31 August 2018

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Manfaat temulawak

Halodoc, Jakarta - Kalau biasanya temulawak dijadikan sajian minuman, lain halnya untuk kecantikan. Ada khasiat temulawak yang sayang untuk diabaikan, pasalnya tanaman yang satu ini punya sejuta manfaat, lho.

Apa Itu Temulawak?

Temulawak adalah salah satu tanaman khas Indonesia yang sering digunakan untuk obat dan juga sebagai penambah stamina. Temulawak sering diminum karena temulawak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, temulawak juga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit dan juga wajah. Nah, berikut ini adalah khasiat temulawak untuk kecantikan wajah untuk para kaum Hawa:

Mengatasi Jerawat

Dengan padatnya aktivitas sehari-hari, maka wajah dan kulit akan mudah terpapar sinar matahari dan juga debu polusi udara. Bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah akan menyebabkan banyaknya bakteri yang muncul pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah. Mengatasi jerawat bagi sebagian orang tidak mudah dilakukan, tapi tidak perlu khawatir. Dengan mengonsumsi temulawak secara rutin serta menggunakan masker temulawak dapat mengatasi masalah jerawat yang  membandel di wajah kamu, lho!

Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah adalah idaman banyak orang, dengan memiliki warna kulit yang cerah dan bersinar akan menunjang penampilan dan juga menambah rasa percaya diri. Banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan untuk memutihkan kulit mulai dari perawatan alami hingga melakukan perawatan dokter. Bagi kamu yang enggak punya banyak waktu, kamu bisa melakukan perawatan dengan menggunakan masker temulawak. Pasalnya temulawak juga dapat meningkatkan warna cerah pada kulit wajah sehingga kulit wajah lebih cerah.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat temulawak untuk kulit wajah ialah mencegah penuaan dini. Tanda penuaan dini pada kulit wajah adalah keriput pada wajah dan juga kantung mata yang semakin terlihat. Untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah, kamu juga dapat menggunakan masker wajah yang dibuat dari bahan alami temulawak. Dengan menggunakan temulawak secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk kulit wajah yang selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit wajah. Dengan menggunakan masker temulawak secara rutin maka kita akan mendapatkan kulit yang halus dan tidak kasar. Kulit wajah yang halus dapat membuat diri kita terlihat lebih terawat dan juga akan membuat makeup yang kita gunakan sehari hari lebih sempurna.

Menjadi Antioksidan Alami

Temulawak memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Mengkonsumsi temulawak setiap hari akan membuat diri kita memiliki antioksidan alami yang kuat. Begitu juga halnya dengan kulit wajah, menggunakan masker wajah secara rutin akan membuat kulit wajah terhindar dari berbagai bahaya radikal bebas karena temulawak bertindak sebagai antioksidan yang alami bagi kulit wajah.

Mengencangkan Kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin tidak kencang. Inilah yang dikhawatirkan sebagian besar wanita bagi setiap wanita yang menginjak usia awal 30-an. Untuk menjaga kulit wajah tetap kencang secara alami, kamu bisa menggunakan temulawak. Ini karena temulawak dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit kembali sehingga menunda penuaan.

Mengatasi Noda Hitam

Memiliki noda hitam pada wajah biasanya membuat seseorang harus menggunakan makeup yang lebih tebal. Nah, untuk menghilangkan noda hitam, kamu bisa mengkonsumsi temulawak atau juga dapat menggunakan masker temulawak secara rutin seminggu sekali.

Menghilangkan Bekas Luka pada Wajah

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sering terlihat dan diperhatikan oleh orang lain. Oleh sebab itu memelihara kebersihan dan kecantikan kulit wajah adalah hal yang perlu diperhatikan. Namun, ada kalanya kulit memiliki masalah seperti mengalami bekas luka. Bekas luka bisa didapatkan akibat kecelakaan dan juga terbentur benda tajam. Untuk menghilangkan bekas luka, kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin. Maka, secara alami dan bertahap bekas luka pada wajah akan menghilang.

Membuat Kulit Wajah Awet Muda

Kebanyakan orang menginginkan kulit wajah yang tetap muda untuk meningkatkan rasa percaya diri. Minum temulawak secara rutin akan membantu untuk memiliki kulit wajah yang terus tetap muda. Kamu juga bisa mengolah temulawak menjadi masker untuk mempertahankan wajah agar terlihat awet muda.

Melembabkan Wajah

Memiliki wajah yang lembab dan tidak kering merupakan idaman bagi banyak wanita. Padatnya aktivitas sehari hari membuat kamu harus sering “berpapasan” dengan sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering. Kamu dapat menggunakan masker temulawak untuk melembabkan kulit wajah. Cara membuatnya ialah campurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Nah itulah manfaat temulawak untuk kecantikan. Kalau kamu punya keluhan seputar kecantikan dan kesehatan kulit. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play di smartphone kamu, ya.

 

Baca juga: