• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Sarapan

5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Sarapan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebelum berkegiatan, umumnya masyarakat Indonesia akan mengonsumsi sesuatu agar mempunyai tenaga di pagi hari atau disebut sarapan. Makanan yang dikonsumsi pun beragam, mulai dari roti dicampur susu, sandwich, hingga nasi uduk.

Walau begitu, kamu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi pada pagi hari. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi mungkin saja memberikan dampak langsung ke perut. Maka dari itu, kamu harus tahu makanan yang harus dihindari saat sarapan. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Makanan untuk Sarapan yang Harus Dihindari

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan yang paling penting. Pasalnya, hal tersebut berhubungan dengan pengendalian berat badan, faktor risiko kardio-metabolik, dan kinerja kognitif. Walaupun saat ini, belum ada sumber yang meyakinkan mengenai manfaat kesehatan sarapan yang tepat.

Jika kamu ingin memulai hari dengan lebih nyaman, kamu tidak boleh melewatkan sarapan di pagi hari. Sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga mencegah kamu mengonsumsi makanan berlebihan saat jam makan siang tiba. Jadi, sarapan juga termasuk salah satu cara mudah untuk menjaga berat badan.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih makanan yang tepat untuk sarapan. Kamu juga harus menyesuaikan konsumsi harian dengan kegiatan yang akan dilakukan. Dengan begitu, tidak banyak kalori yang tersisa jika sarapan terlalu banyak dan kegiatannya sedikit. Berikut adalah beberapa makanan untuk sarapan yang harus dihindari:

  1. Sereal

Salah satu makanan yang harus dihindari saat sarapan adalah sereal. Makanan ini sebagian besar mengandung gula, rendah serat, dan protein. Alhasil, setelah mengonsumsi ini untuk sarapan, perut justru akan terasa lebih cepat lapar. Akhirnya, kamu justru mencari camilan di sela waktu menuju makan siang. Maka dari itu, sebaiknya pilih sereal yang mengandung 5 gram serat dan kurang dari 10 gram gula per porsi.

Baca juga: Jangan Skip Sarapan, Ini 6 Buah untuk Diet yang Mesti Dikonsumsi

  1. Buah atau Jus Buah

Makanan untuk sarapan lainnya yang tidak direkomendasikan adalah buah atau jus buah. Memang, kandungan yang terdapat pada buah sangat penting untuk tubuh. Namun, jika dikonsumsi untuk sarapan dapat membuat kamu cepat lapar, karena kandungannya yang mirip dengan sereal. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami peningkatan pada sensitivitas lambung akibat sifat asam dari buah.

Jika kamu ingin mengetahui konsumsi yang tepat untuk sarapan, cobalah untuk bertanya pada ahlinya. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter gizi pilihan kamu melalui pilihan metode Chat, Video Call dan Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.

  1. Donat dan Kue Kering

Kedua makanan ini juga harus dihindari untuk sarapan. Pasalnya, kandungan yang terdapat di dalamnya mengandung gula yang tinggi, nutrisi yang rendah, dan terkadang menggunakan zat pengawet. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan tubuh memompa lebih banyak insulin. Selain itu, kamu juga lebih rentan untuk cepat merasa lapar karena hal tersebut. 

  1. Yoghurt

Makanan lainnya yang harus dihindari untuk sarapan adalah yoghurt. Memang makanan yang satu ini baik untuk tubuh, terutama pencernaan. Namun, hal tersebut dapat terjadi jika makanan yang dikonsumsi adalah yoghurt murni rendah lemak. Bukan yoghurt dengan banyak pilihan rasa yang kandungan gulanya tinggi. Lebih baik pilih plain yoghurt atau full fat yoghurt, karena lebih baik untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan saat sarapan.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

  1. Makanan Bebas Gluten

Pola makan bebas gluten sedang marak dilakukan untuk diet. Jika makanan ini dikonsumsi untuk sarapan, dampak negatifnya mungkin terjadi. Tubuh yang kekurangan kandungan ini kurang baik karena protein dan serat yang rendah. Banyak hal yang dapat terjadi jika tubuh mengalami kekurangan dua kandungan tersebut.

Itulah beberapa makanan untuk sarapan yang harus dihindari. Cobalah untuk mengatur kebutuhan gizi sehari-hari dengan cara yang tepat. Terutama kalau kamu sedang menjalankan diet dan perlu mengatur pola makan dengan benar. Tak ada salahnya menghubungi dokter gizi untuk meminta saran pola makan sehat yang kamu butuhkan.

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Breakfast in Human Nutrition: The International Breakfast Research Initiative
Emedihealth. Diakses pada 2020. 10 Foods to Avoid at Breakfast

Health Line. Diakses pada 2020. The 10 Worst Foods to Eat in the Morning