• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta tentang Penyakit Liver

4 Fakta tentang Penyakit Liver

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat tentu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan liver. Penyakit liver atau dikenal juga dengan penyakit hati merupakan penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat merusak fungsi hati. Jika tidak segera ditangani, kerusakan hati dapat mengakibatkan luka pada jaringan yang menyebabkan gagal hati. Kondisi ini nyatanya cukup membahayakan dan dapat mengancam nyawa seseorang.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit liver atau penyakit hati ini. Beberapa di antaranya adalah pola hidup yang kurang sehat, virus yang dapat menginfeksi hati, kelainan sistem kekebalan tubuh, dan juga faktor genetika.

Untuk mengetahui penanganan yang lebih tepat, sebaiknya kamu mengetahui beberapa fakta mengenai penyakit liver ini.

1. Penyakit Liver dapat Menyebabkan Komplikasi Penyakit

Penyakit liver atau penyakit hati nyatanya dapat membuat komplikasi penyakit lainnya pada tubuh kamu. Ketika hati kamu mulai gagal berfungsi dengan baik, tentu organ lain akan terpengaruh. Jika penyakit ini tidak segera ditangani akan berbahaya bagi tubuh kamu.

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit komplikasi yang mungkin muncul dari penyakit hati atau liver. Bila fungsi hati tidak berfungsi dengan baik, ginjal akan bekerja lebih keras dan sulit mengelola penyaringan racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, kamu juga lebih rentan terkena infeksi. Khususnya infeksi saluran pernapasan dan saluran kencing.

2. Gaya Hidup yang Sehat akan Menjaga Kesehatan Liver

Seperti organ tubuh lainnya, kesehatan liver atau hati juga perlu kamu jaga dengan baik. Hindari kebiasaan buruk yang dapat membuat liver kamu menurun kualitasnya. Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi minuman keras agar kesehatan liver kamu tetap terjaga baik. Lakukan gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan juga mengonsumsi makanan sehat.

Profesor dari Emeritus of Internal Medicine di University of Chicago, Timothy T. Nostrant, MD, mengatakan bahwa makanan yang mengandung banyak nutrisi nyatanya sangat baik untuk kesehatan liver kamu. Hindari makanan yang memiliki banyak kandungan pengawet. Pengawet dapat menurunkan fungsi liver kamu.

3. Menjaga Berat Badan Bisa Menghindari Penyakit Liver

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit liver. Salah satu caranya adalah dengan menjaga berat badan kamu. Obesitas nyatanya bisa membuat kamu terkena penyakit liver atau penyakit hati. Tingginya kandungan lemak pada tubuh kamu akan membuat fungsi hati menjadi menurun. Tidak ada salahnya rutin mengontrol berat badan kamu.

4. Penyakit Liver Bisa Dicegah dengan Beberapa Obat Alami

Selain menjalani gaya hidup sehat, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa rempah alami yang bisa menghindari kamu dari penyakit liver. Beberapa di antaranya adalah temulawak dan pegagan. Temulawak adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki zat curcumin di dalamnya. Zat aktif curcumin berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan anti-hepatotoksik untuk menjaga kesehatan hati dari peradangan. Sedangkan pegagan adalah salah satu jenis tanaman obat yang bisa meningkatkan penguatan dan perbaikan sel hati karena memiliki zat asiatikoside di dalamnya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk tubuh kamu sehari-hari. Jika kamu memiliki keluhan seputar kesehatan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Dengan menggunakan fitur Contact Doctor kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat untuk mendapatkan jawaban langsung dari dokter ahli. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: