21 October 2018

4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

4 Jenis Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Pengidap diabetes melitus perlu berhati-hati dalam memilih makanan agar kadar gula darah tetap stabil. Mengonsumsi makanan manis sembarangan bisa menyebabkan kenaikan gula darah pada pengidap diabetes dan berdampak negatif pada kesehatan. Pengidap diabetes sebenarnya boleh mengonsumsi makanan manis asal tidak sembarangan dalam memilih.

Makanan Manis untuk Pengidap Diabetes

Berikut ini empat jenis makana manis yang bisa dikonsumsi pengidap diabetes:

1. Biskuit

Biskuit yang dimaksud adalah yang terbuat dari gandum karena membuat kenyang lebih lama dan mengandung serat alami. Kandungan nutrisi tersebut juga berfungsi untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih (overweight), obesitas, penyakit jantung dan penyumbatan pada saluran darah. Serat alami tersebut juga bisa ditemukan pada beras merah, bubur yang terbuat dari kacang-kacangan, oatmeal dan roti gandum sereal.

2. Buah-buahan

Pilih buah yang memiliki indeks glikemik rendah seperti anggur, apel, ceri, jeruk, kiwi, pir dan pisang. Kamu bisa mengonsumsi buah secara utuh atau diolah menjadi bentuk makanan lain seperti jus, salad atau smoothies. Pastikan untuk tidak menambah gula atau susu pada menu buah yang ingin dikonsumsi. Hindari pula konsumsi buah kalengan atau manisan karena banyak mengandung pemanis buatan.

3. Granola

Granola adalah makanan yang berisi buah-buahan kering, kacang-kacangan dan oat. Gandum dan kacang-kacangan yang terdapat pada granola memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga kamu bisa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

4. Xylitol

Makanan ini terasa manis seperti gula pasir, tetapi kandungan gulanya lebih rendah dari gula pasir. Karena tidak adanya kandungan fruktosa, xylitol tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Manfaat lain dari xylitol adalah menurunkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Pemanis lain yang bisa dikonsumsi pengidap diabetes adalah sukralosa.

Apa Saja Pantangan bagi Pengidap Diabetes?

Di antara berbagai nutrisi yang dikonsumsi, ada beberapa pantangan yang harus dihindari pengidap diabetes. Berikut ini di antaranya:

  • Karbohidrat yang berupa nasi putih, roti putih dan kentang goreng.
  • Sereal yang mengandung banyak gula dan sedikit serat.
  • Protein yang diolah dengan cara digoreng seperti daging yang digoreng, kulit unggas, ikan goreng dan tahu goreng.
  • Susu full cream, es krim, yogurt dan keju.
  • Minuman kemasan rasa buah, jus buah yang ditambah pemanis buatan dab buah kalengan.
  • Kafein seperti teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol serta minuman penambah stamina.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat berupa roti gandum dan nasi beras merah, serta protein yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan adalah yang langsung dikonsumsi secara utuh, atau diolah menjadi jus tanpa tambahan pemanis buatan. Kafein juga boleh saja dikonsumsi asalkan tidak ditambah pemanis buatan.

Itulah empat jenis makanan manis yang bisa dikonsumsi pengidap diabetes. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar diabetes, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Untuk bertanya dengan dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter atau pun psikolog kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: