07 January 2019

Jangan Skip Sarapan, Ini 6 Buah untuk Diet yang Mesti Dikonsumsi

buah untuk diet

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. Lalu, bagaimana jika sudah rutin berolahraga tapi kamu belum juga memiliki bentuk tubuh yang ideal? Untuk memiliki tubuh yang ideal, memang diperlukan perjuangan yang lebih. Selain olahraga, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang sehat. Selain asupan sayur, kamu juga harus banyak mengonsumsi buah-buahan sebagai menu diet kamu. Beberapa buah untuk diet di bawah ini bisa kamu coba sebagai menu harian kamu.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui Tentang Diet Keto

  • Blueberry

Selain rasanya yang lezat, blueberry juga termasuk buah untuk diet yang efektif, lho. Dalam 100 gram buah blueberry, hanya terkandung 80 kalori di dalamnya. Namun, serat yang dikandung dalam buah ini bisa mencapai 4 gram. Nah, hal ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Blueberry juga dipercaya mampu mengurangi beberapa jenis kanker, kebutaan, dan penyakit jantung. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan senyawa antioksidan yang bernama anthocyanin yang terkandung dalam buah ini.

  • Stroberi

Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Kandungan tersbeut terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, payudara, serviks, dan lidah. Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi juga banyak mengandung vitamin C yang sangat cocok untuk program diet sehat kamu.

  • Apel

Buah untuk diet satu ini sangat pas sebagai pengganti camilan buat kamu yang sedang melakukan diet. Satu buah apel mengandung 85 persen air dan 5 gram serat. Kedua kandungan inilah yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain sebagai buah untuk diet, apel juga dipercaya efektif dalam melawan beberapa jenis kanker, mengurangi kerusakan sel, serta membantu menyehatkan paru-paru dan jantung karena kandungan senyawa quercetin yang dimiliki oleh apel.

  • Pisang

Dengan kandungan serat yang tinggi, buah yang berwarna kuning ini akan membantu kamu untuk menekan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang bebas lemak, kolesterol dan rendah natrium, tetapi tetap kaya akan vitamin dan mineral.

Baca juga: Sama-Sama Turunkan Berat Badan, Ini Beda Diet Keto dan Paleo

  • Jeruk

Buah jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat, tetapi sumber vitamin C dan folate. Biasanya, jeruk lemon atau jeruk nipis akan dipilih sebagai menu sehat. Kamu hanya perlu minum perasan jeruk setiap pagi yang dicampur dengan air hangat.

  • Kiwi

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan rasa asam yang dimiliki oleh buah ini. Namun, kiwi merupakan buah untuk diet yang sangat bagus, karena mengandung serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Buah ini dapat membantu menekan nafsu makan dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, untuk kamu yang memiliki penyakit maag harus berhati-hati, dan jangan terlalu berlebihan untuk memakan buah diet yang satu ini. Karena kandungan vitamin C yang berlebihan dapat memicu maag untuk kambuh.

Baca juga: Inilah Fakta Diet Mayo Agar Diet Lebih Berfaedah

Kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call mengenai makanan diet yang sehat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kesehatan, dan kecantikan dengan aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan, dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!