• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca?

Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Usia Berapa Anak Sebaiknya Mulai Belajar Membaca?

Halodoc, Jakarta - Sebagai orangtua, tentunya tumbuh kembang anak menjadi perhatian utama. Salah satu tahap tumbuh kembang yang akan dilalui oleh anak-anak adalah proses membaca. Kegiatan membaca yang akan dilakukan anak tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. 

Baca juga: Mana yang Lebih Dulu, Belajar Membaca atau Berhitung?

Lalu, kapan usia anak mulai bisa diajarkan membaca? Sebaiknya persiapkan anak untuk melalui tahap proses membaca. Umumnya, anak yang memasuki usia 6–7 tahun sudah mahir membaca. Sedangkan ibu bisa mengajarkan anak membaca, saat anak memasuki usia 4–5 tahun. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dalam artikel ini!

Ibu, Ketahui Usia Anak Mulai Bisa Membaca

Membaca merupakan salah satu tahap tumbuh kembang yang akan dilalui oleh anak. Bukan hanya untuk proses kehidupan yang akan dijalani oleh anak, membaca menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak membangun imajinasinya. Dengan membaca, anak bisa meningkatkan tingkat kreativitasnya

Lalu, usia berapa yang tepat untuk mengajarkan anak membaca? Melansir dari Kids Health, ada beberapa tahapan membaca yang akan dilalui oleh anak. Meskipun begitu, tahapan ini bukanlah patokan besar karena tiap anak akan memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

1.Pada Usia 1–3 Tahun

Pada usia ini, biasanya anak akan mengerti apa yang dibacakan oleh orangtuanya. Anak-anak akan mampu untuk menyebutkan gambar yang ada dalam buku. Anak juga akan mengenal dan mempunyai buku kesayangan yang lebih sering dibaca dibandingkan buku yang lain. 

Tidak ada salahnya ibu mendampingi anak dengan membacakan buku yang diinginkan anak secara jelas. Jangan lupa untuk mengenali gambar atau tulisan yang ibu bacakan untuk anak. Dengan begitu, anak akan lebih mengenal jenis huruf.

Baca juga: Ini 5 Trik Agar Anak Lebih Cepat Belajar Membaca

2.Usia 4–5 Tahun

Pada usia ini, anak sudah mengenal jenis huruf dan mulai bisa diajarkan untuk membaca. Anak akan mengembangkan kosakata yang ia miliki. Tidak hanya itu, anak juga bisa membaca tanda maupun simbol yang mereka lihat. Anak usia ini juga sudah mulai mengenal suku kata, sehingga lebih mudah untuk diajarkan membaca satu atau dua kata.

Memasuki usia 5 tahun, biasanya anak-anak sudah mulai paham cara membaca yang sesuai dengan artinya. Mereka juga mulai mampu untuk mengidentifikasi cerita dari bacaan yang mereka baca.

3.Usia 6–7 Tahun

Usia ini biasanya anak sudah memiliki buku kesayangan untuk dibaca. Biasanya, di usia ini mereka sudah mulai bisa membaca beberapa kalimat dengan jelas. Jika ada kata atau kalimat yang kurang mereka pahami, mereka akan bertanya atau memperhatikan gambar yang disediakan dalam buku. Mereka juga akan mengoreksi dirinya sendiri saat mendapati mereka salah membaca suatu kata. 

Itulah beberapa tahapan usia dimana ibu bisa mendampingi anak dalam memasuki proses membaca. Biasanya, memasuki usia 8 tahun hingga ke atas, anak sudah mulai mampu membaca bacaan lebih detail dan rapih. Pada usia ini, anak-anak juga akan lebih mengerti bacaan yang mereka baca. 

Bahkan, memasuki usia 9–13 tahun kemampuan membacanya sudah sangat baik. Kondisi ini membuat anak sudah bisa menentukan jenis bacaan yang ia sukai. Mulai dari komik, biografi, hingga novel. Sebaiknya dampingi anak dalam setiap proses membaca sehingga kemampuan anak dapat dilatih secara optimal.

Baca juga: Inilah Penyebab Anak Susah Membaca yang Perlu Orangtua Ketahui

Tentunya, kondisi ini juga perlu dibantu dengan kondisi kesehatan fisik dan mental yang baik. Selain memberikan berbagai jenis makanan sehat untuk memenuhi asupan nutrisi, ibu juga bisa memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. 

Tidak perlu repot, sekarang ibu bisa beli vitamin melalui Halodoc. Dengan aplikasi ini, tentunya membuat ibu lebih mudah mendapatkan vitamin atau suplemen yang dibutuhkan tanpa perlu mengantre di apotek. Tunggu apalagi? Yuk, download Halodoc sekarang melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2021. Reading Milestones.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. When Should Kids Learn to Read, Write, and Do Math?