5 Buah-buahan Pengganti Kurma

5 Buah-buahan Pengganti Kurma
DIET & NUTRISI 17 May 2018

Halodoc, Jakarta - Selama berpuasa, umat islam dianjurkan untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang manis. Kurma, buah khas Timur Tengah, dianjurkan sebagai makanan pembuka paling tepat ketika berbuka puasa. Oleh karena itu, kurma dijadikan makanan favorit bagi kebanyakan muslim untuk berbuka puasa.

Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah untuk meningkatkan asupan serat, mineral, dan vitamin, serta juga dapat menurunkan kolesterol. Bahkan, selain untuk berbuka puasa, kurma juga baik untuk disantap ketika sahur.

Meskipun kurma dianjurkan sebagai makanan pembuka puasa yang baik untuk kesehatan, mengonsumsi suatu makanan tertentu secara terus-menerus bisa membosankan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih buah-buahan lain yang manis dan baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Berikut adalah buah-buahan pengganti kurma yang bisa dijadikan menu pembuka puasa.

(Baca juga: 5 Khasiat Kurma Tak Sekedar Manis)

  1. Pisang

Seitelah berpuasa seharian, energi terkuras karena berbagai macam aktivitas. Untuk mengembalikan energi yang telah habis, sebaiknya berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan glikogen. Sebab, makanan dengan kadar glikogen tinggi dapat membantu memulihkan energi dengan lebih cepat. Salah satu buah-buahan yang mengandung kadar glikogen tinggi adalah pisang.

Pisang bisa menjadi salah satu pengganti kurma yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, pisang juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi pisang secukupnya ketika berbuka puasa. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar glikogen tinggi dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh mengalami lonjakan yang tinggi.

  1. Semangka

Semangka adalah buah lain yang cocok untuk dijadikan makanan pembuka puasa selain kurma. Rasanya yang segar dan manis dapat membuatmu kembali bertenaga setelah seharian beraktivitas selama berpuasa. Selain rasanya yang segar dan nikmat, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Tidak hanya mengandung air, semangka juga memiliki berbagai kandungan vitamin. Di antaranya adalah vitamin A, B1, B6, dan C. Semangka juga memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan dan baik untuk kesehatan tubuh.

(Baca juga: 5 Makanan yang Dihindari saat Puasa)

  1. Alpukat

Selain kaya akan serat, alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, K, D, dan E juga terkandung dalam buah satu ini, sehingga jika mengonsumsi buah ini dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan lebih baik. Berbuka puasa dengan alpukat dapat membuat perut lebih cepat, sehingga kamu bisa lebih mengontrol diri ketika menyantap makanan utama berbuka puasa. Buah ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai pengganti kurma ketika berbuka puasa.

  1. Blewah

Buah yang satu ini dikenal sebagai buah khas Ramadan. Buah yang bernama blewah ini sering digunakan sebagai makanan pembuka yang segar selama bulan Ramadan. Namun, siapa sangka kalau buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Di antaranya, buah ini mengandung kalium, vitamin A, B, dan C, serta serat. Selain itu, blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan tubuh. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

  1. Pepaya

Selain manis, pepaya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di dalam pepaya terkandung berbagai macam vitamin dan serat, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari berbagai macam kuman penyakit. Bonusnya, pepaya juga dapat mencegah kulit kusam. Oleh karena itu, buah satu ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pembuka pengganti kurma ketika berpuasa.

Selama berpuasa, kamu harus selalu menjaga kesehatan. Sehat lebih mudah dengan Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu dengan mudah bisa berkonsultasi dengan dokter melalui Chat,Voice Call, atau Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan kamu akan sampai dalam waktu satu jam. Bahkan, kamu juga bisa memesan lab service tanpa harus keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

(Baca juga: Minuman Penambah Tenaga Saat Berbuka)

 


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Selain di wajah, jerawat di area punggung juga bisa sangat mengganggu. Apalagi bagi kamu yang suka memakai bus...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Mengunggah foto anak memiliki dampak negatif, mulai dari bahaya dari luar, dampak psikis anak, hingga adu komp...

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Luka memar memang mengganggu penampilan kamu. Simak tips agar luka memar dapat hilang secara cepat!...

Selengkapnya