12 October 2018

5 Olahraga untuk Latih Keseimbangan Tubuh

5 Olahraga untuk Latih Keseimbangan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Setiap manusia memiliki organ sensor yang terletak di telinga bagian dalam, yang bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh. Saat akan terjatuh misalnya, sistem saraf pada bagian itu akan bekerjasama dengan otot, untuk menyeimbangkan tubuh dan mencegah tubuh terjatuh. Oleh karena itu, memiliki keseimbangan tubuh yang baik merupakan hal penting yang diperlukan setiap orang.

Meski tidak semua orang memiliki keseimbangan tubuh yang baik, ternyata hal ini bisa dilatih, lho. Beberapa olahraga berikut dapat kamu lakukan secara rutin, jika ingin melatih keseimbangan tubuh.

1. Yoga

Olahraga ini telah lama dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang mampu menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Dalam fungsinya untuk melatih keseimbangan tubuh, ada beberapa gerakan dalam yoga yang dapat melatih hal ini, seperti misalnya gerakan berdiri dengan satu kaki. Selain melatih keseimbangan tubuh, gerakan-gerakan dalam yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur dan kekuatan tubuh, serta melatih pernapasan.

2. Pilates

Memiliki gerakan yang mirip dengan yoga, membuat pilates sering disebut sebagai versi modern dari yoga. Pilates pertama kali dikembangkan sebagai salah satu jenis olahraga yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh pada sekitar abad ke-20 oleh seorang veteran asal Jerman, Joseph Pilates. Olahraga ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh, dan jika dilakukan secara rutin dapat membantu memperbaiki postur tubuh, serta meredakan stres.

3. Tai Chi

Di negara asalnya, Cina, tai chi dipercaya dapat memperlambat penuaan. Namun, dalam perkembangannya, olahraga ini menjelma sebagai salah satu olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Oregon Research Institute pun menemukan bahwa orang yang rutin melakukan tai chi selama 6 bulan akan menjadi dua kali lebih kuat dalam melakukan kegiatan berat, serta memiliki keseimbangan tubuh yang baik.

4. Core Training

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh adalah menguatkan tubuh bagian tengah atau otot abdominal. Beberapa latihan dasar (core training) yang dapat dilakukan di rumah, seperti sit up dan plank, juga dapat menjadi olahraga yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, lho. Melakukan plank dapat membantu memperkuat hampir semua otot pada bagian tengah, atas, dan punggung bawah.

5. Taekwondo

Bagi kamu yang lebih menyukai olahraga yang berat, taekwondo bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Terutama jika ingin melatih keseimbangan tubuh. Olahraga bela diri yang berasal dari Korea ini memiliki arti ‘seni menendang dan meninju’. Dibanding olahraga bela diri lain, taekwondo memiliki gerakan yang banyak melibatkan tendangan, yang mengharuskan tubuh tetap kuat dan seimbang saat berdiri dengan menopang pada satu kaki. Itulah mengapa olahraga ini cukup baik untuk melatih keseimbangan tubuh dan fleksibilitas gerak.

Itulah 5 jenis olahraga yang dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Jika kamu tertarik untuk menekuninya, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang bagi tubuh, ya.

Kalau kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter spesialis apapun yang kamu inginkan pun dapat dilakukan dengan mudah, lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store dan Google Play Store.

Baca juga: