08 August 2018

Alasan Makanan Manis Bikin Gigi Bolong

alasan gigi berlubang, makanan manis dapat membuat gigi berlubang, penyebab gigi berlubang,gigi berlubang

Halodoc, Jakarta – Seringkali kita mendengar bahwa makanan manis menjadi salah satu penyebab utama masalah gigi, khususnya masalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan satu masalah kesehatan gigi yang harus segera diatasi. Meskipun terlihat sepele, masalah gigi berlubang nyatanya bisa menjadi masalah yang permanen dan kerusakan kesehatan gigi yang lebih parah.

Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi Pada Gigi

Banyak faktor yang menyebabkan masalah gigi berlubang. Di antaranya adalah ertumbuhan bakteri, kebiasaan ngemil, menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat, jarang gosok gigi, serta kurang memperhatikan kebersihan mulut dan gigi. Tidak hanya itu, terkadang makanan manis juga dinilai menjadi penyebab terbesar gigi berlubang.

Alasan Makanan Manis Menjadi Penyebab Gigi Berlubang

Gula masuk ke dalam kategori karbohidrat. Biasanya gula terdapat pada makanan manis. Penyebab gigi berlubang sebenarnya bukan makanan manis. Namun, makanan manis yang tertinggal pada gigi menyebabkan bakteri pada mulut tumbuh lebih cepat. Bakteri menggerogoti sisa karbohidrat yang ada pada gigi dan menjadi asam. Asam inilah yang membuat lapisan gigi kamu rusak, sehingga menjadi lebih rentan untuk berlubang.

Jika tidak segera ditangani, masalah gigi berlubang akan menjadi lebih parah. Bakteri pada gigi bisa menyebabkan gigi berlubang semakin membesar. Tidak hanya lapisan luarnya saja, parahnya bakteri bisa menggerogoti area tengah atau dentin gigi hingga pulp. Jika sudah berlubang hingga ke pulp, kamu akan merasakan nyeri yang luar biasa pada gigi, karena pada area pulp terdapat pembuluh darah dan saraf.

Asupan gula pada tubuh sebaiknya memang dikurangi. Selain menghindari masalah pada kesehatan gigi, kelebihan asupan gula juga akan membawa penyakit tersendiri untuk tubuh kamu. Misalnya masalah obesitas atau diabetes. Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung gula karena asupan gula juga dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun, sebaiknya asupan gula dibatasi.

Cara Mengurangi Penyebab Gigi Berlubang

Di Indonesia, masalah gigi berlubang ternyata cukup tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti masalah gigi berlubang tidak bisa dicegah dan dihindari. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi penyebab gigi berlubang.

1. Konsumsi Makanan dengan Nutrisi Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik bisa membantu kamu mengurangi atau menghindari gigi berlubang. Kebutuhan asupan nutrisi untuk kesehatan gigi dapat menjaga kesehatan gigi kamu. Untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya kamu banyak mengonsumsi sayuran hijau, minyak kelapa, alpukat, atau kacang-kacangan.

2. Menjaga Kebersihan Gigi

Sebaiknya jangan malas untuk menjaga kebersihan gigi dengan menggosok gigi. Dalam satu hari, sebaiknya kamu wajib menggosok gigi kamu sebanyak 2 kali. Terkait waktunya, sebaiknya gososk gigi setelah sarapan dan sebelum tidur Dengan menggosok gigi secara teratur, maka sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan berkurang.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Mineral

Pilihlah pasta gigi yang mengandung mineral. Menggunakan pasta gigi yang bebas dari bahan kimia juga bisa menghindarkan kamu dari masalah gigi berlubang.

Baca juga: Cara Ampuh Atasi Masalah Kesehatan Mulut karena Makanan

Selain menggosok gigi, kamu juga harus rutin untuk mengontrol kesehatan gigi kamu pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan gigi kamu, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!