar pada wanita. Penyakit yang satu ini memang sangat sulit dikenali saat awal kemunculannya. Namun, dengan mengetahui 6 ciri kanker serviks berikut, penyakit ini akan lebih mudah dideteksi sejak dini.

Baca juga: Ini Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

  • Pendarahan dengan Volume Darah yang Sangat Banyak

Pendarahan yang tidak normal merupakan gejala awal pada pengidap kanker serviks. Pendarahan ini dapat terjadi pada periode menstruasi atau pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Bahkan, pendarahan ini dapat terjadi saat berhubungan seksual.

  • Keputihan yang Sangat Banyak

Keputihan sudah menjadi hal yang wajar bagi wanita. Namun, jika keputihan keluar dengan sangat banyak, disertai dengan bau yang tidak sedap, hal ini bisa jadi pertanda dari kanker serviks.

  • Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil meningkat disertai dengan adanya rasa nyeri ketika buang air kecil? Hati-hati, karena keduanya merupakan ciri-ciri dari kanker serviks. Rasa nyeri yang dialami terjadi karena sel kanker tumbuh mengelilingi leher rahim, kemudian menyebar hingga ke kandung kemih.

Namun, jangan langsung melakukan self diagnose, ya! Pasalnya, gejala yang seperti ini juga terjadi pada pengidap infeksi saluran kemih. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung membuat janji di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Dokter akan mendeteksi secara pasti penyakit apa yang sedang kamu alami.

Baca juga: Penting untuk Wanita, Ini 4 Cara Mencegah Kanker Serviks

  • Merasa Mudah Lelah

Sering merasa lelah terjadi akibat pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga, lama-kelamaan tubuh akan mengalami anemia akibat kehilangan banyak darah. Ketika anemia muncul, tubuh akan kehilangan banyak sel darah merah yang akan membuatnya menjadi cepat lelah.

  • Kehilangan Selera Makan

Penurunan nafsu makan juga kerap dialami oleh pengidap kanker serviks stadium awal. Pasalnya, penyebaran sel kanker akan membuat tubuh sulit menerima asupan makanan. Jika penurunan nafsu makan terjadi tanpa disertai dengan penyebab yang mendasari, hal ini dapat menjadi gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai.

  • Adanya Kandungan Darah pada Urine

Jika kamu menemukan gejala yang satu ini, segera diskusikan dengan dokter, ya! Pasalnya, adanya kandungan darah pada urine menjadi salah satu gejala awal pada pengidap kanker serviks.

Jangan sampai salah mendiagnosis, ya! Pasalnya, gejala-gejala tersebut dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lain pada tubuh. Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, sebaiknya lakukan pap smear secara rutin bagi wanita yang sudah aktif berhubungan seksual. Sebaiknya pap smear dilakukan sebanyak 3–5 tahun sekali, sesuai anjuran dokter.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup bagi Pengidap Kanker Serviks

Ketika kanker serviks sudah masuk ke dalam stadium lanjut, gejala akan meliputi pembengkakan pada salah satu tungkai karena membengkaknya pembuluh darah panggul, adanya rasa sakit ketika berhubungan seksual, serta mengalami konstipasi, karena sel-sel kanker telah menyebar hingga ke usus besar. Untuk mencegah peningkatan stadium kanker, segera lakukan pemeriksaan sejak dini, ya.

Referensi:

MedicineNet. Diakses pada 2019. Cervical Cancer Symptoms, Signs, Causes, and Prognosis.

Cancer Research UK. Diakses pada 2019. Key Signs and Symptoms of Cancer.