Temulawak sebagai Obat Alami Atasi Penyakit Liver

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Temulawak sebagai Obat Alami Atasi Penyakit Liver

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa digunakan sebagai metode pengobatan. Salah satunya adalah penggunaan tanaman obat keluarga yang bisa dengan mudah didapatkan. Tanaman obat keluarga atau yang dikenal sebagai tanaman toga adalah jenis-jenis tanaman yang bisa kamu budidaya di rumah dan digunakan sebagai obat alami.

Baca juga: Selain Mengatasi Osteoarthritis, Ini 7 Manfaat Lain Temulawak

Salah satu tanaman yang bisa digunakan adalah temulawak. Banyak manfaat pengobatan yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi tanaman temulawak. Meskipun bentuknya hampir mirip dengan kunyit, temulawak berbeda dengan kunyit.

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa serta mineral. Namun, nyatanya kandungan pati pada temulawak lebih banyak dibandingkan kandungan yang lainnya. Kandungan pati ini yang memberikan warna putih kekuningan karena kandungan kurkuminoid.

Temulawak Dapat Mengatasi Penyakit Liver

Penyakit liver, yang dikenal dengan penyakit hati adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati. Penggunaan alkohol dan paparan virus menjadi salah satu penyebab terbesar dari penyakit liver.

Ada beberapa orang yang rentan berisiko mengalami penyakit liver, seperti orang yang memiliki kebiasaan konsumsi alkohol, terpapar darah atau cairan dari tubuh orang lain, memiliki penyakit diabetes dan obesitas.

Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah perubahan warna kulit yang menjadi kekuningan. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki serta kelelahan kronis menjadi gejala lain dari penyakit liver. Segera atasi kondisi ini dengan berbagai pengobatan yang bisa kamu lakukan, salah satunya penggunaan obat tradisional. 

Temulawak menjadi tanaman obat keluarga yang berfungsi sebagai obat untuk penyakit liver atau penyakit hati. Konsumsi temulawak dapat melindungi hati dari hepatotoksik. Kandungan hepatotoksik adalah bahan kimia yang dapat merusak fungsi hati. 

Jangan lupa untuk bertanya lebih lanjut mengenai manfaat dan penggunaan temulawak untuk kesehatan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, tinggal download di smartphone kamu, ya!

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Selain dapat menjadi obat alami untuk penyakit liver, masih banyak manfaat temulawak lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kamu. Ketahui manfaat temulawak untuk kesehatan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Temulawak merangsang tubuh untuk memproduksi cairan empedu pada kantong empedu. Kondisi ini membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Temulawak dapat mengurangi kondisi kembung pada pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. 

2. Mencegah Penyakit Kanker

Zat antioksidan yang terkandung dalam temulawak membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. 

3. Mampu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Temulawak memiliki kandungan felandren, yang membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Minyak atsiri dalam kandungan temulawak nyatanya dapat meningkatkan fungsi ginjal kamu. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi temulawak agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

5. Antibakteri dan Antijamur

Temulawak mengandung senyawa antibakteri dan antijamur. Antibakteri dalam temulawak cukup efektif untuk membasmi staphylococcus dan salmonella. Sedangkan antijamur dalam temulawak membantu tubuh untuk menghindari jamur jenis dermatofita.

6. Obat Diuretik

Diuretik adalah zat yang dapat membantu tubuh mengeluarkan garam dan air agar tidak terjadi penumpukan dalam tubuh. Temulawak memiliki manfaat diuretik untuk tubuh yang sayang jika kamu lewatkan.

Baca juga: Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Referensi:
Healthline (Diakses pada 2019).Benefits Turmeric and Curcumin
NCBI (Diakses pada 2019).Curcumin