19 December 2018

Waspada 5 Penyakit Akibat Camilan Manis Saat Natal

Waspada 5 Penyakit Akibat Camilan Manis Saat Natal

Halodoc, Jakarta – Hari raya natal identik dengan camilan manis, mulai dari permen, cokelat, dan kue-kue manis. Di tengah ramainnya perayaan, tak jarang membuat siapa saja bisa tanpa sadar menyantap makanan manis secara berlebihan. Duh!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan makanan manis mengandung banyak gula. Nah, kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan. Agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat selama Hari Raya Natal, perlu tahu sejumlah dampak kesehatan yang bisa terjadi karena konsumsi makanan manis berlebih. Apa saja?

1. Obesitas

Kelebihan berat badan alias obesitas menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang akibat konsumsi makanan manis secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung fruktosa dapat menyebabkan peningkatan lemak di perut. Obesitas bisa terjadi karena faktor penumpukan lemak di area tubuh.

2. Diabetes

Mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi akibat meningkatnya kadar gula dalam darah, dan makanan manis bisa menjadi salah satu pemicunya.

Risiko diabetes menjadi lebih tinggi pada penikmat makanan manis yang memiliki riwayat keluarga terkait penyakit ini, misalnya ada anggota keluarga terdekat yang juga mengalami diabetes. Untuk menghindari serangan diabetes, pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi minuman bergula, seperti soda, es teh manis, hingga minuman penambah energi.

3. Hipertensi

Naiknya tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit hipertensi sering dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan asin. Ternyata, berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis juga bisa menjadi pemicu penyakit ini menyerang. Mengonsumsi lebih dari 74 gram gula dalam satu hari disebut bisa memicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

Penyakit hipertensi harus diwaspadai. Pasalnya, jika dibiarkan kondisi ini komplikasi yang bisa berbahaya, mulai dari penyakit jantung, gagal ginjal, hingga berujung kematian. Seseorang dikatakan mengidap hipertensi jika hasil pemeriksaan tekanan darah menunjukkan angka 140/90 mmHg atau lebih.

4. Kanker Pankreas

Kondisi ini bisa menjadi salah satu komplikasi dan penyakit jangka panjang yang muncul karena kebiasaan mengonsumsi makanan manis berlebih. Kanker pankreas bisa dipicu oleh obesitas dan diabetes yang merupakan penyakit langganan orang yang banyak mengonsumsi makanan manis.

5. Gagal Jantung

Sebuah studi dalam Journal of American Heart Association, menunjukkan bahwa konsumsi gula dalam jumlah berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula bisa memicu naiknya risiko gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah, sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang tepat. Penyakit ini bisa bertahan hingga seumur hidup, dan membuat pengidapnya harus mengonsumsi obat-obatan, peralatan penopang jantung, hingga operasi jika dibutuhkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dan menghindari gejala semakin buruk adalah menerapkan gaya hidup yang sehat, dan menjaga kesehatan organ tubuh terutama jantung.

Cari tahu lebih lanjut seputar risiko penyakit yang bisa menyerang karena berlebihan mengonsumsi camilan manis melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya kepada dokter hanya dengan satu aplikasi melalui fitur Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: